Rabu, 19 Juni 2013

Domba Garut

Jalan-jalan ke Lapangan Banteng melihat acara Pameran Flora dan Fauna 2013 ternyata ketemu dengan domba. Bukan Zaenal Abidin Domba yang pemain sinetron, tapi domba sejenis kambing atau wedus. Namanya acara Flora dan Fauna pasti tak bingung kalau ketemu dengan domba yang sejenis fauna, yang bingung adalah membedakan domba dengan kambing. Sebenarnya apa beda keduanya?



Domba yang saya temui ternyata bukan sembarang domba, ini Domba Garut. Domba yang konon hanya untuk aduan. Domba jenis ini juga konon hanya ada di Garut, Jawa Barat. Entah benar atau tidak, yang jelas domba yang sangat menarik perhatian karena memiliki tanduk panjang yang indah dan tidak berkuping panjang ini harganya mahal. Saya tak sempat bertanya pada penjaganya, berapa harga pasarannya karena takut merasa miskin.  Tapi saya yakin kalau domba ini harganya mahal karena dari tampilannya saja unik. Domba Garut ini  tidak memiliki daun telinga lebar bahkan karena begitu kecilnya sampai seperti tidak punya kuping.

Ada saja di negri ini ternyata, lalu dengan harga yang mahal begitu apakah domba ini juga sama seperti domba lain yang disembelih dan bikin sate, atau dijadikan hewan qurban saat Lebaran Haji?

4 komentar:

Dihas Enrico mengatakan...

Domba adalah kambing yang orang garut sebut domba...
hhahaaa.....
:)

Brebes VS Lamongan mengatakan...

wah dombanya sangat bagus mas lain di tmpt km trmksih mas dah berbagi

Muhammad A Vip mengatakan...

Dihas:lalu wedus apa dong?
Wong brebes:oke lah kalo begitu

jamu pelangsing aman mengatakan...

domba garut sangat baik buat qurban