Senin, 02 September 2013

Lebaran Betawi

Berpuluh tahun tinggal di Jakarta baru tahu sekarang ada istilah Lebaran Betawi. Entah baru sekarang diadakan atau sudah rutin, yang pasti acara Lebaran Betawi kali ini dibikin meriah di Taman Monas. Acara yang berlangsung dua hari pada 31 Agustus - 1 September 2013 itu cukup mengesankan karena tak sekedar kemeriahan yang disajikan. Ada anjungan dari tiap-tiap wilayah yang menampilkan kekhasan masing-masing, termasuk ditampilkan tradisi berkunjung dimana tiap pemimpin wilayah berkunjung ke gubernur yang disusul masing-masing saling sambang-menyambangi.


Rencananya di Taman Monas acara Lebaran Betawi ini akan dijadikan event tahunan. Bahkan untuk tahun depan rencananya akan berlangsung sepekan. Pasti asyik kalau berlangsung selama tujuh hari, soalnya pada acara kemarin tiap-tiap anjungan menyediakan makanan lokal yang bisa dinikmati gratis oleh pengunjung. Kemarin saya kebagian selembar kerak telor, dan kalau tahun depan berlangsung sepekan berarti harus dapat tiga atau empat kalau bisa lebih. Hihi...

Dan dibawah ini beberapa foto lebaran betawi yang saya anggap layak unggah:










4 komentar:

r10 mengatakan...

Bikin pesta mulu ini jokowi

Bang Ancis mengatakan...

Saya juga baru denger... jangan2 ini tradisi tahunan yg sudah lama mati trus mau dihidupkan lagi sama Jokowi???

Coretan Hidup mengatakan...

Seru ya lebaran betawi ini. Harus kudu dilestarikan agar budaya bangsa tetap terpelihara. Dan yang pasti, makan2 gratisnya harus juga tetap dilanjutkan ya :)

Muhammad Affip mengatakan...

rio:di Jakarta banyak orang stress, ngatasinya tentu saja dengan hal semacam ini
Bang Ancis:iya, jangan-jangan
Ifan:gratisan memang moy