Rabu, 07 Juli 2010

Sejarah Baru Piala Dunia

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay belum pernah ada tim dari benua Eropa yang menjadi juara diluar benuanya. Dan setelah delapan puluh tahun kini kita akan menyaksikan sesuatu yang baru dalam sejarah piala dunia. Setelah Uruguay dikalahkan Belanda semalam, tiga tim dari Eropa kini yang tersisa dan siap menjadi juara. Tim dari negara Eropa juara di luar benuanya.

Siapa yang bakal menjadi juara nanti rasanya tidak penting lagi buat saya, sebab tim yang saya harap jadi juara sudah tewas. Jadi sekarang adalah saatnya menikmati saja sisa pertandingan yang memang benar-benar ciamik. Jerman, Belanda dan Sepanyol adalah tim dengan pemain-pemain yang cukup familiar dengan kemampuan individu yang oke. Ketiganya tentu saja layak jadi juara.

Dan sekali lagi akan ada catatan baru dalam piala dunia kali ini seandainya dua dari tiga tim tersiasa yaitu Belanda dan Spanyol  menjadi juara. Karena keduanya belum pernah menjadi juara, artinya ada juara baru nanti.

Menggairahkan hidup seperti ini. Perubahan-perubahan terjadi begitu nyata. Kesempatan terbuka bagi semua. Ah, andai hal ini benar-benar terwujud dan tidak hanya dalam dunia sepak bola tapi dalam banyak segi kehidupan. 

Hidup sepakbola!

Tidak ada komentar: