Sabtu, 01 Juni 2013

Pancasila Lahir Kembali?

Melihat kalender pagi ini, ternyata sudah bulan Juni tepatnya tanggal satu. Melihat baris-baris angka yang warnanya ada yang hitam dan merah itu di bagian bawahnya ada baris-baris huruf kecil yang ternyata keterangan, di baris pertama keterangannya : 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Wow, saya langsug berpikir Pancasila lahir kembali.


Saya tahu Pancasila lahir sekian puluh tahun lalu dan hari ini adalah peringatan kelahiranya. Tapi terus terang saya lebih berharap sekarang adalah hari lahirnya Pancasila. Katakanlah Pancasila lahir kembali.

Lagipula Pacasila yang lama kalau mau dicari-cari sekarang entah dimana rimbanya, di tengah masyarakat sudah tidak ada. Bahkan ayat Pancasila yang lima saja kalau ditanyakan kepada diri sendiri jujur sudah sulit sekali mengingatnya.

Jadi harapannya hari ini Pacasila lahir kembali sebagai bayi yang menggemaskan, yang semua orang ingin menggendongnya. Bukan sebagai sosok dewasa yang tidak jelas penghasilannya tapi ingin dihormati sehinga menyebalkan dan dikucilkan orang banyak. 


Cuma kalau lahir kembali, lahirnnya di rumah sakit mana dan siapa bidannya. Ternyata pusing juga harus mencari-cari.

3 komentar:

alkatro mengatakan...

nek ada hari lahir , ada hari kematiannya gak mas :D
banyak simbol masalalu
yang kini tersisa tinggal tulisannya saja

Suratno Kenthus mengatakan...

Menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai warga Indonesia agar Pancasila tetap Sakti

Muhammad A Vip mengatakan...

alkatro:ada dong, tapi gak usah diomongin, cukuplah ditahlili hahaha
Suratno:pancasila sakti ya mas, salam deh