Senin, 30 Juni 2014

Musim Kurma Lagi


Jalan-jalan ke Superkampret, ternyata di sana banyak kurma. Ada kurma kemasan, ada juga kurma kiloan. Macam-macam jenis kurma, dipajang dan ini pasti yang disebut musim kurma. Musim orang belanja kurma. Musim orang makan kurma. Kurma ada di mana-mana.


Sebenarnya kurma di tanah Arab kapanpun ada, tidak hanya pada masa bulan puasa. Dan di Indonesia pun kalau jalan-jalan ke Tanah Abang kurma selalu tersedia. Tapi di mal atau di superkampret cuma ada pada masa-masa puasa seperti sekarang ini. Tentu karena mereka menganggap pada bulan suci ini banyak yang butuh buah yang luar biasa itu.

Tak hanya di kota, di desa pun kurma ada pada bulan puasa begini. Karena dianggap sunnah memakannya saat berbuka, banyak orang memakannya pada saat beduk maghrib tiba. Kalau buka puasa di masjid, biasanya kurma yang dihidangkan pertama, baru seusai sholat Maghrib makan nasi seperti biasa.

Konon tiga butir kurma sama saja dengan sepiring nasi, tapi itu pendapat ahli, bagi orang awam apa pedulinya, selama belum kenyang walau sudah habis kurma tigapuluh butir tetap saja ada nasi sebakul diludang juga. Sayang di sini jarang buah kurma yang masih segar, andai ada pasti kurma bisa jadi makanan penutup pengganti pisang, apalagi kandungan airnya tinggi sekali. Saya pernah memakannya yang masih segar, renyah sekali dagingnya, seperti apel.

Coba saja di bumi Indonesia kurma bisa dibudidayakan, dari pada nanam pohon palem yang gak ada buahnya kurma pasti lebih menyenangkan. Di pinggir-pinggir jalan pohon kurma berderet di tanam oleh pemerintah, kemudian warga bebas menikmatinya, pasti menyehatkan, sebagaimana idenya Ahok agar di Jakarta pohon-pohon yang ditanam adalah pohon-pohon yang buahnya bisa dinikmati oleh warga. 

Kurma kurma. Siapa mau minta?

8 komentar:

Nandar mengatakan...

Wah iya nih harusnya di Indonesia juga ada perkebunan kurma.. Enak juga ya kalau punya phon kurma di halaman

alkatro mengatakan...

pernah nyobananem tapi kak berbuah kang
selamat hunting takjilan, jo lali jatahku :D

Zulham Efendi mengatakan...

ini dia yang bikin suasana ramadhan jadi khas,buah kurma untuk di daerah jawa bisa dengan mudah dapatnya,tapi kalau di daerah saya musimnya hanya ramadhan,hehehe

Obat Sakit mengatakan...

kurma banyak dijual di Ampel juga
Tanpa kenal waktu, selalu saja ada yang menjual

Seputar Dunia Ponsel dan HP mengatakan...

mau dunk kalo dikasih bang...

Joe Ismail mengatakan...

kalau ditanam di indonesia mungkin kuranhg cocok karena iklimnya yang berbeda dengan di negara asa

Muhammad Affip mengatakan...

kemarin lumayan dapat kurma enak. karena tak semua kurma berasa enak, ada yang cuma manis kayak makan gula, tapi yang masih bisa dikenali tekstur buahnya itu benar-benar sensasional

Yaumil Akbar Firdaus mengatakan...

Pengen dong satu bungkus hehe