Selasa, 07 September 2010

Lebaran 2010 dan Keteganganku

Lebaran. Istilah ini konon berasal dari kata lebar, yang berhubungan dengan kata luas. Mungkin maknanya : menjadi tambah lebar/luas. Hal ini mengesankan bahwa lebaran adalah suatu keadaan di mana situasi yang ada begitu luas maknanya dan pemaknaannya. Karena luasnya makna dan pemaknaan atasnya, maka setiap orang berhak memaknainya dengan pemaknaan apapun. Hari kemenangan, saat kembali suci, bersenang-senang atau sedih tak punya sanak saudara ketika hari itu tiba.


Tentu saja yang lebar/luas tak cuma makna kata lebarannya saja, tapi yang termaknai oleh kata lebaran itu juga tentunya. Seperti hari kemenangan yang tentu saja sangat luas maknanya: merasa menang karena mampu menahan lapar sebulan penuh, menang karena target mengumpulkan duitnya terpenuhi atau menang karena sampai di kampung sesuai dengan harapan.

Tapi yang lebih menarik dari semua itu tentu saja mengaitkan kata lebaran dengan kata maaf. Karena biasanya saat lebaran orang saling bermaaf-maafan. Dan untuk memaafkan -yang konon sesuatu yang sulit- seseorang butuh dada yang lapang atau hati yang lebar/luas. Jadi lebaran ini adalah saatnya orang saling lebar-lebaran hati untuk saling memafkan kesalahan sesamanya.

Dan kini datang lagi saat itu. Beberapa langkah lagi kedepan kita akan sampai di sana. Tentu sekarang siapapun yang sedang menuju ke sana sedang bersiap-siap memaknainya atau sedang berpikir  untuk memaknainya atau tak perlu berpikir untuk memaknainya. Seperti saya yang selalu merasa bisa berpikir ini sedang tegang menatap ke depan mengawasi keluasannya. 

Ah, kenapa harus ada ketegangan segala, adakah masalah? Menghadapi keluasan merasa tegang apakah sebuah masalah, atau kewajaran dan semua orang mengalaminya? Saya jadi ingat, biasanya kalau berjalan di tengah lapangan luas yang dikelilingi banyak orang selalu ada rasa tegang, berdiri sendirian di atas panggung yang lebar ditonton atau tidak ditonton selalu terbersit ketegangan. Entahlah, yang jelas keadaannya menegangkan saat ini.

Maka berkaitan dengan makna lebaran tadi, ketegangan saya juga sangat mungkin punya makna yang lebar/luas. Tegang karena harus meninggalkan bulan Romadlon yang luar biasa ini, tegang memikirkan jangan-jangan puasa yang telah dilakukan sebulan ini tak ada dampaknya nanti, tegang karena takut kesenangan yang aku alami ini membuat mereka yang merasa hidupnya susah menjadi tambah susah atau tegang karena takut terkena hipnotis ketika mudik nanti. Entahlah, selamat lebaran saja buat semua.

23 komentar:

Goyang Karawang mengatakan...

bener bos,, jadi tegang nih dapat raport apa ya saya juga di lebaran nanti untuk sepanjang ramadhan ini.. semoga raportnya bagus2.. amin :)

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

Selamat lebarannn
asik bentar lagi yah ^^

loh koq tegang? pake kacamata aja biar kena hipnotis hehehe

warcoff mengatakan...

met lebaran aja mas :)

julicavero mengatakan...

ntr lg lebaran
selamat lebaran aja ya sob...

Clara mengatakan...

ga mau tegang-tegangan ah

dian mengatakan...

Selamat melebarkan pintu maaf...
Termasuk buat saya ya :)

CORETAN HIDUPKU mengatakan...

Saya juga merasa tegang pak apakah puasa yang dilakukan puasa selama 1 bulan ini akan berdampak baik setelahnya. Jangan2 selama ini saya hanya menahan lapar dan haus saja. Tapi, sebagai manusia yang selalu berpengharapan, kita berdoa agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Selamat Lebaran :)

tomo mengatakan...

sebentar lagi lebaran kawand

uswah mengatakan...

selamat berhari lebaran

Jiox mengatakan...

tiada debu tanpa angin, minal 'aidzin wal faizin. met lebaran mas, mohon maaf lahir batin. saatnya mudiik.. ~kabuur~

takuya mengatakan...

minal aidin wal faidzin.. <= kecepetan g sih? hehe

smoga dada kita semua jadi tambah lebar yaaa .. hehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met lebaran ya

febriyanto mengatakan...

kirain selama ini lebaran itu sesuatu yang udah lebar.... yang dah lewat gitu.. :D

infoponsel mengatakan...

Masih ada kesempatan beberapa hari lagi sebelum lebaran.. Mudah-mudahan ramadan kali ini memberi kebaikan pada kita.

harto mengatakan...

Hartohadi dot com mengucapkan :
Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

harto mengatakan...

Hartohadi dot com mengucapkan :
Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

attayaya jadi anak smp mengatakan...

tambah lebar, tambah luas hatinya utnuk menerima dan meminta maaf

mohon maaf lahir bathin

attayaya jadi anak smp mengatakan...

attayaya dan anak smp
datang untuk memohon maaf lahir bathin
atas segala salah baik sengaja maupun tidak sengaja

Taqobalallahu minna wa minkum,
Shiyamana washiyamakum
Taqobalallahu Yaa Kariim

kebookyut mengatakan...

selamat lebaran ya... mohon maaf lahir dan batin... ^^

ivan kavalera mengatakan...

Mina dan Udin bersin-bersin,
Minal aidin wal faidzin.

"om rame" mengatakan...

berkunjung untuk mengucapkan, seLamat hari raya iduL fitri 1431 H.

biLa sekiranya seLama ini saya daLam perkataan maupun priLaku ada yang kurang berkenan di hati, mohon maaf Lahir dan batin. begitupun sebaLiknya. trims.

rosie mengatakan...

met lebaran. mohon maaf lahir batin, semoga kita kembali kepada fitrah...

Apartment for rent in Cannes mengatakan...

Saya juga merasa tegang pak apakah puasa yang dilakukan puasa selama 1 bulan ini akan berdampak baik setelahnya.