Jumat, 04 November 2011

Heboh e-KTP

Ribut-ribut soal KTP baru akhirnya sampai juga di depan rumah. KTP Elektronik atau e-KTP yang kini sedang jadi proyek nasional itu memang bikin penasaran, tapi sampai sekarang saya sendiri belum dapat undangan agar membuat KTP model baru itu. Tetangga kanan kiri sudah sejak seminggu lalu ribut soal kapan akan datang ke kantor kelurahan.


e-KTP ini menurut keterangan yang saya baca di website-nya akan berlaku nasional, sesuatu yang sangat saya tunggu-tunggu selama ini. Meski saya tak yakin apakah yang dimaksud berlaku nasional ini sesuai dengan pemahaman saya. Saya yang sering berpindah-pindah tempat tinggal jelas sangat mendambakan KTP yang berlaku nasional ini, yang berlaku di manapun saya tinggal selama masih di wilayah negara Indonesia.

Pengalaman saya hidup berpindah-pindah selama ini sering sekali mengalami kesulitan hanya karena benda bernama KTP ini. Mengambil uang wesel di kantor pos Jakarta hanya karena KTP yang ditunjukkan bukan KTP Jakarta langsung ditolak. Buka rekening bank pakai KTP daerah juga tidak bisa. Pernah juga kena razia kependudukan. Belum lagi ada yang namanya KTP musiman di Jakarta yang berlaku enam bulan.

e-KTP ini juga gencar dikampanyekan dengan beragam media. Di jalan-jalan area pemukiman saya lihat banyak poster yang memberitakan bahwa e-KTP ini gratis. Semoga benar-benar gratis dan tak ada pungli (pungutan liar), karena biasanya walau sudah jelas gratis, masyarakat ketika diminta bayar tetap saja nurut.

Tadi pagi tetangga saya Mpok May yang hari ini dijadwal harus datang ke kelurahan ngomel-ngomel terus sendirian. Dia bilang "Bikin ribet saja harus memperpanjang KTP." Saya yang kebagian berisiknya jadi merasa kasihan melihat ibu-ibu harus meninggalkan banyak pekerjaan untuk mengantri membuat KTP baru, apalagi tidak langsung jadi dan musti bolak-balik lebih dari dua kali.

Mpok May yang melihat saya tak ikut urus-urus KTP sempat juga nanya kepada saya begini: "Nggak ikut memperpanjang katepe, mas?" Pertanyaan yang terus terang bikin garuk-garuk kepala, karena sebenarnya ingin juga punya KTP baru seperti orang-orang. Maka saya jawab saja "Enggak mpok. Katepe yang sekarang saja masuk ke dompat sudah seret, kalo dipanjangin ntar malah dilipet-lipet."


Nah, bagaimana dengan anda sekalian. Sudah urus-urus KTP baru?

22 komentar:

socafahreza's blog mengatakan...

wah saya ktp yang biasa aja gag punya, hehe :D..

Fiction's World mengatakan...

iya aku juga pengen nyobain tuh ngerasain bikin e-ktp
apa karena di Semarang jadi gg diundang gitu ya

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

di tempatku kok belum juga ya...

Adini mengatakan...

heheeh..kalau tambah panjanggak muat dompetnya ya Om.

Daerah perummnas saya udah Om, alhamdullilah dapat antrian no 3 jadi gak lama waktu itu.

CORETAN HIDUP mengatakan...

Kalau aku seminggu yang lalu sudah melaksanakan pengambilan data sidik jari dan mata di kecamatan. Meskipun antrianya banyak, alhamndullilah ya, berhasil juga diambil datanya. Mudah2an segera keluar tuh E-Ktp nya :)

Lina Marliana mengatakan...

Owww.. ditempatku juga lg rame2 bikin e-KTP ini bro, cuman aku juga belum dapet undangan.. kata pengasuh anakku yg sdh ingutan ngurus sih, kali ini lebih ribet, pake cek kesehatan segala... iya ta ?
Btw, kalo ktpnya diperpanjang, mending upgrade dompet sekalian bro.. cari yg seukuran ktpnya, biar muat..hehehe

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

ditempat saya belum sampai tuh eKTP

meilya dwiyanti mengatakan...

surat panggilannya udah dateng sebulan yang lalu, tapi saya masih malas mas..
embuh kyeh..
lagian denger dari tetangga ktanya ngantri, walah tambah males sayaaa...

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Semoga saja pelayanan menjadi bertambah baik dan cepat dengan e-ktp ini. Tempat saya belum ada undangan untuk pembaruan dengan e-ktp.

Ami mengatakan...

belum je

Ferdinand mengatakan...

Wah ditempatku malah belum ada haha... moga gak usah ada, jadi gak repot ke kelurahan aku, biarpun emank ku akui puyeng kadang karena KTP klo kita pindah2 masalahnya pak RT yg baru klo ditanya pasti sarannya dari pada ngurus KTP yg lama mending bikin baru, ujung2nya KTP kita buanyakkk...

catatan kecilku mengatakan...

"Kehebohanku" soal E-KTP sudah lewat pertengahan Oktober lalu hehehe.
Tapi aku belum sempat posting, ntar deh kapan2 aku posting.

r10 mengatakan...

belum ada program ektp di tempat saya

*ikutan TAR musti warga US
** warga indonesia kalau mau ikutan, daftarnya ke TAR asia

niee mengatakan...

Aku udah ngurusnya mas.. karena aku punya sk pelayanannya jadi tahu semenjak awal yg org2 pada gak ngantri.. sekeluarga aku bawa.. selesai deh.. tapi lihat sekarang kasian banget.. ngantrinya sampe tengah malam.. kalau aku seh nyalahin kecamatannya.. terlalu pengen dapet pujian bupati/walikota.. gak banget deh.. kan kasihan..

Masalah pungli di.daerah aku seh gak ada yak.. gak tahu deh daerah laen.. dan kalau gak pada masanya yg masal ini ektp ntar buatnya harus bayar loh mas.. jadi kalau udah dapet undangannya mending dibuat.. kan lumayan juga uangnya :D

Miss 'U mengatakan...

heuu... jadi ingat KTPku udah jebol...
udah ada yg mati, ada yg udah di matiin buat bikin surat pindah..
celakanya, surat pindah blom sempat2 dipake buat bikin KTP baru -___-a
*sy warga negara yang ngga jelas kependudukannya*

iam mengatakan...

Kalau soal E-KTP, di Bogor kayaknya belum kebagian mas. Jadi saya belum ngurus2 deh :D

attayaya-bono mengatakan...

aku malah belum buat ektp
tanya pak RT belum ada jadwal
ya nunggu aja deeh

Ninda Rahadi mengatakan...

iya saya udah dengar sih mas
tapi di daerah asal saya belum gencar tuh jadi ya saya belum ngurus yang baru ini

21inchs mengatakan...

KTP berlaku masih sampai 2013.
Setelah itu gak taulah, soalnya rumah belum punya.

alkatro mengatakan...

'.. kalo dipanjangin ntar malah dilipet-lipet..' masuk akal juga alasannya mas :D

ktp ane udah kedaluwarsa sejak 5 tahun yl, kalo ada satpol pp tinggal kabur saja he he

Kevin mengatakan...

bulan kemarin , saya sudah mengurus buat input data e-ktp karena memang sudah dapat undangan dari kelurahan. Karena tidak bisa diwakilkan saya terpaksa mengambil cuti satu hari kerja karena harus pulang dulu ke kampung halaman.


Salam,
Kevin
Blog : www.nostalgia-90an.com
Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an.

rabest mengatakan...

kemaren sempet ke kelurahan..niatnya mau ngurus duluan sebelum dipanggil, karena domisili di jogja, nggak taunya malah nggak bisa. kata mas-masnya kalo katepe yang NIK depannya 09. nggak bisa sekarang2 ini, harus nunggu masa berlakunya habis, terus siurus kayak biasanya..

lagian kalo udah poto, harus nunggu 4 bulan baru jadi katanya... lama bet yak?