Kamis, 16 Agustus 2018

SELAMAT DATANG KEMERDEKAAN


Agustusan lagi. Perayaan lagi. Ya, bulan Agustus adalah bulan perayaan. Pada bulan ini sudah tradisi dirayakan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Negara ini yang proklamasi kemerdekaannya terjadi pada bulan Agustus 1945 tepatnya pada tanggal 17 telah menetapkan tanggal itu sebagai hari bersejarah yang merupakan tonggak awal tegaknya NKRI, maka memang sudah semestinya diperingati dan dirayakan.



Pada bulan Agustus perayaan kemerdekaan biasanya berlangsung hanpir sebulan penuh. Dari berkibarnya bendera merah putih di tiap halaman rumah warga, umbul-umbul dan bermacam hiasan bertebaran di banyak tempat sampai pembuatan berbagai jenis gapura secara swadaya di muka gang jadi penanda perayaan.  Di sana biasanya ada tulisan Dirgahayu HUT RI, dan sekarang adalah HUT RI yang ke 73.



Pemasangan bendera merah putih saya bisa mengerti dengan mudah kenapa hal itu harus dilakukan. Tapi membuat gapura di muka gang, saya masih sulit paham kenapa selalu ada yang seperti itu. Gapura biasanya dibuat sedemikian rupa bahkan dilombakan. Saya menduga hal ini sama seperti sepanduk “Marhaban Ya Romadlon” pada menjelang bulan puasa, jadi di mulut-mulut gang dibangun gapura tujuannya untuk menyambut datangnya kemerdekaan.

Kemerdekaan dianggapnya akan selalu datang pada tanggal 17 Agustus, atau karena kemerdekaan itu abstrak dibikin mudah saja penandaannya dengan tanggal. Entahlah, atau sekedar ramai-ramaian memeriahkan bulan Agustus sebagai peristiwa tahunan. Lagipula untuk apa pusing-pusing, zaman sudah merdeka saatnya berbuat dan berekspresi. Di gang tempat saya tinggal, di sepanjang gang apa saja di gantung melintang di atas jalan: ada kantong kresek warna-warni, ada gelas bekas minuma kemasan, ada yang senang-senang saja dan ada pula yang menggerutu.

Selamat datang “kemerdekaan”, kami merindukanmu sepanjang waktu. Terutama kami warga kelas bawah, orang-orang kecil, rasanya hidup di negara dan zaman merdeka masih saja berasa sulit merasa merdeka. Merdeka…selamat dataaaang!!!

Tidak ada komentar: