Senin, 30 Juli 2012

Maaf, Saya Puasa

Sepuluh hari sudah puasa dijalani dan seperti pada bulan puasa sebelumnya suasananya sudah tak lagi seperti di awal bulan. Kalau di awal puasa seolah semua orang berpuasa, kini suasananya sudah pulih seperti hari-hari biasa di luar puasa. Warung makan sudah pada buka, di jalanan orang makan-minum sudah asyik-asyik saja. Bermasalahkah bagi saya? Tidak!


Sudah jelas bahwa seruan puasa bukan ditujukan pada seluruh manusia, tapi khusus untuk orang yang beriman. Jadi tak ada alasan menyalahkan orang-orang tak berpuasa itu. Yang salah justru mereka orang yang mengaku puasa tapi mengeluhkan keadaan lingkungan yang dianggapnya tidak menghargai orang berpuasa. Salah karena semestinya orang yang berpuasalah yang menghormati orang-orang yang tidak berpuasa, bukankah orang beriman itu ilmunya lebih dari manusia kebanyakan yang tentunya harus lebih memahami keadaan.

Rasanya sudah lazim dalam pergaulan kalau ada yang tidak puasa lalu makan di depan yang berpuasa sebelum makan dia akan mengucapkan kata "maaf" pada yang berpuasa. Bagi saya kenyataan semacam ini membingungkan, apa salahnya dia sehingga harus meminta maaf, bukankah dia tidak berpuasa sehingga wajar kalau kemudian makan di siang hari. Maka akan saya kembalikan "maaf"-nya itu dan saya kemudian yang meminta maaf karena telah membuatnya merasa tidak nyaman.

Lebih dari itu justru saya berterimakasih, karena dengan adanya orang disekitar saya yang makan minum disaat saya berpuasa, puasa saya jadi bernilai. Sama seperti orang yang berpuasa dengan terus bekerja berat seharian, jelas nilai puasanya bila dibanding dengan orang yang mengaku puasa tapi seharian hanya tidur. Sampai di sini saya jadi membayangkan diri tinggal di negri yang tak ada muslimnya satupun, pasti kalau saya puasa di sana puasa saya akan lebih nilainya.


18 komentar:

a.i.r mengatakan...

benar juga kang..
buat apa minta maaf, wong semua orang sudah tahu ini bulan puasa.. :)

cukup katakan, saya sedang puasa saja..

mungkin itu sebuah budaya agar orang tidak cepat tersinggung.. :D

Muhammad A Vip mengatakan...

AIR:orang indonesia gampang minta maaf dan gampang berbuat salah

Rawins mengatakan...

ya gapapa juga lah pake maaf
namanya juga bangsa timur raya...

alkatro mengatakan...

padahal belum lebarannya masih lama ya mas :D
idem sama kang rawins :)

CORETAN HIDUP mengatakan...

Benar sekali. Puasa seharusnya menjadikan kita utk lebih menjadi mandiri dan tdk mengeluh dgn lingkungan sekitar yg penuh dgn segala yg tdk mendukung

Terapi Qolbu mengatakan...

Puasa atau tidak itu hanya suasana saat ini, baik jika puasa yakni menahan diri itu kita ciptakan juga di bulan2 yang lain, salam sukses ya kawan...:)

Ami mengatakan...

Kalimatnya okeee banget. Kelompok lain marah-marah kalo ada warung buka, sambil bawa spanduk Rhoma Irama yang bertuliskan TERLALU

mas Avip ini malah merasa lebih bernilai puasanya. saluuut

minta alamatnya ke ratnawatiutami@yahoo.com yah, tx

yusrandante mengatakan...

wah saya juga puasa....

hehehe..

itu sudah cukupp

RIAN Ra-kun mengatakan...

justru puasa di antar orang yang tidak itu baru benar-benar rasa puasa. cuma orang lemah yang minta orang lain tidak makan dan minum di sekitarnya saat dia puasa.

Miftahgeek mengatakan...

Tantangannya jadi nambah tuh, kudu inget kalo lagi puasa, takutnya dengan banyaknya manusia yang berkeliaran makan eh ikutan makan XD

Popi mengatakan...

tapi jangan terus dipelototi/dipandangi dalem2 orang yg lagi jilati es krim magnum ya?

Kang Artha mengatakan...

Selamat Puasa ya kang

Nedi Arwandi mengatakan...

beruntung orang yang bersabar dalam puasanya, namun lebih beruntung lagi orang yang berpuasa dan ia semakin peka dengan ' lambung " nya kaum papa

BlogS of Hariyanto mengatakan...

setuju sekali sobat :)

Obat Sakit mengatakan...

Alhmadulillah sudah puasa yang kesekian
Tiada terasa rasanya ibadah puasa hampir mendekati separuhnya.
Kalau kata saya sedang puasa biasanya terucap kalau ada hal-hal yang bisa membatalkan puasa biasanya.

Selamat sahur
Selamat beribadah puasa

zan mengatakan...

baiklah saya maafkan hehehe...
minta maaf bukan berarti kita salahkan...

NURA mengatakan...

asalamualaikum
jelaslah ini kan bulan puasa
tapi lebih baik kok minta maaf sebelumnya.

Popi mengatakan...

pasti lagi puasa nge-blog nih sekarang!