Kamis, 30 Desember 2010

Indonesia Memang Pemenang

Sudah kita saksikan bersama tadi malam pertandingan terakhir di turnamen Piala AFF 2010. Dan telah kita ketahui hasilnya adalah Timnas Indonesia menang 2-1 atas Tim Malaysia. Penonton pun kelihatannya senang bukan kepalang, maka aksi kerusuhan yang diramal Ki Joko Bodo bakal terjadi tadi malam entah terjadinya di Indonesia bagian mana. Sorak-sorai penonton tentu tak hanya di stadion Gelora Bung Karno, namun di gang-gang sekitar tempat tinggalku yang banyak didapati aksi nonton bareng.


Walau tidak yakin, umumnya orang Indonesia saya rasa sudah menduga bahwa tim kebanggaannya itu yang akan menang dalam pertandingan itu. Setidaknya beberapa hasil pertandingan sebelumnya menjadi alasan. Tapi siapapun pasti sempat tercekat ketika Firman Utina tak sukses dalam eksekusi pinalti, banyak yang menganggap itu pertanda buruk. Saya sendiri mengira kalau Timnas sengaja ingin mengalah karena tidak ingin saudaranya itu kecewa sudah jauh-jauh menyebrang laut tak mendapatkan yang diinginkan. 

Dan akhirnya benar-benar menyenangkan, karena hasil dari semua itu baik bagi semua. Indonesia benar-benar menang walau sempat  pura-pura tak mau bikin gol. Malaysia walau kalah lagi seperti di babak penyisihan, tapi pulang membawa piala. Sungguh semuanya itu telah menunjukkan siapa sesungguhnya bangsa Indonesia ini. Bangsa besar, bangsa matang yang memaknai kata juara tidak hanya sekedar raihan tropi tapi lebih dari itu, yakni bisa menang dan memberi senang. Menang tanpa membuat yang dikalahkan merasa kalah. Apalagi sampai membuat orang lain susah.

13 komentar:

Popi mengatakan...

ramalan kok dipercaya? namanya aja ki joko "BODO" :D
anyway...selamat buat TIMnas, meski ga dapet piala, tp kemarin semangat timnas maupun masyarakat penontonnya luar biasa, berkesan!

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
Indonesia memang pemenang dari negri sebrang saya turut bahagia bila memang indonesia memang pemenang

r10 mengatakan...

saatnya bagi nurdin halid belajar kpd Malaysia, bahwa pembinaan pemain muda itu penting

Malaysia juara Sea Games tahun lalu, juara piala AFF tahun ini dan mereka mendapatkan itu semua dengan pemain muda + liga kompetisi mereka tdk mnggunakan pemain asing

Fajar mengatakan...

yups...timnas..kita merupakan pemenang yang sejati..inilah salah satu timnas terbaik yang pernah kita miliki..

ReBorn mengatakan...

memang timnas kita berhati besar ya, pak. :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

pokoke menang dulu dan udah usaha.

Takuya mengatakan...

setuju! walopun ga dapat tropi, tapi bisa bikin Indonesia senang..

Huda Tula mengatakan...

saya suka banget kalimat yang dikasi warna merah itu...
hahahaha..

saya rasa juga begitu. ah, indonesia tetaplah menang. penontonnya juga ga ada yang norak pakai laser2an.
ga apa2 deh tropinya dibawa oleh malaysia dulu....

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ayo menangi piala asia!

pakde sulas mengatakan...

indonesia terlalu awal melaksanakan pesta, padahal peperangan belum usai, sehingga menjadi lengah dan terlalu dipuji, sehingga ketika lawan sudah didepan mata mereka menjadi tergopoh-gopoh dan kedodoran

catatan kecilku mengatakan...

Meski kita tak berhasil mendapatkan piala itu tapi kuta tetap menang kok... #banggaTimNas

Rawins mengatakan...

kalo ga ngebonek kan asik yo, om..? joko bodo kok dipercaya. mending cari joko pinter deh...

the others.... mengatakan...

Semoga dalam penampila TimNas di tahun2 yad prestasinya dpt jauh lebih baik.