Sabtu, 07 April 2018

TRADISI MENGENANG MASA LALU


Akhir pekan dan dapat undangan selametan. Selametan dalam rangka khaul—mengenang satu tahun meninnggalnya seorang kerabat.  Tak ada yang istimewa tentu saja dalam peristiwa ini.  karena acara semacam ini sering sekali diadakan (setidaknya saya rasakan beberapa tahun belakanngan ini). Cuma saja ada yang selalu jadi pikiran setiap ada khaul, yaitu kenapa tradisi ini sepertinya kini menjadi umum, padahal dulu hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu.
 
Bisa jadi jawaban untuk pertanyaan saya di atas adalah karena kemakmuran, sekarang sebagian orang sudah punya banyak uang sebagaimana hampir setiap rumah kini bisa memiliki pesawat televisi, punya sepeda motor dan hampir semua orang ke mana-mana membawa telepon. Maka setahun sekali berbagi dengan tetangga bukan lagi sesuatu yang berat dong.

Khaul, acara tahunan ini tentunya bukan sekedar acara tahlilan atau kirim doa kepada arwah. Khaul adalah bagian dari tradisi mengenang masa lalu. Khaul para kiai biasanya diadakan dengan pengajian di area makamnya yang dihadiri banyak orang. Di sana diceritakan masa lalu sang kiai, tujuannya tentu agar diteladani sifat-sifat luhurnya.

Ada banyak cara untuk mengenang masa lalu. Ritual dalam agama seperti: haji, yang di dalamnya ada napak tilas kehidupan keluarga Nabi Ibrahim, sudah pasti bagian dari tradisi ini. Bahkan mungkin khaul, juga maulidan rujukannya ibadah haji itu. Masa lalu bagaimanapun tidak menyenangkan adalah bagian dari hidup manusia, mengenangnya pasti ada manfaatnya. Apakah anda suka mengenang masa lalu ?

Suka atau tidak suka dengan masa lalu pasti terkenang. Dan kita kelak juga akan dikenang. Masalahnya, apakah kelak saya juga anda yang akan dikenang kebaikan atau keburukannya ? Astaghfirullah…

2 komentar:

Maya mengatakan...

Setidaknya bisa mengambil pelajaran dari masa lalu
khaul sudah semacam tradsi yang diwajibkan, yah selama tidak memberstkan boleh-boleh saja
anggap saja wadah berbagi dan bersilaturami
in syaa Allah

Muhammad A Vip mengatakan...

Naya: terimakasih kunjungan dan komentarnya