Kamis, 01 Juli 2010

The A Team Memang Kembali

Setelah sekian tahun tak menyaksikan kekonyolan Murdock yang selalu berantem dengan B.A. dan Hannibal dengan cerutu yang setia juga Faceman yang ganteng akhirnya kini mereka muncul kembali. Tak lagi di layar televisi tapi di layar lebar gedung bioskop. Gile bener.

Untuk cerita saya pikir tidak penting untuk film satu ini, maksudnya sebagus apapun jalinan kisah dan aksi ledak-ledakannya toh yang jadi fokus tetap empat manusia yang jadi tokohnya. Mereka pada masanya begitu luar biasa sebagai tontonan. Wajah mereka, gaya dan segala macamnya benar-benar tak bisa hilang dari ingatan. Untuk mobilnya bahkan sampai sekarang  tetap terobsesi untuk memilikinya. Maka ketika mereka kembali, seperti berjumpa dengan keluarga yang lama berpisah. Ada-ada saja.

Saya yakin bukan cuma saya, karena hampir semua teman yang seumuran akrab dengan serial ini. Dan meski kini kehadirannya tidak dengan pemeran aslinya, rasanya tetap tak ada bedanya. Hannibal diperankan Liam Nesson, menggantikan George Peppard; Faceman oleh Bradley Cooper, menggantikan Dirk Benedict ; Sharlto Copley menjadi Murdock yang dulu diperankan Dwight Schultz dan Mr. T diganti Quinton "Rampage" Jackson. Meskipun kalau diperhatikan dengan seksama tampang mereka berbeda, tapi kehebatan sineasnya membuat semuanya tampak wajar. Ini hal biasa memang di Hollywood, mereka biasanya memperhatikan detil dalam bekerja. Dan memang demikianlah seniman yang sesungguhnya bekerja. Sesuatu yang jadi kerinduan di sini, dimana sineas Indonesia (terlebih generasi sekarang) umumnya asal-asalan dalam bekerja.

Keempat jagoan yang buronan itu telah beberapa minggu beraksi di bioskop-bioskop Jakarta. Rasa kangen telah terobati. Apakah mereka akan kembali lagi? yang pasti tak ada sesal menonton mereka, beda dengan menonton film Indonesia, kalau di depan loket suka khawatir bakal menyesal ketika keluar bioskop.


Tidak ada komentar: