Senin, 26 Juli 2010

Menikmati Bangunan Tua


Saya ini pengagum bangunan-bangunan tua, apapun bentuk bangunan itu. Entah karena apa, mungkin karena bangunan-bangunan tua itu umumnya megah sehingga mengundang kekaguman. Tak hanya candi atau gedung-gedung bekas kantor yang sekarang banyak dialih fungsikan, bahkan rumah-rumah tinggal pun sama mengagumkannya. Rumah-rumah tua di kampung yang berderet di jalan utama desa atau yang tersembunyi di balik rimbun pekarangan itu mampu membawa imajinasi ke masa lampau betapa orang-orang zaman dahulu begitu bercita rasa tinggi dan memperhatikan detil bangunan. Tak seperti sekarang yang lebih mengedepankan fungsi dan abai pada estetika.


Bangunan-bangunan tua di Jakarta yang termasuk kota tua ini tak terhitung jumlahnya. Istana merdeka itu bangunan tua, istana wakil presiden juga bangunan tua, di kanan-kiri bangunan itu berderet juga bangunan-bangunan yang tidak hanya tua  bahkan mewarnai sejarah negara ini. Rumah-rumah tua di kawasan Menteng kalau kita jalan-jalan mengelilingi kompleks itu, asyiknya...apalagi suasananya yang teduh begitu suejuk.

Siapa tak kenal Candi Borobudur, Candi Prambanan atau candi-candi lain yang bertebaran di Jawa, Bali dan Sumatra. Mesjid-mesjid kuno dari Aceh sampai Indonesia Timur juga makam-makam kuno yang tak kalah artistik. Gampangnya negri tua ini begitu kaya dengan situs peninggalan masa lalu yang layak kita apresiasi dan kita jaga kelestariannya. Saya yakin bukan cuma saya yang mengagumi benda-benda semacam itu tapi setiap orang pasti memiliki rasa yang sama.

Tentu tak cuma di Indonesia, di seantero dunia bertebaran peninggalan-peninggalan masa lalu yang lebih membelalakkan mata. Khususnya di Eropa sering kita saksikan di layar televisi atau lewat foto-foto betapa banguna-bangunan di sana dipelihara dan menjadi ciri eksistensi mereka sebagai negara. Memang banyak yang hancur pada masa perang dunia kedua, tapi besarnya rasa kepemilikan mereka pada semua peninggalan masa lalunya itu menjadikan semua yang tersisa tetap dapat kita saksikan hingga kini.

Untuk menikmati beberapa peninggalan masa lalu di Eropa, terutama di Italia, kini di Galeri Foto Jurnalistik Antara di kawasan Pasar Baru Jakarta sedang berlangsung pameran foto bertajuk UNESCOITALIA: Situs Warisan Dunia di Italia. Dalam pameran yang melibatkan 14 fotografer ternama Italia ini menampilkan 135 foto artistik bangunan peninggalan budaya Italia. Pameran ini berlangsung dari tanggal 23-31 Juli 2010. Bagi anda yang ingin menyaksikan gambar-gambar megah mengagumkan silahkan melangkah ke sana sekalian belanja buat lebaran di Pasar Baru yang juga peninggalan masa lalu.
Gambar: www.unesco.it

6 komentar:

tomo mengatakan...

Meskipun tua namun kokoh dan kuat gan.
Dengan bahan alami dan arsitektur yang bagus

om rame mengatakan...

bangunan tua memang memiLiki kharsima tersendiri bagi sejarah berdirinya, tentunya kita sebagai generasi penerus harus bisa turut menjaga peLestariannya agar ia biLa terus kokoh berdiri yang tak Lekang oLeh waktu.
terima kasih atas sharenya, bermanfaat untuk menikmati dan mempeLajari sejarah bangunan tua.

Arif Chasan mengatakan...

saya juga kayaknya suka... artistik.. gimanaa.. gitu..

joe mengatakan...

seharusnya memang tetap dilestarikan biar tidak tergusur bangunan baru ...

Muhammad A Vip mengatakan...

Semua ternyata suka bangunan tua, kirain cuma aku. hiks

Popi mengatakan...

yah..biasanya hobi sesuai dengan umur sih! hihi...

btw, aku juga pencinta old building kok, meski masih muda! hehe