Minggu, 15 Juni 2014

Senjakala Timnas Spanyol?

Banyak yang melihat Spanyol masih memiliki tim sepakbola hebat hingga saat ini. Dan pada kenyataannya memang demikian, di sana masih berkumpul pemain-pemain kelas dunia. Maka banyaknya orang yang memprediksi Spanyol masih akan berjaya di World Cup 2014 ini saya kira wajar. Tapi saya pikir hidup itu ada masanya, dan saya rasa masa kejayaan mereka akan diperhitungkan di Brasil , apakah mereka masih pemuncak atau sudah harus berada di masa turun pamor.


Kalau hitung-hitungannya adalah pemain-pemain hebat, apa kurangnya Brasil, Argentina, Jerman dan tim-tim negara lain yang tak pernah kekurangan bakat-bakat hebat. Tapi hidup memang ada masanya. Prancis berada di puncak pada kurun waktu 1998-2000an awal, setelah itu walau masih diisi pemain-pemain hebat yang menjadi bagian dari masa kejayaan mereka di masa sebelumnya, tapi ketika masanya harus turun kelas, takdirpun tak bisa dilawan.

Dan baru saja Spanyol digulung Belanda 5-1 di pertandingan pembuka Grup B. Siapa yang menyangka akan ada "Amuk Belanda" seperti itu. Saya yakin kalaupun ada yang memprediksi Spanyol kalah dari Belanda, hitung-hitungan skornya tak setelak itu. Apakah ini tanda yang jelas dari turun pamornya Spanyol, tentu saja masih terlalu dini mengomentarinya, sebab Spanyol pada Piala Dunia 2010 pun kalah di pertandingan awal dari Swiss.

Tapi tetap saya menganggap masa Spanyol sudah hampir lewat. Merajai Eropa dan Dunia dengan sekumpulan bakat-bakat hebat pada kurun waktu yang lumayan panjang pasti telah membuat para malaikat bosan (haha). Mungkin saja mereka akan bangkit di pertandingan berikut, lalu melaju sampai final tapi kemungkinan menjadi juara saya yakin presentasenya di bawah lima puluh. Walau sebenarnya saya tak yakin Spanyol akan sampai ke final, dulu Prancis sebagai tim juara (Piala Dunia 2002) gagal di fase grup.


Jadi bagi para penggemar Spanyol, tak perlulah seperti para pendukung capres kita yang seperti orang tak waras. Sepakbola adalah olahraga yang penuh kesadaran. Di sana orang-orang berebut bola untuk saling mengalahkan, tapi semua sekedar permainan asah ketrampilan dan kemampuan bekerja sama dalam tim, sedangkan selebihnya sekedar bersenang-senang. Jadi menikmati saja permainan bagus sambil belajar tentang bagaimana mestinya hidup bersama. 

Memang kadang emosi kita mudah larut. Saya sering sampai mengalami stress dalam waktu lama dulu setiap kali tim andalan kalah. Maka maklum juga kalau ada yang sampai memaki bahkan berantem dengan pendukung tim lain. Tapi hidup sekali lagi ada masanya; ada masa kanak-kanak dan ada masa harus dewasa. 

Hidup Piala Dunia, dan menuju akherat!

6 komentar:

Obat Sakit mengatakan...

semoga spanyol tidak lolos

Seputar Dunia Ponsel dan HP mengatakan...

belanda memang hebat
pak robben mantep cak

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

Semoga Inggris juara, Mas. =D

pakde sulas mengatakan...

mungkin masih demam lapangan, jadi mudah panik, sehingga menelan kekalahan yang besar, tetapi...masah ada beberapa pertandingan lagi...siapa tahu?

Muhammad Affip mengatakan...

tomo: Roben juga Van Persie dong.
Nuel: inggris kayaknya sudah habis
Pakde: masa sih pakde?

Wahyu Eka Prasetiyarini mengatakan...

kasihan juga ya spanyol dibantai habis habisan sama belanda :D
penjajah memang keren main bola nya :D