Rabu, 29 September 2010

Manfaat Nonton Sepak Bola

Semalam pertandingan sepak bola Liga Champions berlangsung lagi, tim-tim Liga Inggris yang jadi jagoan menang semua, lega perasaan. Saya yakin banyak  yang bangun pagi tadi dengan perasaan lega juga. Meski tak menutup kemungkinan ada pula yang males bangun karena gundah-gulana. Bukan karena tim kesayangannya kalah, tapi kalah tarohan.


Sebenarnya apa sih manfaat nonton pertandingan sepak bola itu. Apalagi cuma nonton lewat layar televisi. Bela-belain begadang hanya untuk duduk dilayar televisi menyaksikan orang rebutan bola, sesuatu yang bahkan ada yang menganggapnya sebagai sesuatu yang sia-sia alias buang-buang waktu.

Saya sendiri kalau disuruh menjelaskan kenapa saya suka nonton pertandingan sepak bola rasanya tak sanggup memenuhi. Ini sesuatu yang naluriah, mungkin. Yang jelas sejak kecil saya sudah suka main bola dan menontonnya di lapangan atau di layar televisi. Baik nonton ramai-ramai atau nonton sendiri tak beda sukanya.

Karena menyenangkankah? Tentu saja menyenangkan kalau menonton ramai-ramai di lapangan atau di depan layar televisi. Tapi bagaimana dengan yang menonton sendirian? Kalau menonton sendirian dan tim yang didukung menang tentu senang, tapi kalau kalah, benar-benar gundah tiada yang menadah (maksudnya nggak ada yang menghibur).

Lalu mungkinkah seseorang menonton sepak bola untuk kesenangan semata? Maksudnya untuk sekedar mendapat kesenangan tanpa mendukung salah satu tim sehingga tidak mungkin untuk gundah? Saya tidak tahu, yang jelas saya nonton sepak bola selalu dengan persiapan senang atau kecewa.

Terus untuk yang bilang nonton sepak bola sia-sia mungkin hitung-hitungannya pakai duit. Nonton bola nggak bikin kaya, mungkin begitu logikanya. Benar, bahkan mereka yang taruhan dan menang pun dipastikan tak akan kaya karena taruhannya itu. Tapi kalau itungannya tak sekedar pakai logika uang, kaya pengalaman sangat mungkin. Saya merasa mendapat banyak pesan kebaikan setiap kali menyaksikan pertandingan sepak bola, terutama sepak bola dunia. Sportifitas, kekompakan dan masih banyak lagi yang mungkin mendewasakan mental.

Yang pasti, sepak bola tak beda dengan hal-hal lain yang padanya memiliki sisi positif dan negatif. Ada manfaat dan mudorotnya. Semua kembali kepada niat, lalu apakah hal-hal itu membuat kemanusiaan kita lebih baik atau sebaliknya.

13 komentar:

harto mengatakan...

waaah saya ga nonton niiih, memang sepakbola olah raga yang paling banyak penggemarnya dan paling disukai oleh semua orang. saya senang sama strategi2nya/taktiknya dalam bermain.
trims atas infonya sukses selalu n tetap semangat

joe mengatakan...

sejak kecil sampai sekarang saya juga penggila bola, tapi sayangnya saya tidak pernah menyaksikan prestasi sepakbola indonesia ...

joe mengatakan...

kok gak bisa koment ya?

Sandra mengatakan...

liat pemaennya yang keren-keren :)

tomo mengatakan...

ya semua tergantung dari individunya kawand.
apakah niatnya baik ataukah tidak.
yang jelas irama sepak bola ini yang enak ditnton.

Mulai dari strategi sampai kepada hal lainnya

tomo mengatakan...

kalau menurutku nonton bola tidak ada yang dijagokan ya membosankan kawand

uswah islam mengatakan...

menonton tim kesayangan adalah memiliki kesenangan tersendiri

hikmah teladan mengatakan...

aku sudah sejak kecil selalu nonton bola sob.
sudah jadi kebiasaan

tips memilih template mengatakan...

sportifitas dan kekompakan team work manfaat hobi nonton bola, sayangnya ane ga kuat begadang mas, jadi sering kelewatan tidur he he

catatan kecilku mengatakan...

Aku termasuk yg gak suka nonton sepak bola... hehehe

rawins mengatakan...

hihihi aku ga suka nonton bola...

bliyanbayem mengatakan...

kalo saya sih yang penting menikmati saja... punya TV buat nonton aja udah syukur mas. hehehehehh....

Takuya mengatakan...

yg g aku suka dari sepakbola itu, pas lagi musim piala dunia. okelah disiarkannya malem pas aku udah tidur, tapi siaran ulangnya di siang hari itu looohhhh.. =.= bikin kartun-kartun jadi g addaaa