Sabtu, 18 Desember 2010

Coretan Hidup Itu Ternyata...

Saya kalau mendengar kata "coret" pasti yang terbayang adalah sebuah garis yang asal sekedar untuk menandai sesuatu. Seperti dalam sebuah catatan apabila ada salah satu bagian yang tak perlu akan ditarik garis sekedarnya di atasnya dan dikatakan telah dicoret. Atau, setahu saya sebuah sketsa biasanya dikatakan sebagai coret-coretan. Dan macam-macam.


Maka ketika membaca ada sebuah blog judulnya menyertakan kata coretan yang terbayang adalah adanya sketsa di sana. Tapi ternyata salah. Blog yang berjudul lengkap Coretan Hidup milik Mas Ifan Jayadi dari Samarinda Kalimantan itu tak ada gambar kartun atau sketsa. Blog itu menurut pemiliknya adalah tempat membuat catatan pengalaman hidupnya yang ingin dibaca ulang suatu saat nanti. 

Istilahnya jelas tak bermasalah bagi saya, bahkan saya sangat menyenangi pilihan katanya. Sederhana tapi mengundang. Dan sebagai terundang saya ketika berkunjung selalu disuguhi cerita yang tak lain adalah pengalaman harian Mas Ifan yang bekerja di instansi pemerintah. Ada perjalanan dinas. Ada ikut seminar. Ada muter-muter kota. Cerita keadaan kantornya. Dan yang mengasyikkan adalah apapun yang diceritakannya merupakan sesuatu yang asing bagi saya. Kita semua tahu, Kalimantan sangat berbeda dengan Jawa dan saya bukan pegawai negri.

Meski tak rutin setiap hari posting tulisan, tapi setiap kali posting selalu panjang dan banyak yang diceritakan. Sebagai pegawai pemerintah pasti banyak kesibukkannya, jadi tak rutin rasanya malah bagus untuk citra. Soalnya kalau setiap hari posting dan postingnya panjang-panjang jangan-jangan setiap hari aktifitasnya cuma internetan dan mengabaikan tugas. 

Tak banyak yang bisa saya ceritakan. Tapi Coretan Hidup rasanya bukan sekedar coretan, tapi lebih merupakan guratan. Jadi Mas Ifan Jayadi ini sedang membangun prasasti dengan mengguratkan pengalamannya yang berharga dalam sebuah blog. Salam semangat.

15 komentar:

CORETAN HIDUP mengatakan...

Duh, merasa tersanjung diberi kesempatan diulas oleh blogger yang sampai Desember 2010 ini sudah menghasilkan tulisan sebanyak 121 tulisan. Jujur saja mas, meskipun blog Coretan Hidup ini adalah blog pertama yang saya buat. Namun pada perjalanannya, malah blog saya yang kedua yang berjudul DUNIAKU DISINI lebih menjadi tumpuan utama. Bisa dilihat dari banyaknya komentar maupun juga kunjungan trafick nya. Dan dulunya, saya pun rajin banget BW dengan menggunakan blog DUNIAKU DISINI. Setelah dipikir-pikir, sayang juga menelantarkan blog CORETAN HIDUP. Akhirnya saya coba aktifkan kembali dan mencoba mengurangi aktifitas yang ada di DUNIAKU DISINI. Jadi jangan heran, tulisan saya yang ada di DUNIAKU kalau DISINI muncul juga di CORETAN HIDUP. Habis, tidak mudah kan menghasilkan banyak tulisan untuk 2 blog yang berbeda. Apapun itu, saya ingin tetap blog DUNIAKU DISINI dan CORETAN HIDUP bisa terus eksis meski tema tulisannya sama.

Sekali lagi terima kasih mas atas ulasan blog CORETAN HIDUP. Ini suatu penghormatan karena blog DUNIAKU DISINI meski begitu sangat aktif dulunya, namun belum ada satupun yang mengulasnya. Ini tentu penghargaan tersendiri buat CORETAN HIDUP untuk tetap bertahan ditengah gempuran begitu banyaknya para blogger yang pada mulanya sangat aktif menulis namun beberapa bulan kemudian, berjatuhan dan hiatus sama sekali.

Oh ya, DUNIAKU DISINI sendiri dapat dilihat di : DUNIAKU DISINI

Tomo mengatakan...

malam maz...
ho oh maz aku juga berpendapat demikian..
coretan itu ya garis vertical dengan menggunakan pensil atau ballpoint..

Coretan hidup dari maz Ifan ini tentunya sangat berarti maz ..
biar tidak dia lupa maka Beliau pun menulisnya di dalam blog dan di sharing untuk kita semuanya..

Sukses selalu maz ya..
dan semoga sehat selalu

attayaya mengatakan...

betul juga kata si empunya blog.
review yang mantap

M.Iqbal Arifhan mengatakan...

nah mungkin ini adalah salah satu fungsi blog yang tidak hanya bertujuan untuk mengejar materi(uang) tapi lebih condong dalam hal berbagi cerita dan pengalaman yang berharga....dan ini patut kita acungi jempol...

pakde sulas mengatakan...

blog pada mulanya memang sebagai diary dari seorang blogger tetapi catatanini boleh dibaca khalayak atau sharing yang pada perkembangannya sekarang blog banyak digunakan untuk berbagai keperluan misal bisnis,pencerahan dan banyak lagi sebagainya.

benar juga kalau seorang pegawai negeri blogging dan setiap hari posting yang panjang , orang akan mikir ini blogger yang tak punya kegiatan lain atau pegawai yang aras-arasen kerja he he he....

rawins mengatakan...

salah satu fungsi blog buat aku pun begitu. sebagai catatan sejarah yang minimal suatu saat aku bisa mengulang kenangan bahwa hari anu tanggal anu isi otakku lagi begini begitu. kadang suka ketawa sendiri kok kalo baca-baca tulisan lama. hahah

Goyang Karawang mengatakan...

luar biasa pemilihan katanya ya bos.. coretan hidup bukan hidup coret-coret :)

Rchymera mengatakan...

Wach menarik nich sobat bila kita bisa menceritakan kembali pengalaman hidup kita melalui sebuah blog,tapi sayangnya kurang bisa untuk merangkai kata2nya nich hehehe...:D

Semoga sukses selalu dan terus semangat ngeblognya...:D

joe mengatakan...

artikel terbarunya tentang gender bagus banget ...

Imtikhan mengatakan...

salam sahabat
berkunjung pagi mo baca-baca artikelnya

IbuDini mengatakan...

Penasaran akan isinya, IbuDini segera meluncur

TUKANG CoLoNG mengatakan...

baru2 ini dia ganti kulit ya.. blognya maksudku. hehe

Muhammad A Vip mengatakan...

Buat semua komentar yang sudah hadir saya ucapkan terima kasih. saya rada sibuk nih jadi gak bisa basa basi

masyhury mengatakan...

Saya sebenarnya sangat kagum dengan blog mas Ifan yg Duniaku Disini dari pada Coretan Hidup, yah melihat traffiknya yg begitu tinggi. Tapi sayang sekarang seperti terlantar, dan sekarang kalau di bandingkan dgn Coretan Hidup, Duniaku Disini rasanya masih lebih baik.
Sayang memang,,

salam kenal,

Muhammad A Vip mengatakan...

masyhuri:oke bro