Jumat, 03 Februari 2012

HIM Damsyik Atau Datuk Maringgih Yang Pergi

Tak kaget saya saat tadi pagi melihat di televisi kalau bintang film kawakan HIM Damsyik diberitakan meninggal. Bukan karena saya sudah beberapa kali menyimak kabar beliau sedang sakit, tapi lebih karena setahu saya pemeran Datuk Maringgih di sinetron Siti Nurbaya ini sudah sangat tua. Saya mengenalnya sejak jaman film Indonesia jaya yang waktu itu tentu saja saya masih kecil mungil. Dan sepertinya dari jaman dulu tampang beliau begitu-begitu saja.


Tokoh perfilman Indonesia ini sebetulnya sudah terkenal sejak sebelum memerankan sosok Datuk Maringgih yang menyebalkan itu. Tapi perannya sebagai Datuk licik itulah yang membuatnya sangat populer bahkan sampai nenek-nenek di kampung pun mengenalnya. Saya masih ingat dulu karena begitu pasnya beliau memerankan sosok Datuk Maringgih, ada seorang ibu-ibu yang menyambit layar televisi pakai sendal ketika melihat wajah Damsyik ada di layar monitor. 

Menurut saya beliau aktor yang biasa-biasa saja, perannya dari dulu di banyak film tak jauh beda antara film satu dengan film lainnya. Yang menarik darinya saya kira penampilannya yang tinggi kurus. Orang tinggi kurus atau gemuk seperti gentong dimana-mana selalu menarik perhatian orang. Sekarang pun saya kira banyak orang terkenal yang modalnya bawaan lahir semacam itu.

Selamat jalan om Damsyik, semoga damai di alam sana, saya di sini tak akan pernah lupa dengan banyak hal yang pernah anda lakukan dan saya saksikan. Semoga ada setasiun televisi yang mau memutar kembali serial sinetron Siti Nurbaya dalam waktu dekat ini, biar generasi muda sekarang tahu pernah ada sosok menyebalkan bernama Datuk Maringgih di negri ini pada suatu masa yang telah lalu.


15 komentar:

WAZZUB mengatakan...

inalillaahi wa inna ilaihi rooji'uun
bener juga mas,
kayaknya beliau termasuk tipe 'wajah awet tua' hehe

Muhammad A Vip mengatakan...

wazzub:hahaha

Ferdinand mengatakan...

Selamat Jalan Mbah Kakung, semoga dirimu tenang disana AMIN....

Aku familiar ama wajahnya pas dia main di Warkop DKI sob, klo pas Sitti Nurbaya aku gak tau hahaha... soalnya udah gak diputer ulang sih, klo Warkop kan sering diputer ulang haha... jadi lama2 hafal

Muhammad A Vip mengatakan...

Ferdi:hahaha...penggemar warkop kita rupanya

Claude C Kenni mengatakan...

RIP...

Selaen di Warkop, dia juga sering maen di film setannya Suzanna...jadi hansip...hahaha

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

dia aktor yg hebat lho. sampai dibenci ibu2 gitu. berarti aktingnya emang keren

Lyliana Thia mengatakan...

innalillahi wa inna ilaihi roji'un

semoga beliau tenang disisiNya... amin..

paling berkesan bagiku peran beliau sebagai Datuk Maringgih sih...

Sobat Bercahaya mengatakan...

Selamat jalan datuh :(

ada beberapa blogger yg manggil aku datuk #HustGaTanyaYa...

susu segar mengatakan...

innalillahi wainnalilaihi roji'un.. . moga diterima amal ibadahnya disisih tuhan ya. . . datuk maringgih

fahrizal mengatakan...

Innalillahi wainailaihi rojiun ... saya tau pak hemdansik dari warkop ... semoga bahagia dalam menempuh hidup barunya Amin ...

Zippy mengatakan...

Turut berduka atas kepergian beliau.
Walaupun udah tiada, pasti hasil karyanya selama hidup akan selalu dikenang :)

Saya sih lebih familiar saat beliau main di warkop dki :D

pentingkagak mengatakan...

kasihan yah..

Obat Sakit 2011 mengatakan...

semoga arwahnya diterima Alloh SWT

Ario Antoko mengatakan...

inna lillahi wa rajioon

aku mengenalnya sebagai datuk maringgih, kalau warkop aku ga suka nonton

Muhammad A Vip mengatakan...

Claude:ya, dia juga sering berperan jadi dukun
Fany:tapi tampangnya juga nyebelin hahaha
Lyli:ya, dia ngetop banget jadi datuk
Sobat:halo datuh
susu:semoga malaikat tidak salah hisab
Fahri:semoga
Zippy:banyak penggemar warkop di sini
pentingkagak:kasihan?
Tomo:yayaya
Ario:ternyata ada yang gak suka warkop