Selasa, 29 Maret 2011

KRL Ekspres, Habis Sudah

Setelah kenaikan tarif KRL Ekonomi yang diberlakukan pada 1 Januari lalu gagal, kini ada ketentuan baru untuk oprasional KRL Jabodetabek. Sesuai dengan pengumuman yang tertulis di spanduk-spanduk yang terbentang di stasiun-stasiun, mulai 1 April besok rencananya akan ada aturan baru  yang disebut dengan istilah "Single Operation". Jadi seluruh kereta yang melintas di jalur kereta Jabodetabek akan melintas di satu jalur saja tanpa ada susul menyusul lagi. Karena mulai 1 April sudah tak ada lagi KRL ekspres. KRL Ekspres akan berubah menjadi KRL Comuter Lane yang berhenti di setiap stasiun.


Dengan tidak adanya kereta yang disusul berarti penumpang pun harus lebih cekatan ketika naik turun kereta. Tak ada lagi kereta berhenti lama. Selama ini  di stasiun-stasiun yang memiliki jalur lebih dari dua seperti di Manggarai, Pasar Minggu dan Depok ada saat KRL Ekonomi berhenti lama karena harus disusul KRL Ekspres. Kini dengan dihilangkannya KRL Ekspres pemandangan penumpang berebut masuk dan keluar dipastikan akan makin seru. Apalagi bersamaan dengan hilangnya KRL Ekspres, perjalanan KRL Ekonomi juga akan dikurangi dari 44 perjalanan  menjadi 20 perjalanan.

Pemberlakuan aturan baru ini membuat saya menduga-duga, apakah operasional KRL Ekspres selama ini merugikan. Saya lihat memang sering KRL Ekspres melaju tanpa penumpang, tapi pada jam-jam sibuk penuhnya juga kadang sama dengan KRL Ekonomi. Saya berpikir ke arah untung-rugi karena biasanya hal itu yang selalu jadi pertimbangan utama.

Adapun tarif yang diberlakukan adalah sebagai berikut: untuk jurusan Bekasi - Jakarta : Rp. 6000,-, Bogor - Jakarta : Rp. 7000,-, Serpong - Manggarai : Rp. 6000,-, Angke - Depok : Rp. 7000,- . 

Kini tinggal menunggu hasil pengoprasian pola baru ini. Apakah ketepatan waktu perjalanan akan membaik. Dan perusahaan kereta api akan untung yang berarti pelayanan akan meningkat. Saya akan menunggu sembari blogwalking tentunya.

Gambar: kaskus.us

20 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, bisa jadi rebutan dong.

Kalong mengatakan...

Assalamualaikum mas A Vip...

Hemh..saya jujur bingung maklum belum jadi org jakarta..baca di atas aja masih bingung.. Maklum di desa lebih sreing pake sepeda..hehehe

Tapi benataran lagi saya bakal stay di Jakarta..walah tambah bingung..glek glek..

IbuDini mengatakan...

Terus terang belum pernah naik kereta api...gimana ya rasanya.
Kata adekkku siap2 telinga soalnya bising...

Rawins mengatakan...

jakarta bogor 7000..?
dulu kan 2500..?

Ferdinand mengatakan...

Astaga, berarti bakal tambah parah nie desek2an buat masuk ke kereta... huh.... makin gak ngerti aku sama aturan2 yg dibuat haha... lama2 kaya metro mini nie semua jalur jadi satu :P

thnx untuk sharenya sob, aku malah baru baca beritanya disini :P

semangat n met aktivitas :P

catatan kecilku mengatakan...

aku belum pernah tuh ngerasain naik KRL.. :D

the other mengatakan...

pemandangan penumpang berebut masuk dan keluar dipastikan akan makin seru ---> jadi ngebayangin gimana hebohnya tuh... hehehe

jejak langkahku mengatakan...

pengen juga ngerasain naik KRL hehehe

TUKANG CoLoNG mengatakan...

hahahaha saya ga pernah naik kereta Api! :))

Popi mengatakan...

saya males mikirin tanggal 1 ! ga kebayang saya harus berangkat dr rumah jam berapa? selama ini naik EKpres jam 05.55 aja dari rumah jam 5.30, sampe kantor mepet2..kadang pas bel! Berarti mulai tgl 1 sy hrs berangkat dr rumah jam??

attayaya-plastik mengatakan...

hmmmm semoga transportasi masyarakat bisa menjadi lebih baik

lidya mengatakan...

hmmmm bagaimana jadinya ya,kita tunggu tanggal 1

Noeel-Loebis mengatakan...

mas, mau kritik yah.... gimana kalo isi postingannya lebih diperlebar lagi .... sumpah saya jadi males duluan deh baca blognya mas.... isinya sih bagus, cuman karna isinya kecil gitu karna kedempoet yang kiri-kanan, saya jadi rada malas....

saran nih... didenger yah sukur.... hahahha

Goyang Karawang mengatakan...

semoga aturan baru ini mempermudah konsumen

ash mengatakan...

agak g'ngerti.. maklum bukan orang jakarta.
wuih.. saya cuma kebayang g'nyaman-nya itu loh..

Muhammad A Vip mengatakan...

Fany: sekarang aja rebutan
Kalong:di tunggu di Jakarta
IbuDini, Mbak Reni, Shasa dan Tukang Colong: cobalah sesekali
Rawins:ekonomi tuh
Ferdi:semoga biasa aja
Popi:pindah aja rumahnya
attayaya:semoga
Lidya:kita tunggu di rumah masing2
noeel:makasih sarannya, dipertimbangkan

Muhammad A Vip mengatakan...

goyang:semoga

Catatan Iseng mengatakan...

Salam ...sudah lama sekali tak datang kemari..
Belum pernah naik kereta api om...sepertinya enak

ezzhye mengatakan...

Barusan ane lyat di FANPAGE Solidaritas Jabodetabek Untuk KRL Yang Lebih Baik,
katanya sich gak jadi tuch pemberlakuan pola operasi barunya......

Muhammad A Vip mengatakan...

ezzhye:masa sih?