Selasa, 02 Oktober 2012

Cinta Batik, Isi Pulsa

Seorang teman menulis status begini di facebook"Batik = cara membuat motif kain dgn lilin/malam. Tp sdh salah kaprah, batik = motif. Maka yg terjadi, banyak yg bangga menggunakan kain pabrikan yg seolah batik (motif). Ironis lg byk kain pabrikan impor dr China dgn motiif seperti batik. Siapa bangga, siapa untung?" Saya terus terang kaget, ternyata batik itu bukan motif, untunglah saya tak pakai baju batik hari ini, soalnya baju batik yang saya punya semuanya pabrikan.

Saya dengan pengetahuan yang terbatas tak berani berdebat soal batik ini, yang jelas hari ini saya lihat banyak orang memakai baju yang tentu menurut mereka para pemakainya adalah batik. Saya sendiri tidak memakai batik karena kemeja yang saya pakai kemarin masih saya anggap bersih (jadwalnya satu kemeja dipakai sekali seminggu). Lagi pula saya pernah mendengar, konon batik itu tidak dipakai untuk baju, kain batik yang ternyata tidak sekedar gambar tapi mengandung cerita di dalamnya biasanya dipakai selembaran, untuk nggendong bayi misalnya (hehe).

Dan terkait Hari Batik Nasional yang jatuh hari ini, tadi saya dapat sms dari operator kalau setiap isi pulsa akan disalurkan sebesar Rp. 50,- untuk Yayasan Batik Indonesia. Saya sempat berpikir: apa hubungannya pulsa ponsel dengan batik? Tapi tak saya perpanjang pertanyaannya, karena apapun bisa dihubung-hubungkan di atas bumi ini, apalagi dalam bisnis. Cuma apakah di toko kain batik ada juga pernyataan tertulis: "setiap pembelian kain batik, Rp 50,- akan disumbangkan ke Yayasan Batik Indonesia" misalnya. Lebih seru lagi kalau di angkutan umum juga ada stiker pemberitahuan penyisihan Rp. 50,- itu untuk satu hari.

Sudahlah, yang jelas saya tak pakai kain batik hari ini dan tidak pula beli pulsa karena baru isi ulang hari minggu kemarin. Jadi selamat Hari Batik saja buat para pembatik, semoga tidak pernah merasa bosan dalam membatik.
:

9 komentar:

arti mawar putih mengatakan...

batik.. amba nitik
apa balik ke titik kang?

apapun singkatannya, yg penting sarungnya ttp sarung batik
*dianggep katro.. yoo been

Muhammad A Vip mengatakan...

arti:aku sarunge kotak-kotak

Popi mengatakan...

ih, dasar pelit!

Obat Sakit mengatakan...

selamat hari Batik Nasional untuk semuanya

Miftahgeek mengatakan...

Kirain saya batik itu produknya, kegiatannya membatik, kan diajarin sejak SD ada kata membatik --a

f4dLy :) mengatakan...

Waduh...kenapa bisa banyak batik yang diimpor padahal disini sumbernya?

nuel mengatakan...

trus gue harus koprol sambil bilang wow gitu? :P

Muhammad A Vip mengatakan...

Popi:biarin
obat sakit: buat orang indonesia saja
miftah:saya kira juga begitu, jebul salah.
fadly:lha, garam saja impor, padahal laut kita luasnya kemanamana
nuel:unyu...

Rawins mengatakan...

loh batik itu kan emang teknik pembuatannya. bisa batik tulis bisa cap. jebul banyak yang mengira itu motifnya ya..?