Senin, 31 Januari 2011

Templet Tampil Beda


Begini mungkin nasib orang yang nggak banyak tahu. Saya ini terus terang nggak banyak tahu tentang dunia HTML walaupun dalam banyak kesempatan membaca tips tentang pengolahan templet/template yang selalu saja berhubungan dengan kode-kode rumit. Tapi karena rumit itu kiranya saya tetap tidak tahu banyak.


Kemarin sabtu menjelang azan maghrib  saya cek email di warnet samping musholla. Betapa kaget ketika lewat link di halaman email saya masuk ke blog kesayangan hasilnya tampilan blog saya berubah. Tidak seperti beberapa waktu lalu yang ternyata blog komacuma tampil sebagai bukan milik saya, sekarang isi postingnya sama tapi templetnya beda. Panik langsung menyergap saya dan menggumuli sedemikian rupa diri yang tidak tahu banyak ini. Suara azan sudah terdengar dan pikiran kian bertambah kacau. Dalam kacau itu saya mereka-reka apa gerangan yang menimpa blogger pas-pasan ini. Adakah seseorang telah mengotak-atik blog saya?      
Karena waktu sholat telah tiba dan rasanya saya tak mampu mengatasi masalah yang ada, saya langsung kirim pertanyaan ke Jiox Al Katro tentang bencana yang menimpa ini. Pertanyaan yang kemudian dijawab dengan kebingungan karena ternyata dia tak menemukan keanehan di blog saya. Ya, ternyata keanehan itu cuma saya yang mengalaminya.
Saya tak tahu apakah peristiwa semacam ini sesuatu yang lumrah atau tidak. Yaitu ketika membuka suatu website di PC berbeda menghasilkan tampilan berbeda. Untuk tampilan blog saya yang beda itu templetnya simple dengan satu kolom tanpa widget. Tidak seperti yang tampak saat ini dengan tiga kolom.
Mungkin ada yang ingin bercerita banyak untuk kasus saya ini silahkan. Dan untuk tampilan yang simpel dan membuat saya panik itu akhirnya saya ketahui di bagian bawah templet ada tulisan "lihat versi web" yang ternyata ketika di klik menghasilkan tampilan aslinya. Maaf buat Al Katro bikin bingung, tapi saya sempat benar-benar panik waktu itu.
 

12 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

jadi udah beres dong masalahnya

Coretan Hidup mengatakan...

Wah, kok bisa gitu ya. Rasanya tampilan blog akan selalu sama dimanapun dibuka. Cuma kadang, besar dan kecilnya aja yang tampak beda tergantung dari ukuran PC yang kita gunakan. Ini cuma pendapat pribadiku saja lho :)

Tomo mengatakan...

wah aku belum pernah mengalami kayak gini maz

joe mengatakan...

wah kok beda gimana sih, aku belum pernah mengalaminya selama dibuka dengan browser yang sama...

TUKANG CoLoNG mengatakan...

wah bisa gt ya..

Lily Kasim Personal Blog mengatakan...

wahhhhh....bro, mending pakai timplet asli li dari blogger..keren2 koq...

Muhammad A Vip mengatakan...

Sang cerpenis: entahlah, saya belum nemu kejelasan dari masalah ini.
Tomo:semoga mengalaminya deh
Ifan:entahlah
Joe:ini pake browser sama lho
Tukang colong:bisa tuh
Lily:ini templet asli mbak.

r10 mengatakan...

itu mungkin tampilan blog untuk versi mobile, coba mas tambahkan ?m=1 di akhiran url blog

seperti ini
http://komacuma.blogspot.com/?m=1

Muhammad A Vip mengatakan...

makasih sarannya.

niee mengatakan...

iya tuh mas, itu masnya ketekan versi mobilenya. Link yang mas kasi itu ada ?m=1nya, hehehe...

Kalau kita gak utak-atik gak akan berubah toh :D

Muhammad A Vip mengatakan...

Niee:hehe

yunan mengatakan...

Yang
http://catatan-yunan.blogspot.com/?m=1 kan. .
Hehe