Senin, 15 Agustus 2011

Bendera Merah Putih, Oh...

Akhirnya dapat kusaksikan Bendera Merah Putih terpajang di pinggir jalan. Padahal kemarin sempat was-was, karena sudah di pertengahan bulan belum melihat kibaran bendera merah putih di sepanjang jalan yang biasanya setiap bulan Agustus para pemilik rumah memasangnya sejak awal bulan di pagar depan rumah masing-masing. Apalagi pedagang bendera yang biasanya gampang ditemui, sekarang seperti tak tampak. 


Kini, walau tak semua rumah memasangnya namun pemandangan yang berhias warna merah putih sudah tampak di jalan-jalan lebar. Di gang-gang sepertinya masih belum nampak, setidaknya di tempat-tempat yang saya lewati. Yah, mungkin tak semua rumah harus memasangnya, namun yang lebih penting adalah masing-masing orang Indonesia belum lupa dengan warna bendera negaranya.

Bendera Merah Putih yang konon sudah ada sejak jaman kerajaan Maja Pahit itu sudah lama disepakati sebagai simbol kenegaraan. Dulu jaman sekolah, tiap hari senin saya pasti mengangkat tangan menghormat ke arahnya. Meski dulu tak paham dengan aksi yang saya lakukan itu, namun sekarang ketika kebiasaan itu tak lagi saya lakukan dan ketika menyadari Bendera Merah Putih seperti tak lagi dianggap penting dalam perasaan saya seperti ada gejolak mempertanyakan hal ikhwal tentang Bendera Merah Putih ini. Teringat juga bahwa selama ini ternyata saya tak pernah peduli pada selembar kain berwarna merah dan putih itu. Tak pernah selama beberapa tahun hidup di Jakarta saya memasang kain bendera di tiang dan memajangnya, bahkan lebih dari itu saya jadi teringat pernah menjadikan bendera itu sebagai kain lap.

Dan apakah sekarang adalah saat penyadaran bagi diri saya mengenai Bendera Merah Putih yang merupakan simbol kebangsaan ini? Di mana saya akan menjadi lebih paham tentang keberadaannya dan fungsinya bagi saya dan seluruh warga sebangsa. Entahlah, yang jelas belakangan saya siang malam memikirkan Bendera Merah Putih ini.

Gambar:indonesiapusaka.info


19 komentar:

Claude C Kenni mengatakan...

So sweet banget, siang malem mikirin bendera merah putih...gua sih mending mikirin Sandra Dewi, eh Pak SBY...hahaha

NuellubiS mengatakan...

MERDEKA! MERDEKA!

Ami mengatakan...

kirain mikirin kapan buka puasa, hehehe

Febriasop mengatakan...

Kalo begini, tampaknya bendera merah putih hanya sebagai pajangan semata.

Muhammad A Vip mengatakan...

Claude:tapi besok kayaknya udah nggak lagi
nuel:merdeka sendirian
ami:itu sih gak usah dipikirin juga daateng tepat waktu
asop:yao...

Opi mengatakan...

hhaha..iya juga sih, di kompleks rumah gue orang2 juga banyak yang lupa majang bendera putih, mungkin keasikan puasa kali yaa... :D

MERDEKA..

Rawins mengatakan...

lama bener ga pernah mikirin bendera...
muak liat tingkah penguasa sampe ikutan males mikir lambang lambang negara

Ku Lihat, Ku Dengar, Ku Rasa mengatakan...

Wah, keren jga
msh da yg pduli dgn bendera merah-putih..
ya smoga ank bangsa smuanya bgtu.
MERDEKA!!!

Popi mengatakan...

udah lama nih ga upacara bendera! masa mau upacara sendiri depan rumah?

ReBorn mengatakan...

dimana nanti kita upaca? :p

gue juga sempet pesimis lho. untung kemaren pulang kantor gue sempet liat yang jualan bendera. gue langsung beli DUA. ghahaha iklan banget ga sih? :D

Fiction's World mengatakan...

om terlalu banget make bendera buat lap :D
klo didaerah sy dari tanggal satu juga udah bertebaran pedagang bendera

TUKANG CoLoNG mengatakan...

pengerek bendera ga boleh begadang kalo mau bertugas, biar ga bendera polandia yang dikibarin, alias kebalik

Zippy mengatakan...

Nah..itu dia, di kompleks gue juga gitu, banyak banget yang gak pasang bendera merah putih :(
Sedih juga lihatnya...

[L]ain mengatakan...

jaman dulu susah banget ngibarn bendera merah putih sampe diberondong peluru penjajah. Sekarang udah gampang malah dilepeh-lepehin. Indonesia...

pakde sulas mengatakan...

ada yang berpikir bendera hanyalah "secarik kain", ada juga yang berpikir bendera adalah "martabat bangsa", setiap orang tentu punya cara pandang yang berbeda, tetapi kita harusnya sadar "bendera merah putih" itu mahal harganya,karena nyawa adalah taruhannya

bopfive5 mengatakan...

smemnjak dewasa kt gak begitu dekat dengn bendera terssebut,sewaktu kecil sd smp sma,kt bgt dekat karena tiap senin menghormatinya,

Lidya mengatakan...

hormat benderaaaa ,grak :)

Dhenok mengatakan...

kalo di Palembang bukan hanya bendera merah putih aja Vip, tapi seluruh bendera dari negara-negara yang berpartisipasi dalam SEA GAMES akhir tahun besok, hehe.. kalo makna bendera sih setahu saya, yang merah lambang berani, yang putih tandanya suci.. harapan Indonesia itu seperti bendera merah putih, berani dan juga suci.. (bener gk yaa??)

Muhammad A Vip mengatakan...

Opi:puasa lebih utama dari perayaan kemerdekaan. sip!
rawins:ya, saya juga dibikin begitu
ku lihat:merdeka
Popi:apa salahnya?
reborn:upacara di kamar saja, sendiri2
Tiara:dari dulu juga biasanya dari tanggal satu
Sukro:hahaha...bener itu
Zippy:jangan nangis dong
Lain:ini karena ulang pemimpin yang ngerusak
Pakde:sip pakde
bop:kecil akrab, tua lupa
lidya:hormat!
Dhenok:indonesia beraninya korupsi, sucikah?