Jumat, 10 Juni 2011

Hari Kelautan Sedunia?

Terus terang saya baru tahu ada yang namanya hari kelautan, Hari Kelautan Sedunia. Tahunya ada peringatan Hari Kelautan Sedunia ini  tentu saja dari sepanduk-sepanduk yang banyak dipajang di pinggir jalan. Dan Hari Kelautan Sedunia ini diperingati pada tanggal 8 Juni setiap tahun.


Entah maksudnya apa peringatan ini, untuk mengingatkan kita bahwa ada laut di sekitar kita atau mau mengajak orang seperti saya yang tak akrab dengan laut agar mau pergi ke laut, saya belum sempat bertanya ke presiden. Entah kapan saya akan tanyakan ke beliau, soalnya sekarang saya sedang malas ketemu beliau itu. Atau tak perlu tanya saja ya? Ah, sudahlah!

Tapi kalau maksudnya adalah mengajak orang yang hidupnya jauh dari laut agar mau mengenal laut berarti tulisan yang kini banyak beredar itu salah, mesetinya Hari ke Lautan Sedunia. Dan karena tidak demikian  berarti maksud peringatan ini bukan mengajak saya dan kerabat saya yang selama ini mengenal laut hanya lewat televisi, maksud saya laut yang indah. Kalau laut airnya kotor dengan sampah berserakan dan tak ada pemandangan indahnya rasanya sudah sering, karena beberapa kali saya pernah jalan-jalan atau mancing ke Ancol.

Jadi pasti maksud peringatan ini adalah...apa ya? Atau baiknya kalau saudara sekalian ingin tahu tanyakan saja langsung pada presiden, semoga saja beliau bisa menjawabnya. Tanyakan saja nanti saat lebaran, biasanya beliau di hari lebaran seharian membuka pintu istana untuk memberi kesempatan warga yang ingin bersilaturahim. Nggak perlu bawa oleh-oleh, karena pasti disita sama petugas keamanan.

Sudah ya!

31 komentar:

Lyliana Thia mengatakan...

hehehe.. Affip... Mgkn tujuannya adalah utk ngingetin qta supaya senantiasa menjaga laut, yg memang mrpkan sebagian besar wilayah NKRI.. Spt menjaga kelestariannya, dll.. Wallahualam.. :-)

attayaya-safety mengatakan...

semoga lingkungan laut selalu terjaga kelestarian dan keseimbangannya, demikian juga dengan daerah pesisir sebagai penyangga terdepan kelestarian laut

ibnu mengatakan...

mari kita jaga lingkungan disekitar kita, demi generasi yang akan datang

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

mungkin sama dg hari lingkungan hidup agar menjaga lingkungan di laut

mama cal vin mengatakan...

selamat hari kelautan, mari jaga laut kita

NuellubiS mengatakan...

mari kita jaga agar laut kita tetap biru.... :)

Claude C Kenni mengatakan...

Indonesia adalah negara kepulauan, dan laut sebenarnya adalah salah satu sumber daya alam yg harus dijaga dan dilestarikan demi kelangsungan hidup kita. Tapi sayang, rakyat Indo kayaknya cuek dan kurang menghargai laut mereka, hal ini terlihat dari perusakan taman2 laut akibat modus penangkapan ikan menggunakan bom dan racun...

Ditambah lagi, laut Indonesia identik dengan jorok, sampah di mana2, ditambah tukang jualan yg jualan di pinggir pantai tidak menjaga kebersihan. Rasanya gua belom pernah ke laut di mana pun di Indonesia yg airnya bersih, berbeda pada saat gua ke Hong Kong...pelabuhan di sana airnya biru jernih, walopun banyak banget industri yg letaknya di pinggir pantai

So intinya? Simpulkan saja sendiri deh =)

Coretan Hidup mengatakan...

Aku juga kurang paham dengan hari kelautan ini. Mungkin intinya adalah kita kudu menjaga kelestarian lingkungan termasuk laut agar meberi manfaat yang baik bagi semua orang

Rawins mengatakan...

hari kelautan tuh memperingati apa ya..?
kadang bingung juga dengan banyaknya peringatan yang ada
toh di kita lebih sering jadi seremonial saja
tanpa ada langkah nyata
hiduplah indonesia raya...

