Senin, 13 Juli 2015

Google Rayakan HUT Monas

Terus terang saya baru tahu kalau tanggal 12 Juli adalah Hari Ulang Tahun (HUT) Monumen Nasional alias Monas. Baca judul berita online sekilas saya masih cuek, baru setelah lihat doodle Monas saya tergerak cari informasi yang ternyata Monas resmi dibuka pada tanggal 12 Juli tahun 1975, yang artinya sekarang ultah ke 40. Ternyata baru diresmikan pada masa Orde Baru, padahal di film G 30 S/ PKI di sana sudah ada Monas.

Rupanya Monas cukup lama dibangun. Mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 baru resmi dibuka pada 1975. Kenapa pula HUT-nya tidak pada tanggal mulai dibangunnya? Ibarat orang saat mulai dibangun sama saja dengan malam bapak-ibu bersendagurau mungkin, jadi jelas tidak tepat kalau hitungannya mulai dari itu.

Sering bolak-balik ke Monas dan lama tinggal di Jakarta saya benar-benar tidak peduli dengan HUT Monas selama ini. Saya pun tak pernah ingat, apakah setiap tahun saat ulang tahun ada acara khusus yang diselenggarakan di sana. Beda dengan HUT Jakarta yang meriah, rasanya saya tak pernah melihat ada peringatan ulang tahun untuk tugu setingi 137 meter itu.

Jika benar ulang HUT Monas tak pernah dimeriahkan, apa yang dilakukan Google dengan doodle-nya itu benar-benar menohok. Kita selama ini sering tak peduli dengan hal-hal penting yang kita miliki, lalu tersentak ketika dunia luar lebih menunjukkan kepedulian. Terimakasih Google, saya jadi sadar bahwa semestinyalah kita tidak abai pada milik sendiri walau milik kita itu terkesan remeh.

Lewat Pos ini, saya ucapkan "Selamat Ulang Tahun Monas" semoga panjang umur dan bahagia. Hehe

2 komentar:

Djangkaru Bumi mengatakan...

Hari lahir diriku sendiri saja lupa, apalagi hari lahirnya monas. :)

Muhammad Affip mengatakan...

iya, aku juga gak tahu pasti kapan aku lahir :-D