Sabtu, 15 Juli 2017

Berwisata di Hutan Mangrove Pandansari

Anda pernah berwisata pantai di Brebes, Jawa Tengah? Jika belum tidak apa-apa. Pantai-pantai di Brebes sejauh ini bisa dibilang belum layak jadi obyek pariwisata, pantas masih kalah pamor jika dibandingkan dengan Tegal, Jauhnya pantai dari jalan besar membuat pantai di daerah Brebes sulit dikembangkan. Dari Pantura saja jarak yang harus ditempuh lebih dari 7 Km. ditambah jalan yang dilalui sempit dan tidak nyaman karena rusak parah. Tak ada angkutan umum pula. Berbeda dengan Tegal, Pantai Alam Indah (PAI) dan Purwahamba Indah tepat di jalur Pantura, tak perlu mobil pribadi berwisata pantai jelas lebih murah.


Obyek wisata di pantai Brebes yang saya tahu selama ini karena beberapa kali ke sana adalah Randu Sanga Indah, sepuluh tahun lalu saat pertama kali saya kunjungi hingga kini perkembangannya tidak bisa diacungi jempol. Tarif masuknya saja yang mahal, pemeliharaan diabaikan. Banyak teman-teman yang melecehkan pantai ini, bukan saja kotor oleh sampah, di sana banyak gubuk-gubuk yang justru jadi tempat mesum para ABG gatel.

Tapi akhirnya ada yang lumayan saya kira, yaitu Wisata Hutan Mangrove Pandansari di desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Keluar masuk hutan bakau, naik perahu mengarungi laut, saya yakin lebih asyik daripada mandi di pantai yang kotor tanpa gadis-gadis bule berbikini. Walaupun harus diawali dengan melewati jalanan rusak bergelombang penuh batu kerikil (untung bukan musim hujan).



Pernah beberapa kali melihat hutan bakau saat lewat di jalan tol arah bandara Soekarno-Hatta dan menyaksikannya di televisi,  membuat saya ingin merasakan sensasi berada di tengah-tengah rimbunnya pohon bakau itu. Maklum dong, saya walaupun mengalami masa kecil di desa yang banyak pekarangan dan biasa mandi dan mancing di kali tapi tak pernah merasakan keluar masuk hutan dan melihat dari dekat rawa-rawa. Pernah beberapa waktu lalu masuk di rerimbunan pohon bakau di PAI  Tegal, tak ada greget apapun waktu itu karena luas areanya yang tak seberapa . Baru kemarinlah saya merasakannya, setelah diajak saudara ke sebuah daerah wisata yang walau belum begitu terkenal tapi lumayan ramai pengunjung.

Berikut beberapa foto yang semoga saja layak simak.











Tidak ada komentar: