Senin, 19 November 2012

Reumatik dan Aku

Musim hujan sudah benar-benar tiba, hujan sudah turun setiap hari bahkan sudah mengakibatkan banjir. Hawa dingin sudah pasti ikut-ikutan bermain, bukan cuma ikut bermain malahan tapi ikut tidur pula di kamar saat aku tidur malam ataupun siang. Bagaimana situasi di rumah anda semua, ada yang masih kekeringan?


Dan hujan serta dingin beberapa hari terakhir benar-benar bikin tulang-tulangku linu. Jari-jari tangan pada kaku, telapak kaki pun kemrenyem. Musim penghujan bikin reumatik kumat.

Sebenarnya bicara soal reumatik aku tak benar-benar paham tentang penyakit ini. Yang ada di benakku soal reumatik cuma soal nyeri tulang. Dan kebetulan tulang-tulangku di musim hujan ini pada nyeri atau ngilu, jadi kuanggap saja reumatik.

Dulu saat masih muda (sekarang juga aslinya masih) setiap kali mandi malam selalu ada yang mengingatkan soal penyakit reumatik ini. Katanya mandi malam bisa mengakibatkan penyakit reumatik. Waktu itu sempat terpikir, cuma penyakit ini sepengetahuanku bukan penyakit berat jadi santai-santai saja. Apalagi ada seorang teman yang kuliah di UI mengatakan bahwa reumatik sebabnya bukan karena mandi malam tapi karena virus. Ya sudah, mandi malam jalan terus.

Kini ketika krenyem-krenyem di tulang mulai terasa jadi terpikir jangan-jangan penyakit ini ada hubungannya dengan reumatik dan mandi malam itu. Maka kini biar gerah dan badan bau bagaimanapun mandi malam telah jadi pantangan, apalagi di sebuah majalah pernah aku membaca bau badan pria bisa menggairahkan wanita, jadi pede aja tidur bareng istri.

8 komentar:

Ami mengatakan...

rematik ya? coba minum susu kambing #promosi hahaha

r10 mengatakan...

semua penyakit ada obatnya

kalau malam mandi air hangat aja mas :D

jelly gamat mengatakan...

jely gamat luxor merupakan obat alami untuk menyembuhkan penyakit rematik dg cepat dan tanpa efek samping

obat tradisional asam urat mengatakan...

memang setiap orang ememiliki resiko terjangkit rematik, namun kita harus juga mengetahui mengenai penyakit tersebut supay tau juga bagaimana pencegahannya...terimakasih

Muhammad A Vip mengatakan...

Ami:susu kambing berapa segalon?
Rio:oke oke
Jelly Gamat:wow...boleh tuh
Obat tradisional:ya, harusnya emang gitu

alkatro mengatakan...

ane efeknya riyem-riyem,
alias jadi betah molor kalo hujan deras terus gini :D

obat tumor lambung herbal mengatakan...

ya gan benar sekali rentan sekali asam urat di musim hujan

Ultrabook Terbaru mengatakan...

Yang saya tahu, reumatik (sebenarnya namanya rheumatoid arthritis) bisa dikurangi dengan buah cherry.

Ini ada artikelnya:

http://m.merdeka.com/sehat/nutrisi-yang-tersembunyi-dalam-buah-cherry.html