Kamis, 11 November 2010

Obama: Sate...Baso...

Menyimak rekaman kuliah umum Presiden Amerika Serikat Barack Husein Obama yang berlangsung kemarin di Universitas Indonesia rasanya asyik sekali. Kata-katanya meluncur deras dan jelas, tidak seperti pidato Presiden SBY yang datar, diatur sedemikian rupa tapi terduga dan biasa saja. Presiden yang sangat rileks gayanya itu beberapa kali mengucapkan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Indonesia. Tak aneh banyak analis yang mengatakan Obama sangat memahami Indonesia, bahkan Pancasila dan Bineka Tunggal Ika. "Indonesia adalah bagian dari diri saya." Demikian salah satu ungkapan yang muncul.

Ada selorohnya yang sangat menarik dan membuat saya geli, yaitu ketika dia bercerita tentang pengalaman masa lalunya yang berkatian dengan makanan yang banyak disebut media sebagai makanan kesukaannya: baso. Soal baso dan sate yang tentunya bukan hal asing di Jakarta, Obama menirukan suara penjual baso dan sate dengan luar biasa menurut saya mengingat hal itu dialaminya sekian puluh tahun yang lalu. "Sate... Baso..." serunya.

Saya membayangkan andai Obama kecil tinggal di Jakarta sekarang ini. Sekarang tentu beda dengan dulu. Dulu waktu kecil setiap kali saya ke Jakarta, seingat saya pedagang keliling tak seramai sekarang. Entah mie pangsit sudah ada atau belum, rasanya kalaupun ada hanya di tempat-tempat tertentu. Tukang gorengan keliling  juga entah ada atau tidak, apalagi pecel lele itu jelas baru beberapa tahun belakangan. Obama mungkin akan bilang dia senang makan gorengan, tahu isi atau cireng. Dan akan diceritakan olehnya bunyi tek tek suara penggorengan dipukul penjepit makanan. 

Sudahlah, Obama sudah pergi lagi. Hanya mampir sebentar untuk makan baso dan sate, tapi katanya nanti akan datang kembali sebagai warga biasa dan ingin makan soto di pinggir jalan.

31 komentar:

catatan kecilku mengatakan...

Obama... meskipun hanya singgah sebentar tapi ternyata mencuri hati banyak masyarakat Indonesia.

the others mengatakan...

Ternyata kesukaan Obama sama dengan kesukaanku tuh : bakso, sate, nasi goreng, emping dan krupuk... hehehe

bintangair mengatakan...

obama udah balik

Popi mengatakan...

pasti teman main atau guru2nya dulu di SD Asisi atau Menteng ga nyangka kan kalo anak item itu sekarang jadi President of the USA ? makanya, sekarang guru2 anakku berbaik-baik pada anakku, pikir mereka: 'sapa tau beberapa tahun ke depan ni anak jadi Presiden RI'....wakkkkk :D

Muhammad A Vip mengatakan...

Mbak Reni:betul Mbak, perhatian tidak hanya oleh para pembesar, tapi rakyat jelata juga pada ngrumpi Obama. Obama bilang suka ini itu tapi saya yakin dia jarang memakannya. Hehe
Bintang air:udah cabut, ke korea jadi bukan balik
Mbak Popi:ya, masa depan nggak ada yang tau, jadi jangan suka ngremehin orang. gitu kan?

attayaya mobil keluarga mengatakan...

hmmmm obama tuh siapa ya?

Muhammad A Vip mengatakan...

attayaya:siapa tadi ya? oh...dia itu...huahahaha

Nova Miladyarti mengatakan...

baso..sate...kok makanan melulu sih...hehhehe...

Muhammad A Vip mengatakan...

lha, namanya juga dagang. hihi

santi mengatakan...

nice post

Muhammad A Vip mengatakan...

santi:thanks

tomo mengatakan...

senyume pak Obama khas

Muhammad A Vip mengatakan...

Tomo:senyum lepas.

info ponsel mengatakan...

Tukang baso, nasi goreng, dan sate bisa langsung laku dan jadi perhatian internasional nih.. Memang makanan-makanan itu bisa bikin nagih.. BTW Cepat aja dipatenkan makanan itu takut diklaim negara asing. :)

IbuDini mengatakan...

Gaya yang santai dan ramah lingkungan membuat tergakum-kagum akan dirinya...Presiden Obama...

adetruna^ mengatakan...

he was all out yesterday...hebat ya bang obama....tanpa beban sekali ckckckck :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

Obama omemang keren...hheee

TUKANG CoLoNG mengatakan...

dia sungguh berkarisma

NgePas mengatakan...

wah sekrng saya lg mkn bakso... so bakso... :D

salam kenal.. trima ksih sudah mampir

Meutia Halida Khairani mengatakan...

hmm, sempat datang ke UI ya sewaktu obama memberikan kuliah umum?? saya ngga bisa datang, selain karena kerja, telat informasi jg untuk mendapatkan undangan.. sedih dehh T_T

Huda Tula mengatakan...

pidato obama vs SBY? hehe, ya kalah jauh lah mas....
sepertinya tim yang bikin pidato obama emang ebih ajgo. makanya jargon "yes we can" dulu sangat mendunia dan mencuri hati orang amerika.

kunjungan balik... ;')

Nova Miladyarti mengatakan...

ada award buat blog ini.kalau berkenan dan ada waktu silahkan diambil^^

Muhammad A Vip mengatakan...

info ponsel:emang baso dari Indonesia?
Ibudini:demikianlah bu
Adetruna:hihihi...
sang cerpenis:orang mana lagi dia...
Tukang colong:ya, sepertinya begitu
ngepas:baso...basooo...

Muhammad A Vip mengatakan...

Meutia Halida:Enggak Mbak, cuma denger rekamannya.
Huda Tula:Ya, yang bikin teks katanya masih umur 29th
Nova:Makasih Mbak

Noeel-Loebis mengatakan...

tapi penyambutan kita untuk obama berlebihan juga, gw bilang. Presiden austria aja disambutnya kaga kaya begitu. ckckckck......

apa cuman gara-gara dia pernah di indonesia??

tomi mengatakan...

obama jg suka emping hehehe

BlogNews mengatakan...

salam kenal.. kunjungan perdana mas

Muhammad A Vip mengatakan...

Noel:Bukan karena Obama pernah tinggal di Indonesia, tapi karena AS negara adi kuasa.
Tomi:jangan-jangan dia suka rujak.
Blognews:sama-sama

dee mengatakan...

ada korelasi antara sate, bakso, dan kerupuk.. "semuanya enak" hehe

rawins mengatakan...

pencuri perhatian yang baik. karena barack obama, banyak orang jadi lupa dengan yang di barak pengungsian..

Muhammad A Vip mengatakan...

dee:sepertinya demikian :D
rewins:hahaha...sejenak melupakan mungkin.