Selasa, 16 Juni 2015

Happy Ramadan

Judulnya pakai bahasa Inggris, maka saya pakai kata Ramadan. Tapi karena saya merasa istilah itu menyesatkan, untuk selanjutnya saya akan tetap memakai istilah lama yang saya anggap lebih tepat karena sesuai bunyi aslinya, yaitu Romadlon. Ya, Romadlon datang lagi setelah hampir setahun pergi. Romadlon akan kembali hadir bersama kita mulai hari Kamis besok bertepatan dengan tanggal 18 Juni 2015. Pemerintah sudah melaksanakan Sidang Itsbat dan ketetapannya telah dengan resmi diumumkan.


Sebelum penetapan oleh pemerintah, salah satu ormas Islam yakni Muhammadiyah telah lebih dulu menyatakan puasa mulai pada tanggal yang telah resmi ditetapkan pemerintah itu: 18 Juni 2015. Sebagaimana biasa Muhammadiyah selalu lebih dulu memastikan awal puasa yang biasanya diikuti perang opini dengan ormas lain yang ikut pemerintah. Sudah bukan rahasia, perbedaan penetapan awal bulan itu katanya karena cara perhitungannya yang berbeda. Syukur alhamdulillah tahun ini walau sebelumnya ada gelagat berbeda lagi akhirnya bisa kompak bahkan dinyatakan sampai tahun 2023 tidak akan ada perbedaan untuk urusan yang satu ini (kenapa tak sampai kiamat ya?).

Sebagai muslim Indonesia yang dalam beberapa tahun yang lewat selalu dibuat resah dan gelisah setiap awal dan akhir Romadlon, mendapati kekompakan di tingkat elit benar-benar merasa ini adalah berkah. Besok dipastikan tak ada kegiatan menunggu seusai sholat Isya, masyarakat bisa langsung taraweh karena Menteri Agama kita yang sekarang memahami bahwa ummat bukan barang maianan. Menteri Agama kita Bapak Luqman Hakim Saifuddin harus diakui sebagai sosok yang memahami agama dan tahu bagaimana mengamalkannya, sebagai bukti beliau mampu memoderasi dua kelompok yang selalu berbeda hingga kini menjadi kompak.

Sekarang berteriaklah yang lantang “Marhaban Ya Romadlon!”. Selamat datang bulan yang penuh gairah, bulan yang penuh suka cita dari awal sampai akhirnya. Sebulan kedepan, malam-malam adalah kehidupan dan siang jadi ladang bagi yang berharap panen kemenangan. Besok sore mandi keramas, sesuci, membersihkan tubuh dengan harapan bersih pula jiwanya. Romadlon, memang bulan yang bukan bulan biasa.


Marhaban Ya Romadlon. Dung dung tak dung dung… sahur…sahur…

7 komentar:

Abdul Rozak mengatakan...

Selamatdatang ramadan ( saya nulisnya gini aja ya). mudah - mudahan setelah ramadan ini kita menjadi orang yang bertaqwa amiin

Nandar mengatakan...

MArhaban ya Ramadhan.. Mohon maaf lahir batin ya..

Dihas Enrico mengatakan...

Alhamdulillah ketemu lagi dengan bulan suci...
semoga kita diberi kemudahan dalam menjalankan amalan dan ibadah selama bulan suci ramadhan....

Abdul Rozak mengatakan...

Kepada semuanya mohon maaf lahir dan batin

Rawins mengatakan...

Ikut seneng lah dengan datangnya ramadan
Karena hanya di bulan ini aku dapat THR... :D

Muhammad Affip mengatakan...

Abd. Rozak: amin ya robbal alamin
nandar: maaf lahir batin juga kawan
Dihas:yoho
Rawin: aku gak dapat nih

Muhammad Affip mengatakan...

Abd. Rozak: amin ya robbal alamin
nandar: maaf lahir batin juga kawan
Dihas:yoho
Rawin: aku gak dapat nih