Muhammad A Vip mengatakan...

Lyli:iya, laut memang harus dijaga agar ikannya bisa gede-gede dan nggak dicolongi tetangga.
Attayaya:lautku airnya butek.
Ibnu:mari mari
Fanny:ya, pasti ini ajakan berbuat baik, sayang yang ngajak suka nggak nglakuin
Lidya:selamat buat semua
Noeel:biru atau ijo?
Rawins:seremoni dan makan makan
Claude:kalo melihat laut diluar negri memang suka ngiri, sepertinya dirawat benar
Ifan:ya, bagi semua orang.

komuter mengatakan...

kalau udin sedunia, saya tau.......

Muhammad A Vip mengatakan...

komuter:syukurlah

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ku berharap hari kelautan sedunia itu semua diliburkan. :p

IbuDini mengatakan...

Terus terang saya juga baru tau..maklumlah dulu waktu sekolah kalau disuruh belajar malah menjahit.

Emang seharusnya diperingati, agar apa yang ada dilaut kita dapat terpelihara dengan baik.

Fiction's World mengatakan...

oh saya baru tahu :O
coba hari kelautan itu ada gratis berkunjung ke Karimun Jawa untuk snorkeling atau diving hhehhe

Tomo mengatakan...

tak lupa pula mas aku juga turut mengucapkan selamat hari kelautan

pakde sulas mengatakan...

setiap orang ingin menunjukkan hari eksistensinya dengan membuat hari peringatan: hari kelautan, hari armada , hari ayah, hariair

jadi kapan kita memperingati HARI BLOGGING NASIOANAL DAN HARI BLOGGING INTERNASIONAL

catatan kecilku mengatakan...

kok aku baru tahu ada hari kelautan ya? hehehe #malu

place to study mengatakan...

sejak kapan sih ada hari kelautan? kok di sekolah gak diajari ya?

the others... mengatakan...

apa aja ya kegiatan pada hari kelautan itu?

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

hari kelautan sedunia mungkin diminta menjaga laut kali bang :D

Aina mengatakan...

hari kelautan sedunia itu bagusnya dirayain dengan berendam dilaut 7 hari 7 malam gituuuuuu

Gaphe mengatakan...

saya juga baru tau kalo ada hari itu.. mungkin maksudnya baik kali, biar lebih peduli sama laut.

ya nggak sih?
#sotoy

choirunnangim mengatakan...

Keberadaan laut yang kita miliki sesungguhnya sebagai aset bagi bangsa ini. tapi yang sangant disayangkan, banyak yang tak memperdulikannya...

Muhammad A Vip mengatakan...

sukro:aku gak setuju.
Tiara:atau gratis makan ikan sepuasnya di restoran seafood sedunia.
Ibudini:hari penjahitan ada nggak ya?
Tomo:oke lah kalo begitu.
Pakde:kayaknya hari blog sudah ada deh. kayaknya lho pakde.
Mbak Reni:sama mbak, jadi gak tahu ada kegiatan apa aja. paling seminar
Sasha:wah, harus browsing dong.
Ria:iya mungkin, biar gak ada yang nyolong.
Aina:itu bisa dilakukan dengan kesadaran sendiri
Gaphe:nggak tau deh. emang sotoy.
choirun:benar bro.

DenBaGas mengatakan...

Salam

Buat ngingetin kawan kalo NKRI itu ada laut yang belum terpelihara..

Salam kawan

I-one mengatakan...

Ntar dah,i-one tanya...i-one khan tetangganya SBY (susilo bambang yono),hehe...

attayaya-tnbt mengatakan...

save our sea
save our coastal

niee mengatakan...

Hari kelautan? Mungkin maksudnya hari di mana laut pertama kali diciptakkan :P

Batu mengatakan...

waw... sayapun baru tau..
mungkin besok saya tanya langsung ke presiden, kebetulan rencananya mau ngopi bareng...
saya juga mau nanya kenapa gak ada Hari Kegunungan, Kesungaian, Kedanauan, Kelembahan, dan lain2nya..
pengen titip salam gak? nanti kusampaikan sama pak presiden..

Muhammad A Vip mengatakan...

Den Bagus:salam juga buat ente yang sudah mau datang
i one:hus!
attayaya:save the money
niee:ah, sok tau
batu:enggak ah!