Senin, 06 Agustus 2012

Korma

"Buah apa yang paling populer selama Romadlon?" begitu tanya seseorang pada suatu pagi, yang kemudian dijawab sendiri dengan menyebut "Korma". Saya sendiri tidak tahu pasti soal kepopuleran Korma selama Romadlon, yang jelas sejak menjelang Romadlon buah Korma banyak tergelar di lapak-lapak pinggir jalan yang biasanya tak ada. Dan meski tidak setiap hari ketemu Korma, setiap buka puasa di masjid hampir pasti Korma ada di sana.


Sayangnya Korma yang ada di pasar Indonesia melulu Korma yang sudah dikeringkan. Maksud saya, seperti yang kita tahu bentuk Korma yang dijual dan kita temui bentuknya begitu itu yang merupakan buah Korma yang sudah dikeringkan. Padahal buah Korma yang masih segar tak kalah enaknya. Entah mengapa tak ada yang menjualnya, atau saya saja yang belum menemuinya.

Saya pernah diberi Korma segar yang masih ada tangkainya oleh orang keturunan Arab yang baru pulang dari tanah leluhurnya pada suatu hari, waktu itu saya kaget mendapati bentuk Korma yang tidak seperti biasanya. Korma segar itu mirip seperti buah melinjo yang merah dengan agak sedikit besar, sedang rasa daging buahnya saat dimakan mirip dengan daging apel yang renyah, kandungan airnya luar biasa. Ingin rasanya makan Korma segar lagi, sayang sudah nyari kesana-kemari  tak ketemu juga.

Di Tanah Abang Korma bisa ditemui beraneka jenisnya. Tepatnya di Jalan Mas Mansur Korma digelar di lapak pinggir jalan atau di kios dengan harga yang fariatif, beli kiloan atau kwintalan tentu saja bisa, kalau satuan bilang saja "icip-icip". Cuma sayang, korma segar tak ada.

Sebenarnya saya ingin menyebut macam-macam Korma, sayang pengetahuan saya tak memadai jadi saya beritahukan saja salah satu khasiat dari buah Korma ini, lebih tepatnya biji Korma. Setelah tadi pagi melihat berita tentang Kopi Biji Korma di Indosiar yang konon banyak khasiatnya, di sini ada khasiat biji Korma yang merupakan pengalaman pribadi. Yaitu istri saya pernah mengalami penyakit gatal di kaki yang sulit sembuh bahkan sampai menjadi "koreng". Diberitahu seseorang istri saya membakar satu biji Korma dan menumbuknya yang kemudian bubuknya ditaburkan ke koreng itu, hasilnya langsung mujarab.

23 komentar:

alkatro mengatakan...

kurma, alhamdulillah belum ada yg ngirimin mas hihihi

kalo untuk koreng taunya pake biji jarak yg dibakar,waktu kecil pernah praktek :D

Urkhan mengatakan...

kurma maas :D

Nedi Arwandi mengatakan...

kurma makanan favorit "inyong" di waktu berbuka nih kang....hhmmm ternyata punya khasiat lebih, jazakalloh bil khoir....

zan P O P mengatakan...

baru tahu, kalo biji korma bisa buat kopi, emang banyak nih manfaat buah padang pasir yang satu ini...

RIAN Ra-kun mengatakan...

buah apa yang jago nyanyi dangdut?
buah korma irama... terlalu :D

Miftahgeek mengatakan...

Menyediakan dengan kondisi segar mungkin lebih beresiko kadaluarsa lebih cepat kang, kalo kering kan jadi lumayan awet, apalagi kurma yang diimpor langsung dari negeri jauh sana :)

Obat Sakit mengatakan...

mujarab sekali ini biji kurma
Bisa dicoba kalau terkena koreng seperti itu.
Saya sering melihat buah kurma yang sudah kering namun dijual juga
Yang segar dan banyak airnya belum pernah merasakan

duniaely mengatakan...

aku nggak begitu suka korma, terlalu manis untukku :(

CORETAN HIDUP mengatakan...

Wah, kalau yang dijelaskan pada tulisa diatas, aku juga baru tahu lho. Kayanya enak ya. Pengen juga suatu saat bisa menikmati kurma segar yang tdk dikeringkan tsb

Popi mengatakan...

makan korma pas buka puasa sunah nabi kan?
tentang khasiat biji korma itu beneran nih? ane mau terapin ah...(ini eksim di tangan ga ilang2!)

Adini mengatakan...

Beberapa hari yang lalu liat liputan investigasi di Indonesia hanya ada satu pohon kurma yang hidup dan skg emang lagi berbuah yaitu di rumah Ustad Haryono daerah mana saya lupa pula Om. Bisa berkunjung kesana tuch Om biar dapet yang seger heheheh..

Pa kabar Om, moga sehat dan puasanya lancar ya...oh ya hati2 beli kurma ya Om, skg korma juga ada yang mengandung borak..hmmm makin lama makin susah aja pilih makanan sehat.

Adini mengatakan...

test lagi..kenapa gagal terus

Ratnawati Utami mengatakan...

pernah dapat oleh-oleh umroh kurma yang fresh. lupa rasanya...

tapi ada yang jual kok kurma yang masih basah di toko khusus jual korma. pernah baca.

BTW, aku selalu pilih beli kurma yang ada kardusnya dan tertulis tanpa pengawet. Banyak kurma pake pengawet dan sirup ternyata

yusrandante mengatakan...

wah... jujur inilah buah yang paling jarang saya makan...

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Kalau buah yang masih dari tangkainya saya malah belum pernah melihatnya. Pengen juga seh merasakan bagaimana kurma itu sebelum diolah seperti yang biasa kita temui.

Rawins mengatakan...

malah baru tau kalo rasanya kaya apel
kirain kaya yang biasa ada di warung itu

Dihas Enrico mengatakan...

ni buah paling mantabh....
saya suka sama ni buah...
spesial....
:)

BlogS of Hariyanto mengatakan...

ternyata bisa juga mengobati koreng ya :)

niee mengatakan...

aku jarang banget makan kurma deh.. walaupun selalu ada di rumah seh sebenarnya.. kurang tertarik aja makannya.. hehehe

Ferdinand mengatakan...

Seumur hidup baru sekali aku makan korma yang bener2 seger dalam arti bukan dikeringkan... itu juga dikasih sama tetangga nggak tau dapet dari mana... kayanya emank nggak ada yang jual korma seger deh disini... wong tak cari di supermarket aja nggak ada kok...

Obat Herbal Hepatitis A mengatakan...

koema memang tidak akan havis eksis nya disaat bulan ramadhan,,,
kemarin di

Nie adithya mengatakan...

Ada yg tau alamat rumah ustadz haryono yg punya pohon kurma? Pls infonya.. Coz katanya pohon kurma itu ampuh untuk orang yg ingin punya keturunan..

Millati Indah mengatakan...

baru tahu kalo biji korma bisa buat obat. tau gitu biji-biji korma yang saya makan nggak saya buang.