Senin, 18 Juli 2011

Islam KTP atau Islam Baju?

Tak pernah nonton televisi jadi ketinggalan info. Ternyata ada sinetron berjudul Islam KTP di televisi (entah televisi apa?) dan saya tahu bukan karena menontonnya tapi dari ribut di Facebook dan blog. Katanya bagus, tapi saya pikir dari judulnya yang asal saya sudah menduga isinya cuma tingkah konyol para pelawak masa kini.


Istilah Islam KTP sebenarnya istilah lama. Maksudnya orang yang dianggap beragama Islam atau Muslim tapi tidak mengamalkan ritual sebagaimana lazimnya Muslim lakukan. Sesuatu yang dulu saya tak ambil pusing, karena sebenarnya bukan Muslim KTP itu saja yang harus disalahkan, tapi lingkungan terutama orang-orang pandainya (ulama) juga bersalah.

Kini sebenarnya ada yang lebih menghawatirkan. Sesuatu yang saya sebut Islam Baju. Setelah marak Busana Muslim banyak orang memakainya di mana-mana, tapi semuanya sekedar baju. Kulit saja. Faktanya di masyarakat tak ada bukti yang menunjukkan kalau nilai-nilai Islam mengejawantah. Bahkan ada kecenderungan orang-orang yang mengenakan baju yang dilabeli Islam ini bersikap seperti sedang menghancurkan citra Islam.

NB:
Ini post dari Brugglothak, yang rasanya pas dibaca menjelang Romadlon.

26 komentar:

I-one mengatakan...

ione juga gak pernah nonton full 1 episode,tapi pernah sekilas...

menurut ione yah lumayan lah dari pada nonton sinetron yg laen..Hehe..

mau tau dimana?SCT*

Popi mengatakan...

hm..ya emang mengkhawatirkan Islam Baju ini, prilakunya ga sesuai dengan tampilannya! moga2 saja saya tidak termasuk diantaranya..

Rawins mengatakan...

wah ga bisa komen kalo cerita soal tipi
manusia pedalaman ga ada hiburan blash...

soal agama aku suka riskan mengutarakannya
suka ada yg sensitif
hehe...

NuellubiS mengatakan...

jangankan islam mas... di kristen juga sama. dan yang kayak gitu itu yang bahaya. pemahaman mereka yang masih dangkal tapi sok2an bilang masternya. :(

Fiction's World mengatakan...

Islam KTP masih lumayan lah dibanding sinetron tipikal lainnya :D
kalau dipikir islam ktp lebih terselubung ya, nah islam baju lebih terang-terangan, haduduh gawat juga

Muhammad A Vip mengatakan...

i one:saya juga sekilas saja nontonnya selama ini
Popi:saya doain mbakyu orang solehah beneran
rawins:ya, yang beginian bisa bikin ngamuk
nuel:sama ya
tiara:gak perlu jadi bahasan kali ya

r10 mengatakan...

aku ga setuju dgn istilah islam baju, krn aku bergaul juga dgn orang2 yg menjaga ibadahnya dan mereka juga berpakaian islami

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

semua agama kayaknya ada yg spt itu. ada yg sekedar beragama di ktp doang,. ada juga yg bener2 menjalankan ibadahnya.

M A Vip mengatakan...

rio:ini bukan menyerang mereka yang bener beragama, ini tentang yang lain
fany:hooh

IbuDini mengatakan...

terus terang saya gak suka dgn Islam KTP jadi emang jarang nonton.
Yang penting ambil baiknya dan jauhi jeleknya aja...

saryadinilan mengatakan...

ingat mati,ingat sakit ,ingatlah waktu kau sulit,salam love,peace and gaul.

Akmal Fahrurizal mengatakan...

Sinetron itu makin kesini makin aneh ceritanya, ngawur ga jelas, gak bener2 mencerminkan islam. Udah jauh dari tujuan mendidik secara islami.

[L]ain mengatakan...

gua ga pernah nonton tuh sinetron. Pernah sekali ga sengaja ada keluarga yang liat, gua jadi ikutan mantengin bentar. Lebay banget. Lucunya maksa.

islam baju...istilah baru tuh~

Tomo mengatakan...

Islam itu indah
seharusnya harus dilaksanakan ajarannya bukan hanya tulisan islam di KTP

Fahrizal mengatakan...

Sedih memang ...
He Islam Baju ... marak. Tapi yang disalahkan sekarang bukan pelaku Islam Baju ... tapi Muslim Sejati yang nggak bisa menegur si Islam Baju tuh ...

Ami mengatakan...

pakaian takwa kayaknya lebih baik yah... soal Islam KTP yah cuman istilah supaya mudah diingat saja

Gaphe mengatakan...

oh kalo islam KTP tau istilahnya dari sejak lama.. tapi kalo islam baju, malah baru tahu.. hemm semoga terhindarkan dari hal yang sedemikian

Lidya mengatakan...

belum pernah nonton islam KTP

Muhammad A Vip mengatakan...

ibudini:sip bu
saryadinilan:salam damai
akmal:sudah biasa yang begitu
lain:gak baru juga
tomo:sip bro
fahrizal:ya, repot memang. tapi cari cara terbaik lah
ami:okelah kalo begitu

Muhammad A Vip mengatakan...

gaphe:semoga
Lidya:masak bu?

TUKANG CoLoNG mengatakan...

setidaknya ada niat dulu :)

Masbro mengatakan...

Cara mencintai Islam bisa dari mana saja. Dari kulitnya dulu juga nggak masalah selama itu tidak dilandasi dengan riya' atau pamer. Tapi ini pendapat saya pribadi Mas.

Salam ronda, hehe..

Muhammad A Vip mengatakan...

tukang colong n masbro:sip deh

Mulyani mengatakan...

Kalau dilihat ceritanya semakin kemana-mana, ya meskipun cuma lihat sekilas karna melewati sctv kalau mau ganti canel yg lain.

niee mengatakan...

AKu gak suka tuh sama Islam KTP, katanya banyak pesannya, tapi yang aku tangket cuma adegan orang islam yang bodoh2.. gak banget..

Muhammad A Vip mengatakan...

MUlyani:biasa...
niee:nonton bioskop aja