Jumat, 10 November 2017

HARI PAHLAWAN: SEPI AJE

Salah satu tanggal yang mudah teringat bagi saya selain tanggal 17 Agustus adalah tanggal 10 November. Tanggal-tanggal peringatan yang berkaitan dengan zaman kemerdekaan atau zaman perang mudah teringat mungkin karena pada masa kecil saya seiring menonton filem-filem perang kemerdekaan. Dulu pada masa jayanya perfileman nasional filem bertema perang sering diproduksi dan TVRI pada hari-hari tertentu menayangkannya untuk pemirsa. Mereka yang seangkatan dengan saya dipastikan ingat filem-filem fenomenal seperti Janur Kuning, Serangan Fajar dan G30SPKI. Di mana filem-filem itu sekarang?


Beberapa waktu lalu filem G30SPKI yang semenjak era reformasi dikubur secara menggemparkan muncul lagi dan jadi tontonan massal. Bagi penggemar filem, apalagi ini filem bagus  tentu saja membuat saya antusias menyambut hadir kembalinya filem tentang masa berakhirnya Orde Lama itu. Lalu ada harapan setelah itu Janur Kuning pun ikut nongol lagi dan filem-filem lainnya, namun sepertinya harapan itu bertepuk sebelah tangan, saya ingin di Hari Pahlawan ada nonton bareng filem SOERABAIA 45: MERDEKA ATAU MATI ternyata tidak ada.


Padahal apa yang diprakarsai oleh TNI Angkatan Darat lalu adalah sesuatu yang saya anggap positif. Filem bukan sekedar hiburan, filem juga mengandung pelajaran dan bisa jadi alat pembangkit semangat. Orang bisa belajar bayak hal dari filem-filem bagus, dan menonton filem ramai-ramai pun bisa jadi sarana untuk bersilaturahim. Ah, rasanya rindu dengan masa-masa dulu ketika sering ada pertunjukan layar tancap atau bioskop keliling misbar.

Harusnya negara urus dengan hal semacam ini, dan rasanya memang peduli cuma entah mengapa hasilnya tidak jelas. Di Jakarta setahu saya ada puluhan mobil bioskop keliling, andai di tiap kabupaten ada satu saja mobil bioskop keliling dan rutin menggelar tontonan gtaris pada hari-hari penting nasional pastinya bisa membantu warga mengenali hari-hari penting di negaranya.  Mestinya kemarin malam digelar nobar filem SOERABAIA 45, di Hari Kartini nanti memutar filem KARTINI dan seterusnya, masa begitu saja musti nunggu saya jadi Menteri Kebudayaan.




2 komentar:

Brian Prasetyawan mengatakan...

Wah... saya malah baru tau ada film Soerabaia 45. ckckck..... Bener tuh harusnya diadakan nonton film itu. Jadi Hari Pahlawan terasa peringatannya dan tidak sekedar lewat saja

Muhammad A Vip mengatakan...

DAPAT PIALA CITRA SUTRADARANYA