Rabu, 10 November 2010

Pahlawan atau Pahalawan

Mungkin diantara anda ada yang tak peduli sekarang tanggal berapa, tapi saya yakin banyak yang tahu kalau sekarang Hari Pahlawan. Hari yang dikhususkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang dulu gagah berani berjuang demi kemerdekaan negri kita tercinta ini. Kita ingat 10 November 1945 di Surabaya, TNI dan rakyat habis-habisan bertempur melawan tentara sekutu yang diboncengi Belanda. Indonesia yang kala itu telah merdeka dan kembali akan diduduki, dibela dengan gagah berani. Para pemberani itulah pahlawan kita.


Tentu bukan mereka yang telah berjuang di Surabaya saja yang disebut Pahlawan, tapi mereka dari Sabang sampai Merauke yang telah mengorbankan harta dan nyawanya untuk negri ini pun layak dapat gelar itu. Tak hanya mereka yang dikenal karena diakui oleh negara dan fotonya dipajang di ruang kelas sekolahan, yang tak dikenalpun layak dapat gelar itu.

Lalu setelah kita hafal dengan istilah ini sesungguhnya kata pahlawan ini asalnya dari kata apa. Saya bukan peneliti jadi saya tidak tahu pasti, tapi asal saja saya menduga berasal dari kata pahalawan. Pahalawan, yaitu orang yang karena sikapnya layak mendapat limpahan pahala. Pahala semua kita tahu adalah imbalan dari Tuhan kepada manusia yang telah berbuat kebaikan.

Mereka para pahlawan sudah sama kita pahami adalah orang-orang yang telah mengorbankan harta bahkan sampai jiwa raganya demi kebaikan sesamanya. Orang yang telah berbuat demikian tentunya layak mendapat limpahan pahala dari Tuhan. Dan hal itu tidak hanya bagi mereka yang gugur di medan pertempuran, namun siapa saja yang berbuat demikian layak dapat gelar itu diakui negara atau tidak. Mari kita hargai mereka, siapa tahu ada di sekitar tempat tinggal kita.

15 komentar:

bintangair mengatakan...

mau ngucapin selamt hari pahlawan untuk para pahlawan
yang telah memperjuangkan harga diri bangsa di jaman penjajahan dulu. kalo sekarang, semoga akan ada pahlawan yang memang bner-bener pahlawn

Muhammad A Vip mengatakan...

selamaat hari pahlawan...

Lina Marliana mengatakan...

Selamat hari pahlawan.. :)

catatan kecilku mengatakan...

Pagi hari ini tadi aku ikut upacara hari pahlawan di Taman Makam Pahlawan...

the others mengatakan...

Jadi pahalawan itu adalah orang yg selalu berusaha mencari pahala. Begitu ya..?

Muhammad A Vip mengatakan...

Mbak Reni: wah, hebat dong. Mbak, bukan begitu. mereka adalah orang yang berlimpah pahala, tapi bukan pencari pahala. orang yang berbuat sesuatu karena ingin pahala malah jangan-jangan nggak dapet. yang dapet pahala kan orang yang ikhlas.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

pahlawan emang bermacam2. asal jgn jadipahlawan kesiangan aja. hehee

Lozz Akbar mengatakan...

Mari kita menjadi pahlawan di bidangnya masing-masing..


Salam Kenal

IbuDini mengatakan...

Sebenarnya saya kangen sekali dengan Upacara...sudah lama sekali rasanya..
Beginilah menajadi pegawai swasta...tidak ada lagi yang namanya upacara..
Meskipun begitu saya gak lupa untuk ngucapin Selamat Hari Pahlawan...
Moga kita bisa menajadi pahlawan bangsa

lyna riyanto mengatakan...

Selamat Hari Pahlawan
Semoga semangat dan keikhlasan yang dimiliki para pahlawan bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi kita untuk berbuat kebaikan bagi sesama.

pakde sulas mengatakan...

pahalawan atau pahlawan mungkin tidak terlalu penting untuk dicari "kata asalnya"
yang pakde peduli adalah para beliau-beliau itu yang telah secara sukarela berkorban untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan negeri ini, bukan para mereka yang selalu gembar-gembor bahwa dirinya adalah salah satu pelaku sejarah itu, padahal mereka sebenarnya dahulu selalu bersembunyi dibawah baju dalam wanita (para penjilat)

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

ada disekitarku beberapa pahlawan, mereka adalah guruku :D

Teras Info mengatakan...

Selamat hari pahlawan sobat....
Mari kita bersama-sama berusaha untuk membangun negeri tercinta ini...

MERDEKA....

Tomo mengatakan...

Selamat Hari Pahlawan Bung.
Salam Buat Bung TOMO tentunya

Muhammad A Vip mengatakan...

Sang cerpenis: ada nggak ya, pahlawan ketiduran? haha
Lozz Akbar:mari...
Ibu Dini:semoga kita semua adalah pahlawan
Iyna:semoga
Pakde:hahaha
Ria:semua guru?
Teras info:mari...
Tomo:Bung Tomo ya sampeyan kuwi