Jumat, 20 Juni 2014

Jalan-jalan Pakai Busway Gratis, Besok

Jakarta ulang tahun lagi. Busway gratis lagi. Ya, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, untuk merayakan ulang tahunnya Jakarta menggratiskan angkutan umum andalannya: Busway. Maksudnya tentu saja bus Transjakarta, sedangkan untuk Kopaja atau APTB ada kemungkinan tidak. Jelasnya gratis muter-muter Jakarta seharian dan ini  program menarik dan  disambut dengan ceria.

Ada yang lebih menarik lagi. Biasanya gratis naik Transjakarta hanya berlaku sehari, tapi untuk tahun ini ada bonusnya (ini dari berita lho). Biasanya gratis hanya berlaku dari pagi sampai malam saja, kali ini gratis rencananya pada hari Minggu ditambahi mulai jam enam sore pada Sabtu besok, artinya malam mingguan bisa duduk-duduk rapat di dalam bus keliling kota. Kemudian gratis dilanjutkan pada jadwal yang sudah ditetapkan pada esok harinya sampai pukul 22.00 atau jam sepuluh malam. Orang luar Jakarta bisa nginep di halte Busway atau tidur di bus yang bolak-balik ngantar penumpang, untuk yang ini naik bus yang operasi malam di tiga jalur yang sudah resmi beroprasi.

Ini menyenangkan, karena kebetulan saya sedang ada keperluan ke suatu tempat yang rumahnya dekat halte Busway, jadi dengan tidak keluar ongkos jatah jajan bisa lebih banyak. Dan ada kabar juga, masuk pantai Ancol dan Kebon binatang Ragunan gratis pada tanggal 22 Juni atau pada saat Busway gratis. Cuma hati-hati saja bagi yang tak punya KTP DKI Jakarta, bisa-bisa yang katanya gratis setelah di sana diminta menunjukkan KTP dan diminta bayar.

Oya, sekarang ulang tahun Jakarta yang ke berapa? Saya malah lupa sendiri sekarang berapa umur Jakarta, yang diingat cuma gratis naik Transjakartanya. 

6 komentar:

mekanik komputer mengatakan...

enak ya naik busway gratis :)

pakde sulas mengatakan...

asyik jalan jalan gratis

Ario Antoko mengatakan...

kemarin aku di depok dan bogor, ga ada busway

Purnomo Jr mengatakan...

saya cuma miris aja..dan pesen deh
utk warga yg pingin naik mending jgn sampe bawa anak kecil
kasian sampe dempet2an

Muhammad Affip mengatakan...

mekanik: biasa aja tuh, gak seantusias dulu saat ada gratisan awal
Pakde: iya pakde, ke Ancol seharian kemarin
Ario: di depok adanya macet angkot
Purnomo: maksudnya yang tua naik lalu anaknya ditinggal di halte? haha

Putri mengatakan...

wah enak dong ya jalan2 gratis