Senin, 23 September 2013

Timnas Indonesia Akhirnya Juara

Setelah bertahun-tahun diarep-arep akhirnya saat itu hadir juga, tim sepakbola negara kita tercinta menjadi juara di sebuah turnamen antar negara. Semalam dalam pertandingan final yang panjang anak-anak muda yang dilatih Indra Sjafri memenangkan pertandingan melawan Timnas Vietnam dan berhak meraih gelar juara di Piala AFF U-19 2013. Walau sang juara ini bukan tim senior tapi tetap saja pencapaiannya layak di-hore-hore dan dibicarakan. 


Sudah berpuluh tahun sepakbola negeri ini terpuruk dan dikutuk-kutuk, bermacam program dibuat dengan hasil yang nihil hingga kisruh PSSI benar-benar membuat wajah sepakbola begitu suram. Jangankan berprestasi di tingkat dunia, di kawasan Asia Tenggara saja sepakbola kita tak ada apa-apanya. Bahkan dengan memasukkan pemain-pemain impor timnas terus-menerus kandas.

Dan tiba-tiba kini dalam turnamen yang pesertanya anak-anak yang belum dikenal, dari kawasan yang jauh di Sidoarjo Jawa Timur, sepakbola nasional yang kering kerontang akhirnya mendapat cucuran gerimis dari langit. Ya, cuma gerimis bukan hujan lebat, karena belum tim senior pemenangnya. Menangnya Timnas U-19 ini sekedar pertanda bahwa sepakbola Indonesia punya tunas yang siap tumbuh menjadi besar.

Anak-anak yang semuanya produk lokal itu dalam beberapa pertandingan yang saya saksikan benar-benar bisa diharapkan. Permainan mereka enak ditonton, dengan gaya yang lepas seperti pemain-pemain top di liga-liga luar negeri, mereka layak dapat perhatian dan pembinaan dari PSSI. Lupakan impor pemain, karena di negara yang penduduknya melimpah ini sebenarnya bisa dibentuk puluhan tim nasional berkelas seandainya benar pengurusannya. 

Ayo angkat pialanya, dan tendang terus bolanya.

8 komentar:

Intan Sudibjo mengatakan...

saya sempat berdebar-debar waktu melihat adu pinalti huuu :o

Rawins mengatakan...

nah gitu dong sekali kali juara
jangan tawuran penonton terus yang digedein

Obat Sakit mengatakan...

hidup Indonesia

Muhammad Affip mengatakan...

intan: saya juga merasakan tanda2 akan kalah ketika pamain kita sering berlaku kasar, saya berpikir pemain kita tertekan mentalnya
rawin: jangan2 vietnam kalah karena takut ditawur?
tomo: hidooop

Muroi El-Barezy mengatakan...

saya ga sempet nonton pertandinganny amas, tapi ikut bangga da bahagia atas keberhasilan timnas U-19 ini, bravo Garuda Muda

duniaely mengatakan...

wah .. selamat buat tim Indonesia :)

Dihas Enrico mengatakan...

jebreeeeeeeet.....
goal sodara-sodara.....
thanks Timnas, kau sudah memberi hiburan yg menarik dan kado yg menyenangkan....

Muhammad Affip mengatakan...

Muroi:saya juga gak nonton dari awal, tapi bagian akhirnya nonton karena mendebarkan
Mbak Ely:layak dapat selamat memang
Dihas:jebret... (begitu saja jadi berita haha)