Selasa, 15 Juni 2010

Nonton PD 2010, Chelsea Lawan Afrika di Tivi Hape.

Piala dunia selalu menghadirkan peristiwa-peristiwa menarik di masyarakat selama berlangsungnya. Satu bulan penuh di seluruh dunia terjadi banyak hal yang menghebohkan untuk dijadikan berita. Di Indonesia, negara dengan warganya yang tak asing dengan olah raga ini tentu saja banyak kejadian-kejadian yang entah itu lucu, konyol, menjengkelkan bahkan yang menyedihkan hampir dua puluh empat jam selama ada event kelas berat ini berlangsung.

Orang-orang berklompok di teras rumah, di pos keamanan, di pasar menyaksikan pertandingan biasanya tak hanya sekedar menonton tim-tim unggulan. Banyak yang sepertinya sekedar cari kesenangan dengan keramaian, karena banyak dari mereka tak kenal nama-nama pemain yang bertanding. Mereka biasanya riuh setiap kali mendapati seorang pemain dengan nama yang mirip dengan sesuatu yang akrab dalam hidup mereka. Seperti ketika tampak ada pemain bernama Veron, akan muncul cletukan yang mengaitkannya dengan setasiun kereta api. Pernah saat Kroasia jadi peserta beberapa tahun lalu ada satu pemainnya yang bernama Jiri Nemec disebut komentator penonton kita langsung nyambung dengan memek. Maka sepanjang pertandingan biasanya selalu penuh gelak tawa yang mengusir kantuk karena biasanya pertandingan berlangsung malam atau dini hari.

Tak cuma yang lucu, kesedihan pun kadang terjadi mengingat penonton pertandingan senang menjadikan saat semacam ini sebagai ajang judi. Orang yang kalah taruhan atau tim unggulannya kalah biasanya sering lama menanggung lesu. Kantor-kantor juga menjadi penuh dengan orang-orang yang mengantuk.

Lalu kini di era handphone tivi, ketika orang bisa menonton pertandingan dimanapun, peristiwa-peristiwa aneh bisa tiba-tiba muncul di tempat tak terduga. Seperti semalam saat di dalam gerbong kereta listrik jurusan Bogor yang penuh sesak, tiba-tiba dalam suasana yang pengap seorang penumpang ribut sendiri dengan berteriak, "gol!". Dalam desak-desakan di gerbong kereta tampak seorang pemuda menatap ke layar hape-nya. Ada yang maklum tapi ada juga yang menganggapnya norak.

Yang paling menggelikan mungkin ini: kemarin saat pertandingan Yunani lawan Korsel kostum Yunani yang berwarna biru hampir sama persis dengan kaos Chelsea. Dan di sebuah warung baso tiba tiba seorang anak muda bertanya pada temannya, "Chelsea lawan Afrika?".

Tidak ada komentar: