Selasa, 08 November 2011

Daging Qurban, Bagi Dong!

Hari ini Iedul Adha masuk di hari ke tiga, yang artinya masih waktu berqurban. Entah hari ini masih ada acara pemotongan qurban atau tidak, yang jelas saya tidak kebagian seperti orang-orang yang bisa dapat dua sampai lima kantong. Hari minggu kemarin orang-orang ramai bakar-bakar sate, saya jalan-jalan ke mall nyari regulator kompor.


Qurban dan Kampanye

Acara qurban di masjid-masjid yang melibatkan banyak orang sebagai panitia memang tidak seperti qurban yang dilakukan perorangan. Acara memotong hewan qurban yang dilakukan sendiri di rumah biasanya saat pembagian pihak yang berqurban yang datang sendiri ke rumah-rumah tetangga mengantarkan daging hewan qurbannya. Tapi qurban yang diurus panitia mungkin karena binatang qurbannya banyak, maka yang sibuk mereka yang merasa berhak menerima daging. Biasanya memakai kupon yang dibagikan, tapi mungkin karena warga banyak yang tidak lagi percaya pada tukang bagi kupon, mereka sendiri yang akhirnya datang langsung untuk mengambil kupon itu. 

Saya tentu saja bukan orang yang berani meminta kupon, atau tepatnya saya malu meminta-minta apalagi pengalaman saya dengan daging qurban biasanya dikasih, maka yang terjadi adalah saya tak dapat bagian. Yang kasihan istri saya, karena tetangga kanan kiri bolak-balik memamerkan daging qurban yang didapatnya.

Kalau sudah tak kebagian seperti sekarang ini, saya jadi mikir kenapa tidak ikut membantu di masjid saat pemotongan, rasanya bisa dapat bagian kalau terlibat walau cuma membantu memegangi ekor sapi yang sedang dipotong. Mungkin bisa dilakukan tahun depan. Jadi bagi anda yang biasa jadi panitia qurban, jangan lupa tahun depan ajak saya.




12 komentar:

catatan kecilku mengatakan...

Aku tahun ini juga gak dapat daging qurban kok. Karena Minggu kemarin saat semua sibuk potong hewan qurban, aku malah pergi ke Jombang. :)

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

kalau disini dibagi rata jadi kebagian semua walaupun orangnya pergi akan disimpan dilemari es salah seorang tetangga

Opi mengatakan...

hahhaaa..emak gue pulang-pulang dari masjid langsung dapet sekantong gede..

mungkinkah dia ngabantu dengan megangin ekor sapinya pas dipotong ?? -..-

Mulyani - Ibunya Dini mengatakan...

hahahhahahah...kdang say aberfikir gitu juga kenapa tidak di ratakan.

kemarin sempet certia-cerita sama ponakan suami saya, dia setiap tahunnya gak pernah dapat sementara tetangganya ada yang dapat 2 atau . Saya sendiri jadi bingung kok iso...dan saya sarankan utk lapor pak RT..katanya gak usahlah malu-maluin. Tapi perasaan dia sedih juga, sedih bukan karna gak adapat dagin sedih karna pak RT kok gak adil.

Alhamdullilah kalau tempat saya tinggal rata, kalaupn ada yang gak dapat kupon di suruh lapor dan kami masing2 RT dibedakan warnanya agar bisa terdata.

Tempat saya aja daftar Om tahun depan, biasanya kalau panitia kurban jatahnya pasti dua

rusydi hikmawan mengatakan...

halaaaaah pake kampanye segala. kalo berkurban untuk nyari simpatisan, niatnya jadi udah berubah tuh. bilang ma pks. *sambilmarah2gakkaruan

rabest mengatakan...

hmmm...saya sendiri nggak begitu pengaruh mau dapet atau ngak daging qurbannya,..nggak begitu doyan sih, heheh

lagiyan kalo dipikir2, daging qurban itu sebenernya milik orang2 yang lebih berhak kok..

kalo niatnya mbantuin potong hewan Qurban buat daetin dagingnya, saya rasa perhitungan olehNya juga beda... :)

wallahu 'alam...

Ami mengatakan...

saya kurban gak minta jatah. eh dikasih bagian dari yayasan. tak kasihin ibu, tau beres udah mateng. gini Mas, kupon itu kan untuk mentertibkan, bukan untuk minta jatah. gak papa sih sebetulnya minta kupon

meilya dwiyanti mengatakan...

mas, di tempat saya rata loh mas, semua dapet, kalo engga ada orangnya, ya dititipin ke tetangga terdekat.

saya kemaren dari tetangga dapet 1, dari mesjid dapet 1, terus kami motong juga dapet, tapi kebanyakan saya bagi bagi lagi sama tetangga tetangga yang anaknya banyak, lah anakku cuman satu mas.. biarlah yang banyak anaknya yang dapet banyak, biar semua anaknya kenyang...

Muhammad A Vip mengatakan...

mbak reni:di jombang nggak dapet juga?
Lidya:lain tempat lain gaya
Opi:emak yang kuat
Bu Mul:dapat dua jadi panitia, oke juga. cuma ongkos ke sananya itu
Rusydi:jangan marah-marah
rabest:daging kambing bagus lho
Ami:besok minta deh
Meilya:sip deh...tahun depan kirim ke sini ya

Ocky Fajzar mengatakan...

kemaren pas lebaran ga berani keluar rumah, takut dikejar disangka kabur *eh

21inchs mengatakan...

saya dapat lumayan banyak lho mas.
mau dianterin ke tole iskandar?
basa basi.

niee mengatakan...

wah malu juga yak kalau kita masih mampu tapi ikut dapet kupon mas :P