Senin, 07 November 2016

Aktor Politik dan Citra-nya

Festifal Film Indonesia 2016 baru saja mengumumkan para pemenang Piala Citra, tak ada Aktor Politik di sebut di sana. Walau demikian Aktor Politik dalam berita tetap lebih ngetop karena kemarin Bapak Presiden menyebutnya dalam pidato terkait Demo 411. Katanya demo 4 November lalu ditunggangi aktor-aktor politik. Ternyata…yang bisa ditunggangi bukan cuma sepeda motor atau kuda, demo pun bisa pula ditunggangi.


Pernyataan presiden bagi saya adalah sesuatu yang dangkal. Saya sering menyayangkan pernyataan-pernyataan model ini yang sering muncul dari mulut pejabat kita (presiden kita yang lalu sering banget beginian). Penjahatnya harus ditangkap, Saya menyayangkan terjadinya peristiwa ini, Masalah korupsi ini harus diselesaikan; ungkapan semacam itulah, saya rasa yang semacam itu ketika disampaikan oleh orang terdidik hanya membuat orang yang mencintai penyampainya bersedih. Sesuatu yang sudah jelas mestinya tinggal diupayakan jedagjedug-nya kan?

Soal Aktor Politik dalam 411 kan sangat jelas, gamblang, jadi tinggal tunjukkan saja wibawa dan power kepresidenan agar Aktor Politik itu kalah dan tidak dapat Piala Citra (nyatanya memang tidak dapat). Manfaatkan saja perangkat yang ada, termasuk intelejen agar mengurus Aktor tanpa piala Citra itu. Mereka licik, harus dilawan dengan taktik lebih licik, tak perlu umbar banyak kata-kata.

Ada yang bilang negara atau pemerintah saat ini tanpa power. Dalam hal ini saya jadi ingat Ibu Darsini yang tak mau menjual tanahnya dan membuat pembangunan Jalan Tol Pejagan-Pemalang tersendat—nyatanya banyak Darsini lain—, saya anggap ini contoh nyata betapa kini banyak individu atau kelompok yang melawan negara dan negara seperti kepayahan mengatasinya. Dulu pada zaman presidennya Soeharto, kecil kemungkinan ada makhluk nyeleneh semacam ini. Jadi pemerintah harus menunjukkan kekuatan yang dimilikinya, mengingat kini banyak Aktor Politik. Tak harus main kasar-kasaran karena pasti ada cara yang lebih berwibawa.


Sebagai penutup, Kepada Pak Jokowi tak perlu malu jadi Aktor Politik juga, bersainglah dan dapatkan Citra terbaik.

3 komentar:

Keven mengatakan...

Gua waktu liat Jokowi pidato, bisa menangkap ada yg berbeda di raut wajahnya. Beliau mungkin terlihat tenang, tapi gua menangkap ada kemarahan di sana. Tapi ya sebagai Presiden, gua rasa dia memang udah punya rencana sendiri. Kita lihat saja apa yg akan terjadi nanti...

alkatro com mengatakan...

lama banget udah ga nonton tipi mas,
iki ceritane lagi serius yo.
yowislah
moga yg merasa benar, tidak takut untuk menyampaikan kebenarannya.


Muhammad Affip mengatakan...

Keven: ya, kita lihat rame rame hehe
Alkatro: tipinya rusak mas?