Kamis, 10 Oktober 2013

Proyek Sumur Resapan

Sebagai orang yang setiap hari keluyuran di jalanan Jakarta, saya merasa wajib mengabarkan kepada segenap manusia di luar Jakarta bahwa Pemprov DKI Jakarta sedang sibuk menggarap proyek  penanganan banjir. Setelah sukses menyingkirkan warga yang mendiami area waduk Pluit dan Ria-rio kini yang gampang ditemui karena berlangsung di jalan-jalan adalah proyek pembuatan sumur resapan. Pembuatan lubang penampung air hujan yang kedalamannya bisa sampai 200 meter itu menurut koran dibuat di 2000 titik di lima wilayah Jalarta.


Tujuan pembuatan sumur resapan ini adalah agar air hujan tidak seluruhnya mengalir ke sungai. Sungai Jakarta yang isinya sampah dan dangkal selama ini selalu kewalahan menampung air hujan. Apalagi kalau air hujan dari Bogor dikirim pula ke Jakarta, maka kita semua tahu bagaimana akibatnya. Jadi sudah semestinya sumur resapan dibuat, bahkan menurut koran lagi bukan cuma 2000 namun secara bertahap akan bertambah.

Bumi Jakarta yang di sana-sini ditutup beton memang sudah lama tak bisa diresapi air hujan.   Air yang jatuh dari langit biasanya langsung ke saluran pembuangan dan dialirkan sungai ke laut. Wajar kalau kwalitas air tanahnya buruk, dan sering terjadi  pohon-pohon bertumbangan karena kebutuhan airnya tidak terpenuhi . Pembuatan sumur resapan ini harapannya bisa memperbaiki keadaan disamping untuk mengurangi genangan yang sering muncul saat hujan turun.

Sejauh ini karena pembuatan sumur resapan ini ditutupi pagar dari seng, saya tak bisa melihat bagaimana bentuk sumur resapan itu. Mencoba melihat-lihat di arsip google ternyata bentuk sumur resapan bermacam-macam, jadi saya tidak bisa bercerita banyak. Sekedar yang saya tahu saja pembuatannya ternyata lebih banyak dilakukan di badan jalan.

Semoga pembuatan sumur resapan ini sesuai harapan, tidak sekedar menghabiskan uang anggaran. Sebab kalau sukses dan diadakan proyek nasional pembuatan sumur resapan pasti akan banyak orang bekerja di pekerjaan ini. Artinya bisa mengurangi pengangguran.

8 komentar:

Intan Sudibjo mengatakan...

saya sangat mendukung proyek ini, semoga dengan cara dibuatnya sumur resapan ini bisa menanggulangi bencana banjir di Jakarta :)

Muhammad Affip mengatakan...

pokoknya yang dijalankan Jokowi layak dukung lah hehe

wi3nd mengatakan...

oooh itu sumur resapan..

dideket kantor juga ada sedang dibangun itu kirainmah perbaikan jalan...

sekarang yg aku liat sungai2 juga sdg di progres tuh...

alhamdulilah banyak prubahan lebih baik di era pak jokowi ini :)

Muhammad Affip mengatakan...

Semoga kerja keras ini hasilnya segera bisa terasa

7 taman langit mengatakan...

semoga dengan adanya sumur resapan ini keadaan Jakarta bisa lebih baik lagi. Amin

Muhammad Affip mengatakan...

Proyek berikutnya adalah tiap rumah wajib punya pekarangan haha

capung2 mengatakan...

Sumur resapan mmg sangat bagus untuk mengurangi dampak banjir di Jakarta..

smoga proyek utk kemaslahatan ini menjadi lbh berarti lagi buat warga Jakarta khususnya.

attayaya mengatakan...

aku buat juga
sumur resapan sangat dibtuhkan