Senin, 13 November 2017

KELUARGA DI HKN KE-53

Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku. Begitulah tema Hari Kesehatan Nasional ke-53 di tahun 2017. Kenapa keluarga? Mungkin karena keluarga adalah miniatur negara. Untuk menyehatkan negara, cara paling ideal tentu saja dimulai dari menyehatkan keluarga.


Keluarga dalam artian rumah tangga jadi tema besar HKN ke-53 saya kira tepat karena kondisi keluarga-keluarga di negara ini bisa dibilang memperihatinkan. Entah karena tuntutan hidup yang keras terutama dalam hal ekonomi sehingga hubungan keluarga sangat renggang. Orang tua karena sibuk tak peduli anak-anak makan apa, anak-anak sekedar diberi uang dan dibiarkan jajan sembarangan. Orang tua yang sibuk pun makan sesukanya.


Kondisi semacam ini ternyata di kota dan di desa sama saja. Kenyataan ini bisa dilihat dengan makin banyaknya pedagang makanan yang mangkal di pinggir jalan. Jalanan yang penuh debu dan asap kenalpot tentu saja penting diperhatikan ketika membeli makanan siap saji.  Sayang kondisi di lapangan menunjukkan seakan orang-orang tidak peduli dengan kesehatan.


Makan di luar kini telah jadi budaya. Orang tua bekerja, makan di tempat kerja. Anak-anak sekolah, makan di sekolah. Makanan dibeli dari pedagang yang tidak mungkin diketahui dengan pasti kualitas makanannya. Semoga keperihatianan pada hal ini yang menjadikan "keluarga"  kini diangkat dan dijadikan tema HKN 2017.

Tidak ada komentar: