Senin, 22 Agustus 2011

PREPEGAN di Tanah Abang

Ada yang pernah mendengar istilah Prepegan? Atau sudah akrab dengan istilah ini, karena sejak kecil biasa Prepegan? Bagi yang sudah akrab dan tahu maksudnya saya ucapkan selamat, berarti anda tetangga saya. Sedang bagi anda sekalian yang asing dengan istilah ini, kapan-kapan kalau ada kesempatan saat menjelang lebaran datanglah ke Brebes, kita Prepegan bareng-bareng.


Prepegan adalah salah satu kata/istilah yang sering disebut pada akhir bulan Romadlon di daerah Brebes-Tegal, selain kata Bada dan Riyaya. Prepegan ini adalah istilah untuk menyebut dua hari menjelang lebaran yang ditandai dengan ramai dan sesaknya pasar-pasar karena sebagian besar orang pergi berbelanja segala macam kebutuhan lebaran. Suasana pasar dipastikan tidak seperti biasanya, karena pedagang-pedagang musiman akan datang dari berbagai penjuru menjajakan segala macam dagangan yang pada hari-hari biasa tak dijual-belikan. 

Seperti pedagang kembang, sepenjang jalan biasanya banyak ditemui pedagang kembang yang sudah dipincuk (dikemas dengan daun pisang) dengan isinya aneka rupa kembang dan daun pandan. Kembang ini untuk kebutuhan nyekar ke kuburan yang biasanya di daerah Brebes-Tegal dilakukan setelah Riyaya (sholat ied). Banyak orang yang dalam keseharian bukan pedagang pada masa Prepegan ini bisa ikut berjualan kembang di pasar.

Barang dagangan seperti pakaian sudah pasti ada. Dari yang paling mahal sampai yang diobral semurah-murahnya tumpah ruah di jalanan sampai beratus-ratus meter jauhnya dari lokasi pasar. Kalau di Jakarta banyak penjual janur kuning atau bungkus ketupat, di pasar dekat tempat tinggal saya orang menjual bungkus ketupat jarang ditemui. Karena biasanya orang-orang membuat lontong yang bungkusnya pakai daun pisang. Sedang janur biasanya untuk bikin lepet.

Prepegan ini ada dua macam, yaitu Prepegan cilik dan Prepegan gede. Prepegan cilik dua hari sebelum lebaran dan Prepegan gede sehari menjelang lebaran. Saya masih ingat dulu jaman masih kecil, biasanya saya jalan kaki ke pasar yang jauhnya sekitar 3 kilometer ramai-ramai dengan teman sebaya dan orang-orang tua. Jalanan ramai oleh manusia, baik yang berbelanja atau yang sekedar ingin adu kuat berdesak-desakan. Kalau saya biasanya beli petasan, karena di pasar harganya lebih murah dan ragamnya lebih banyak dari yang dijual di dekat rumah. Pulangnya kadang naik becak patungan, satu becak penumpangnya bisa selusin bocah tumpuk-tumpukan.

Kini suasana semacam itu hampir tiap hari bisa ditemui di Jakarta. Apalagi di Tanah Abang, benar-benar Prepegan setiap hari sepanjang tahun. Dan Minggu kemarin saya ke Tanah Abang, lebaran masih setengah bulan lagi, tapi sudah Prepegan gede dan satu kilometer menuju pasar rasanya jalan kaki lebih cepat dari naik kendaraan. Selamat Prepegan...

27 komentar:

Dhenok mengatakan...

istilahnya lucu Vip, prepegan.. tapi aneh ya disana, kalo disini biasanya sih nyekar itu dilakuin sebelum shalat ied,hari2 terakhir puasa gitu, tapi kalo disana setelah shalat ied..

Muhammad A Vip mengatakan...

Dhenok:di jakarta malah sebelum puasa. beda-beda tapi tetap satu juga

Lyliana Thia mengatakan...

aku termasuk yg baru mendengar istilah ini, Fip...

kebersamaan saat prepegan ini indah sepertinya yah...

tapi...
percayalah ... prepegan di Tanah Abang sama sekali nggak menyenangkan... aku terkahir kali ke tanah abang udah lebih dari 3 thn yang lalu... itu pun terpaksa utk kebutuhan nikahan...

selain itu... ogah deh...

meilya dwiyanti mengatakan...

aku rindu prepegan...

