Kamis, 07 Oktober 2010

Sayur Asem dari Internet

Ini cerita tentang tetangga saya yang asalnya dari Padang. Kalau saya asalnya dari JawaTengah yang pastinya jauh sekali dari Padang yang di Sumatra Barat sana. Dan perjumpaan yang tidak disengaja ini tentu saja memunculkan peristiwa-peristiwa yang sering kali menyenangkan ketika diceritakan. Salah satu cerita saya coba ceritakan di sini dengan maksud baik tentunya.


Konon di Padang sana tidak ada yang namanya Sayur Asem. Entah cuma Sayur Asem yang tidak ada, atau sayur jenis yang lain juga. Soalnya kalau makan di Rumah Makan Padang, setahu saya tidak tersedia sayur. Kalaupun ada sayuran biasanya daun singkong rebus atau timun. Tentu tiap Rumah Makan Padang beda-beda jualannya, yang saya tidak tahu pasti seperti apa bedanya karena saya cuma beberapa kali makan di sana. Saya ini Warteg mania.


Sayur Asem adalah sayur yang rasanya asem karena dicampuri asem atau Blimbing Wuluh. Sayur asem ini adalah sayur yang di lingkungan keluarga saya sangat digemari. Sejak kecil saya sudah akrab dengan sayur jenis ini karena sayur inilah yang paling sering terhidang setiap kali makan. Tentu ada Sayur Lodeh, Sayur Bayem dan yang lainnya, tapi Sayur Asem ini entah bagaimana sejarahnya begitu sering jadi menu makan kami.


Dan tetangga kami yang asal Padang itu kemarin baru saja mengalami kehebohan disebabkan oleh Sayur Asem ini. Ceritanya ada salah satu anggota keluarga itu yang makan sayur asem entah di mana dan merasa keenakan. Pengalamannya diceritakan kepada anggota keluarga yang lain dan meminta agar mencoba memasak sayur yang demikian. Walau tidak ada anggota keluarga yang tahu bagaimana memasak sayur asem ini, di jaman internet sekarang ini ternyata hal itu tidak jadi hambatan. Mereka pun browsing lewat internet dan dicobalah resep yang ada. Kebetulan di pekarangan tetangga ini tumbuh blimbing wuluh.


Hasilnya mereka semua menyukainya. Istri saya menyumbang saran agar Sayur Asem ini disajikan dengan Ikan Asin dan Sambal Terasi. Entah bagaimana rasa sayurnya dan apakah saran tadi dituruti atau tidak yang pasti kini mereka ketagihan. Sayur Asem dari internet.


Sebenarnya dari mana asal Sayur Asem ini? Di Padang yang terkenal masakannya itu tidak ada, di Papua saya yakin juga tidak ada, apalagi di Amerika sana. Dari Jawa? Siapa bisa memastikan, soalnya dulu pernah ada pembantu baru di rumah disuruh membuat sayur asem salah. Tidak sebagaimana biasanya, yang dilakukannya adalah merebus sepanci Blimbing Wuluh yang memang ada di halaman rumah. Sayur Asem oh sayur asem.

6 komentar:

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

bener2 makan sayur asem ditemenin ikan asin dan sambal terasi mantabbb bgt hehe

Unknown mengatakan...

kalo saya malah pakai asam makanya jadi sayur asam, gak pernah pake belimbing wuluh

joe mengatakan...

barangkali memang lidah orang Padang tidak cocok dengan rasa sayur asem ....

TUKANG CoLoNG mengatakan...

terus 'internet'nya mana..?

dv mengatakan...

hmm saia tau asalnya dari mana mas?
dari Indonesia tentunya, krn di negara lain kynya ga ada, hehehe :D

Muhammad A Vip mengatakan...

Ria: hahaha
Fanny:yang penting ada begitunya hehe
Joe:mereka senangnya pedas kelihatannya
Tukang colong: mana ya?
dv:hehe