Jumat, 19 Juli 2013

Pelukis Jalanan, Pelukis Wajah

Kalau anda jalan-jalan ke kawasan Kota Tua lalu tiba-tiba anda ingin beli barang elektronik kemudian bergegas berjalan kaki ke arah Glodok sangat mungkin anda melihat mereka. Mereka para pelukis wajah yang mangkal di pinggir jalan depan pertokoan lama arah Pancoran dari Museum Bank Mandiri. Mereka adalah sekelompok pelukis yang siap dibayar untuk melukis gambar diri anda. 


Saya sebagai orang yang merasa kalau difoto hasilnya tak sesuai aslinya jelas tak pernah menggunakan jasa mereka, tapi sebagai orang yang gemar menikmati kemampuan orang-orang terampil, melihat mereka melakukan pekerjaan mereka sangatlah menghibur. Setidaknya mengingatkan diri di masa kanak-kanak ketika hari-hari diisi dengan menggambar dan menggambar.

Ya, dulu saat masih kecil saya dikenal sebagai tukang gambar. Lantai rumah tak pernah kosong dari gambar-gambar dari kapur tulis. Buku sekolah isinya gambar bukan tulisan. Dan kalau ada tugas menggambar pasti nilainya delapan. Sampai saat di bangku esempe sempat terpikir ingin jadi tukang gambar untuk Lembar Bergambar harian Pos Kota, sayang gagal total.

Itu masa lalu, sekarang entah mengapa tak pernah mencoba untuk melukis lagi, padahal ingin. Tentu bukan pelukis wajah dan mangkal di pinggir jalan, karena saya orang yang tak bisa konsentrasi saat bekerja ditunggui atau ditonton banyak orang. Saya orang yang biasa bekerja dalam sunyi.

Kepada pembaca yang siapa tahu adalah pelukis-pelukis teman dari bapak yang ada di dalam foto, tolong dong kasih tahu bagaimana caranya agar saya tidak grogi saat bekerja di tempat umum. Nanti saya bantu cari order deh...

8 komentar:

capung2 mengatakan...

saya termasuk org yang gag bisa kalo sedang bekerja diliatin.. suka grogian,

mereka adlh pelukis jalanan yg hebat krn hasil karyanya cukup bagus..

HP Yitno mengatakan...

Keluargaku nggak yang jadi pelukis sob. Jadi nggak bisa ngasih tahu tekniknya. Blogku di order-in dong sob, biar makin rame dan dapat penghasilan gitu hehehe

BlogS Of Hariyanto mengatakan...

bismillah saja sobat sebelum mencari rejeki, insya ALLAH semua akan dimudahkan jalannya oleh ALLAH SWT...salam :-)

Ratnawati Utami mengatakan...

Kalo ditutupin tenda gimana, biar dapat wangsit dan gambarnya cepat selesai? :D

Tiara Putri mengatakan...

iiih aku mau nih lukisan sketsa atau karikatur gini :O
hhihhi itu soal jam terbang kali ya :D makin tinggi makin gg grogi

the others mengatakan...

Ayo dong lanjutkan melukis lagi... utk mengisi waktu dan sarana refreshing yang menyenangkan.

the others mengatakan...

Nanti kalau sudah mulai melukis lagi... jangan lupa hasil lukisannya dipajang juga ya di blog. Pengen banget liat hasil coretannya nih.

BlogS Of Hariyanto mengatakan...

hadir lagi cari pelukis wajahku :-)