ReBorn mengatakan...

kosakata yang unik, artinya juga unik; beradu kuat berdesak desakan. ghahahaha. iseng aje tu orang.

udah prepegan duluan ente di tanah abang? dapet kembang api lagi kagak? :D

TUKANG CoLoNG mengatakan...

puasa taun depan ya kita prepegan.. :p

Ku Lihat, Ku Dengar, Ku Rasa mengatakan...

Istlah yg bgus, soalnya ju2r sya bru dgr bhs Prepegan..
o, gtu ya?
maaf sya sdikt tdk nymbung
cz mungkin sbuah adat cina kurng mngnal tu mas. tpi ya bgs jga, sbagai info bgi saya..
trmksih mas, slm sjahtera sllu!

Lidya mengatakan...

baru dengar istilah ini skr nih

niee mengatakan...

Bener bener baru denger deh mas.. dari dulu sampe skrg aku seh gak terlalu suka dengan belanja di bulan puasa.. hak tahan sumpeknya itu loh..

IbuDini mengatakan...

Istilah prepegan baru tau setelah baca postingan ini, nam ayang unik.
Hmmm kayaknya dimana-mana ya kalau menjelang lebaran pasti pasar penuh sesak....

NuellubiS mengatakan...

prepegan di jakarta biasanya jalanan udah mulai lenggang bos. hahhaha

plus di stasiun, calo mulai gentayangan. ghahaha

Muhammad A Vip mengatakan...

Lyli:saya aja punya pengalaman buruk di sana, tapi sekarang sudah gak sekacau dulu deh
Melya:sama dong
ReBorn:kalo kembang api nyarinya di pasar minggu
Tukang colong:keburu kiamat
Kulihat:kalo di cina ini sama dengan menjelang imlek
Lidya:untung dong baca di sini
Niee:kalo di jawa kayaknya lebaran lah saat beli baju baru
ibu dini:Iya bu, belanja ngabisin simpanan setahun

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
baru tahu mas prepegan hehehe makasih danmaaf banget telat

Baha Andes mengatakan...

Mas A Vip, klo di kampungku pasar adanya hari kamis dan rabo jadi ketika lebaran jatuh pada hari kamis berarti prepegannya pas hari minggunya berarti prepegan bukan pada H-2 tetapi ketika pasar tradisional yang bukanya tiap hari makan prepekan emang pada H-1 disinilah puncaknya prepegan.

Ami mengatakan...

aku gak banyak belanja di beberapa hari menjelang lebaran... bersih-bersih rumah...

catatan kecilku mengatakan...

Aku baru tahu istilah prepegan disini lho...

Muhammad A Vip mengatakan...

Dhana:telat gak papa, toh sudah biasa
Baha:wah, di mana kampung ente?
Ami:kotor rumahnya ya?
Mbak Reni:sekarang sudah tahu, lega dong mbak?

saryadinilan mengatakan...

nyekar kalau di tempat daku mah,love,peace and gaul.

alkatro mengatakan...

pada mas, di tempatku juga istilahnya prepegan kalo mo deketin riyaya he he
siap siap mudik belon mas ?

Art Blogger mengatakan...

Saya baru tau istilah ini,.
di tempat saya malah g ada. kalo ramainya udah pasti rame.

Fiction's World mengatakan...

ak baru tau istilah itu :D aah kapok H-2 ke pasar dan sejenisnya, penuh banget, panas dan bikin sesak nafas :(

[L]ain mengatakan...

klo di daerah saya namanya apa ya...
ah lupa~

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

prepegan baru dengar saya istilah itu :D
oh semacam pasar/bazar lebaran ya
disini klo malam takbiran jg banyak jualan kembang tapi bukan kembang nyekar,kembang beneran buat hiasan :D

iam mengatakan...

Hehe jadinya..
H-2: Prepegan cilik
H-1: Prepegan gede

Hehe baru denger lho saya mas :p

7 taman langit mengatakan...

ternyata Indonesia memiliki banyak budaya salah satunya prepegan itu
saya baru tahu

Muhammad A Vip mengatakan...

sarya:love pis deh
alkatro:mudik nggak mudik sama sajaart blogger:harus diadakan tuh
tiara:ya udah, dirumah aja
lain:jangan2 gak ada
Ria:hiasan di kuburan?
iam:hahaha
7 taman:indonesia di lawan!

anggarberkawand mengatakan...

wah..
baru tahu gan..
nice info..
makasihh kawand..
^_^