Jumat, 08 Juni 2012

Akhirnya, Euro 2012

Ibarat kata, saya sudah lagi nongkrong di teras rumah. Tinggal nunggu pintu dibuka dan saya masuk ikut jejingkrakan. Ya, nanti malam pesta sepakbola empat tahunan akan dibuka. Perhelatan adu bal-balan negara-negara se-Eropa alias Euro 2012 tepatnya jam sebelas malam nanti pluit pertandingan pertama antara Polandia melawan Yunani akan ditiup kuat-kuat oleh wasit. Tak hanya orang Eropa tentunya yang bakal sibuk melek menyaksikan orang berebut bola, di Indonesia pun sudah pasti akan ada aksi begadang nonton bareng sampai ribut.


Soal ribut memang bakat orang Indonesia, tapi semoga saja tidak sampai ada bunuh-bunuhan. Saya sendiri sudah yakin tak akan ikut ribut-ributan, karena lebih suka nonton sendiri dan pilih-pilih pertandingan. Saya tak suka jago-jagoan, bagi saya menyaksikan orang berebut bola dengan mengindahkan aturan lebih asyik daripada tebak-tebakan skor atau mendukung salah satu negara. Itung-itung belajar bagaimana hidup dalam persaingan yang sengit.

Saya akrab dengan sepakbola sudah sejak kecil, mengenal Piala Dunia pun sudah sejak bayi, tapi soal Piala Eropa seingat saya baru pada tahun 1996 saat berlangsung di Inggris saya benar-benar menyadari keberlangsungannya. Sejak saat itu banyak nama-nama pemain sepakbola eropa saya hafal. Bahkan saya sempat menghayal jadi pemain sepakbola pertama dari Indonesia yang jadi pemain top di Eropa.

Piala Eropa 2012 ini adalah penyelenggaraan ke-14 dengan dua negara menjadi tuan rumah, yaitu Polandia dan Ukraina. Perhelatan yang diikuti 16 negara ini akan berlangsung kurang-lebih sebulan,  dalam waktu itu akan banyak cerita yang biasanya akan selalu menarik untuk dijadikan bahan obrolan di tahun-tahun yang panjang. 

Salah satu cerita itu adalah keramaian di gang-gang perkampungan. Tak hanya di kota, bahkan di desa terpencil akan selalu ramai setiap menjelang pertandingan, meski berlangsung tengah malam hingga dini hari. Biasanya untuk pertandingan-pertandingan awal masih pakai televisi, tapi nanti saat semifinal dan final biasanya ada dana besar untuk sewa layar. 

Bayangkan saudara, andai pertandingan berlangsung siang hari bolong dan seluruh penggila sepakbola sedunia pada waktu bersamaan nongkrong di depan layar televisi, akan seperti apa jalanan yang biasanya macet di Jakarta.

16 komentar:

Cak Tomo mengatakan...

yupz
Semoga Belanda yang menang cak kali ini

alkatro mengatakan...

siap siap wedang kopi sama gorengan dulu mas
dan semoga dicanangkan hari libur nonton bola nasional hehehe

Rawins mengatakan...

addaaawww...
aku ga ngerti bola
angkat tangan duluan dah...

Gembel Symbian mengatakan...

ngedukung yunani om

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah begadang dong.

Fajar mengatakan...

siap kan kopi.. dan gorengan..

Stupid monkey mengatakan...

kl tayangannya siang, jakarta akan lancar selancar2 nya sob, itu gw tunggu banget tuh, hahaha:D

diniehz mengatakan...

Iya ya, coba aja siang. Saya tipikal perempuan kadang2 kalo utk urusan bola. Maksudnya, kadang bisa doyan, kadang gak sama sekali. Kalo udah nongton timnas maen misalnya, kayak yg lawan intermilan kemaren, bisa heboh sekelurahan hahaha. Utk euro, tampaknya saya blm punya tim paporit hehehe. Makluum, kan perempuan kadang2 :p

Ugahari Nurul mengatakan...

hahahah, kalo siang bolong kantor2 pd sepi soalnya milih nonton bola daripada kerja :p

affanibnu mengatakan...

jangan lupakan ada olimpiade london yang memasukkan nama indonesia juga..!

Dihas Enrico mengatakan...

saya jagoin Russia....
:)

niee mengatakan...

aku baru bener nonton euro tahun 2004 setelah 2002 suka dengan bola pas piala dunia korea-jepang :D

iya neh, aku juga sekarang milih milih pertandingannya, lagian gak mampu boookk mau begadang setiap hari.. apalagi sekarang euronya pas di asrama :(

Darussalam OKU Selatan mengatakan...

Nyimak saja mas, kalo pertandingan bola seneng pas liat lagi goal aja, orang-orang kan pada heboh, yg lagi punya hutang lupa ma hutangnya, yg lagi pusing mikirin negara lupa ma kepentingannya, untung aja yg punya istri gak lupa ma istrinya.....he.he.he.

BlogS of Hariyanto mengatakan...

selamat berpesta bola :)

Muhammad A Vip mengatakan...

sepertinya akan ada kejutan di euro sekarang, mari nonton terus

r10 mengatakan...

euro lebih ktat dari pd