Rabu, 06 Maret 2013

Jokowi For Presiden ?

Sempat membaca berita sekilas tentang kesiapan Menteri BUMN Dahlan Iskan menjadi Presiden Indonesia mendatang jika retingnya bagus, saya jadi ingat Jokowi alias Joko Widodo Gubernur DKI. Sebagaimana beberapa kali jadi bahan diskusi di JakTV, Jokowi konon menempati urutan pertama dalam polling calon presiden yang diinginkan warga. Bahkan ada seorang waarga Jawa Barat yang lewat telpon dalam acara di JakTV mengatakan Jokowi adalah utusan Tuhan yang akan membenahi Indonesia. Dan rasanya benar Jokowi sedang disukai banyak orang Indonesia.


Pemberitaan terus-menerus tentang gaya kerjanya yang tidak sama dengan umumnya pejabat publik negri ini telah membuat Jokowi disanjung sedemikian rupa. Soal belum berhasilnya mengatasi kemacetan dan banjir Jakarta, saya rasa orang-orang bisa memakluminya, apalagi belum satu semester beliau kerja. Lagi pula orang-orang beriman akan menilai manusia dari bagaimana seseorang bekarja, bukan hasilnya, karena hasil urusan Tuhan.

Tapi meski saya mendukung gagasan Jokowi jadi presiden, saya rasa tidak semestinya beliau yang baru menjabat jadi gubernur diojok-ojok agar jadi presiden. PDIP sebagai keluarganya Jokowi dalam hal ini wajib menjaga asetnya, harus sabar sampai waktunya benar-benar tepat. Rakyat harus diberi kesempatan menilai dengan nalar, tidak dibiarkan emosional. 

Dahlan Iskan dulu pernah dipuji-puji sebelum muncul fenomena Jokowi di Jakarta, tapi saya kira sekarang sudah tenggelam, apalagi pemberitaan tentang dirinya belakangan kurang mengangkat pamornya. Aburizal Bakri, jauh kemana-mana. Hatta Rajasa, anaknya lebih payah dari Tommy Suharto (Tommy ngebut di sirkuit, anaknya Hatta ngebut di jalan umum). Prabowo, sepertinya akan menemui banyak hambatan. Tapi siapapun presiden Indonesia yang terpilih di 2014 nanti, saya tidak setuju Jokowi orangnya. Karena kalau Jokowi bekerja dengan cara seperti sekarang sebagai Gubernur DKI, saya yakin pamor beliau akan semakin luar biasa di pemilu presiden 2019 nanti dan akan lebih mulus jalannya. Karena saya yakin, orang seperti Jokowi tak mungkin dibentuk secara instan, jadi dalam waktu dekat akan sulit mendapati sosok yang mengunggulinya.

Kepada pendukung Jokowi, sabar dan sabar. Kepada yang masih belum suka dengan Jokowi, silahkan membaca kenyataan, cari orang terbaik kalian dan angkat setinggi-tingginya. Negeri ini sedang butuh orang-orang yang benar-benar bekerja bukan untuk sekedar uang dan kemewahan, kalau sosok tulus itu ada mari kita suarakan keberadaannya, kita pelihara demi masa depan bersama.

9 komentar:

zachflazz mengatakan...

saya agak miris karena ARB katanya lagi ngedeketin Pak Jokowi buat jadi cawapresnya. payah kan?

Claude C Kenni mengatakan...

Kelihatannya sulit. Biar bagaimana pun juga di Indonesia ini duit masih lebih berkuasa daripada logika. Dan lagian bagusnya Jokowi membuktikan kinerja dia dulu membenahi Jakarta sebelum mencalonkan diri jadi presiden...

alkatro mengatakan...

pak de joko wi memang bukanlah org sempurna, tetapi seandainya ada 50 pejabat spt pak dhe Jokowi
mungkin negri qt bs lebih idup drpd masa skrg.. :mg bukan ngimpi :D

Rawins mengatakan...

orang kok senengnya pada numpang anget
biarin aja atuh jokowi disuruh kerja dulu yang bener
belum juga apa apa udah mau dicabut gitu...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

bagus sih kalo bisa terpilih tapi apakah memungkinkan? karena ada juga orang2 yg gak suka Jokowi terutama mereka yg didepak dari jabatannya.

Pesta ulang tahun mengatakan...

oraang baik seperti pak jokowi pastinya banyaak yg iri ingin menjadi sperti dirinya ...

tomo mengatakan...

Merakyat, mau turun ke masyarakat sosok JOKOWI itulah aku suka

r10 mengatakan...

aku ngefans jokowi

r10 mengatakan...

maksudnya aku ga ngefans jokowi -- hadeeh kepencet publish :toe: