Selasa, 14 Mei 2013

Tiket Naik, PT KAI Tak Informatif

Entah pastinya sejak kapan tiket Kereta Ekonomi Tegal Arum jurusan Jakarta - Tegal berubah alias naik, yang pasti sekarang harga tiketnya sudah menjadi Rp 40 000,- dari semula Rp 15 000,-. Perubahan yang drastis, sehingga sangat mengagetkan bagi para pelanggan Kereta Api murah meriah ini.


Kemarin minggu saat ikut ngantri tiket yang panjangnya hampir menyamai panjang keretanya dalam waktu berjam-jam ada kejadian menarik yang saya kira layak diceritakan di sini. Yaitu dua orang anak muda yang sepertinya biasa naik kereta Tegal Arum setelah ngantri hampir dua jam, di depan loket cuma sempat ngakak sejenak setelah mendapat penjelasan dari petugas loket dan langsung kabur. Dia pasti mengira harganya masih harga lama.

Memang tak ada pemberitahuan apapun setahu saya di sekitar Stasiun Kota sebagai tempat pemberangkatan kereta. Bahkan di loket tak ada keterangan apa-apa. Jadi bisa dibilang keterlaluan pihak pengelolanya, saya kira layak dilaporkan ke YLKI apalagi dalam hal perbaikan layanan PT KAI pun tidak konsisten.

PT KAI sejak beberapa waktu lalu telah bicara banyak tentang perbaikan layanan: dari mulai toilet gratis di stasiun sampai tak ada lagi pedagang di sepanjang perjalanan. Nyatanya meski ada tulisan toilet gratis tetap saja ada yang nongkrongin di depan pintu dan meminta uang, yang ini bisa dilihat di Stasiun Senen. Soal hilir mudik pedagang juga tetap saja ramai, bahkan ada pedagang yang berjualan dengan memeras, kejadian ini saya alami ketika pulang di akhir tahun lalu.

Dan tentu saja yang paling penting untuk dibahas adalah habisnya tiket masa lebaran padahal penjualan tiket lebaran baru diumumkan beberapa hari lalu. Tentu saja pihak PT KAI boleh bersilat lidah soal segala macam masalah di atas, sebagaimana umumnya para pejabat di negri ini, cuma saya ingatkan saja: "hati-hati sampeyan kalau nanti lewat depan rumah saya."

10 komentar:

ronal mengatakan...

kok naiknya diatas 100 persen ya mas?
atau karena mau lebaran

Boku no Blog mengatakan...

Persiapan beli tiket KA tuk mudik Lebaran Tahun ini sobat:) Dah naik ya??.

zachflazz mengatakan...

wahh bener2 larang ya Kang.
biyen enyong numpak tegal arum regane 5500. terus mundak dadi 9500, terus mundak maning dadi 11000. terus ora ngikuti maning.

Wong Cilik mengatakan...

naiknya dratis banget ya ...

Obat Sakit mengatakan...

loh kok banyak sekali naiknya.
Sudah lama tak naik kereta, kaget daku

Info Seputar Bola mengatakan...

naik nya gede banget trus gak informatif lgi , paraaahh

Muhammad A Vip mengatakan...

ronal:sebenarnya glagatnya sudah kecium lama, cuma naik dengan lompatan jauh itu gak kepikir sama sekali, sung
Boku:ini naik bukan lantaran mau lebaran, karena untuk kelas ini kereta saat lebaran tidak mengalami kebnaikan
zach:saya naik tegal arus sejak 4500, itu saat lebaran dulu yang tiketnya didiskon. sekarang tak ada aturan itu lagi
wong cilik:iya, kelihatan sekali ada pengabaian pada masyarakat kelas bawah
obat sakit:bbm naik, tarip kereta naik, sebentar lagi tarif bus, pasrah!
info:apa yang tak payah di negri ini?

Ario Antoko mengatakan...

sekarang ekonomi dipasangi ac, sampai dingin dan melupakan kebersihan "toilet"

M.Farkhun Maulidi mengatakan...

All, maz brow n mba sis
mau tanya nih tlong djawab eaa,
ni prtama x yanu rencana naek sepur tegal arum, rencana'a sih bulan juni

apa naik kreta tegal arum jruzan tegal-jakartakota
skarang transit di stasiun BEKASI apa udah gak??

Mohon djawab

Muhammad A Vip mengatakan...

Mas Fakhrun:Tegalarum sekarang dari stasiun kota langsung bablas tak berheti sampai Haurgeulis, cikampek saja tak berhenti. utuk jurusan jakarta sama juga, mulai berheti di jatinegara