Selasa, 16 November 2010

Sate Kambing

Setiap Lebaran Haji orang-orang selalu ribut soal sate. Tak aneh tentunya, karena pada setiap lebaran haji dan tahun ini akan berlangsung besok (17-11-2010) ada tradisi Kurban, yaitu menyembelih hewan sebagai rasa syukur oleh mereka yang berkecukupan. Daging hewan sembelihan itu dibagikan kepada tetangga kanan-kiri demi membangun kekerabatan. Dan daging itu -yang biasanya daging kambing- umumnya disate ramai-ramai di halaman rumah.

Sate adalah jenis makanan yang gampang dikenali, tentu karena bentuknya. Walaupun tak selalu sama tapi sangat khas, yaitu ditusuk. Tak selalu sama di sini karena ternyata bukan saja daging yang ditusuk untuk dibakar dan menjadi sate, tapi tempe juga bisa dibikin sate. Seperti  saya pernah menyaksikan reportase di sebuah stasiun teve, di Semarang atau Solo ada yang disebut Sate Kere, yang ternyata tempe ditusuk-tusuk dan di bakar. Ada juga sate buntel  yaitu sate daging cincang yang dibungkus.

Ada banyak macam sate di Indonesia, tapi yang paling akrab bagi saya adalah sate kambing. Ini karena di desa saya di Slatri, kecamatan Larangan, kabupaten Brebes banyak rumah makan sate. Yang entah benar atau tidak banyak yang bilang rasanya beda atau khas. Bagi yang mau membukltikan silahkan jalan-jalan ke lekasi tersebut.

Sate, jenis makanan yang ditusuk dan dibakar itu saya sendiri tak tahu pasti asalnya dari mana. Dan mungkin tidak penting asal muasal itu, yang jelas di Indonesia gampang sekali menemui jenis makanan yang satu ini. Bahkan di kota-kota besar sate dijajakkan keliling dengan cara yang khas pula. Presiden AS Obama saja hafal bagaimana pedagang sate menjajakan dagangannya, "satteeee...!"

18 komentar:

harto mengatakan...

Alhamdulillah... trims sudah di ingatkan agar jangan banyak makan daging, aku dah tua yaaa... hik hik hik. kalo banyak qurban gpp yaa...

harta & benda yang dibelanjakan untuk berkurban di hari raya iedul adha itu utama dibandingkan harta yang digunakan untuk keperluan lain.

berqurban adalah jalan melatih diri memupus rasa cinta akan dunia dan melatih jiwa untuk berbagi rizqi dengan yang lain.

Selamat Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1431H). Semoga Allah menerima amal-amal kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan menerima qurban kita sebagai bentuk takwa kepada-Nya. Amin Ya Rabbal ‘Alamin

Semoga sukses selalu n tetap semangat

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met idul adha...kalo sate ayam saya suka.

sedjatee mengatakan...

pulang kampung nih
sate
bakso
emping
kerupuk
semua enak...

salam obama
sedj

Ferdinand mengatakan...

Widih... mantabz tuh Sob... klo sate kere sih aku jujur gak pernah makan.. tapi klo kelinci ya pernah... untuk kambing sebenernya aku gak terlalu suka baunya hhe... tapi klo udah mateng mah garap haha...

Huda Tula mengatakan...

satteeee..... hahaa, makanan favorit saya banget nih mas!

mampir yak, met lebaran.
seprtinya untuk wilayah Jogja sini, daging kurbannya disumbang ke pengungsi Merapi. (sepertinya). saya ga jadi panitia kurban si.

selamat lebaran!

Bumi Al Fattah mengatakan...

Jujur, kalau idul adha, saya lebih banyak diem di rumah. Kalau di luaran bingung sendiri.

Solanya gak doyan makan sate.
Gak doyan daging.

Di Slawi lebih-lebih banyak yg jualan sate mas.
Hehehehe.

Heheheheh

Common Cyber mengatakan...

I'm vegetarian.
Tidak suka sate, apalagi sate kambing.
Kalaupun sate, mungkin sate telur puyuh baru doyan.
^___^

tomo mengatakan...

http://nuranuraniku.blogspot.com/2010/11/start-up-di-aljubail-sa.html#comment-form

tomo mengatakan...

selamat hari raya idul adha.
weleh weleh copas ae kok keliru to yoyo sori hehehe

TUKANG CoLoNG mengatakan...

saya juga sate..
duh jadi mupeng nih..;p

NgePas mengatakan...

Selamat Hari Raya Idul Adha
selamat bakar sate az...
sattee...! :D

rian punya blog mengatakan...

tiba2 saya jd pengen makan sate bro.. di tempat saya ada yg namanya sate danguang-danguang, disajikan dg lontong serta kuah yg enak dan sedikit pedas..

Noeel-Loebis mengatakan...

dinamain sate kere mungkin karna isinya tempe doang kali yah.... coba isinya steak, sate mahal jadinya..... hahaha

Lozz Akbar mengatakan...

Duor.. jadi orang pertama nih yang mencicipi satenya.. he..he

selamat Idul Adha brade.....

Laston M Lumbanraja mengatakan...

ga suka.. tapi pengennnnnnnnnnnnnnn banget hehehee

Muhammad A Vip mengatakan...

Pak Harto:semoga Pak
Fanny:saya juga sate ayam suka.
Sedjatee:salam obama?
Ferdi:cobalah sate kere, siapa tau ketagihan
Huda: sateee...
Bumi:dari Slawi toh?

Muhammad A Vip mengatakan...

common:vegetarian makan sate kere dong? hoho
Tomo:Surabaya gimana?
Rian: padang ya?
Tukang colong:hehe
Ngepas:sama2
Noeel:bukan, sate borju.
Lozz:saya nggak nyate.

Muhammad A Vip mengatakan...

Laston:coba aja pak, daging kambing saya dengar dari radio katanya daging terbaik