Senin, 13 Desember 2010

Hari Ini, Hari Nusantara

Jujur, saya baru tahu ada yang namanya Hari Nusantara. Dan karena baru tahu (karena melihat spanduk-spanduk yang dipasang di depan gedung pemerintah) saya masih bertanya-tanya, gerangan apa Hari Nusantara ini? Samakah dengan peringatan Hari Ibu, Hari Natal atau Hari Anti Korupsi yang baru beberapa hari lewat diperingati. Bagi saya rasanya  sama, yaitu suatu upaya membangun kesadaran masyarakat agar peduli pada suatu kenyataan.


Dari hasil penelusuran, ternyata Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember adalah upaya pemerintah Indonesia untuk menegaskan posisi Indonesia sebagai negara kepulauan. Hari Nusantara pertama kali diperingati pada tahun 1999 pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Peringatan ini juga untuk mengenang Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957. Deklarasi yang penting, karena dari deklarasi itu wilayah Indonesia yang sekarang ditegaskan.

Saya sebagai orang Indonesia yang lahir di pedalaman dan lebih sering melihat gunung daripada laut memang tak terlalu peduli dengan masalah kelautan. Padahal Indonesia sebagian besar wilayahnya adalah laut. Saya juga sangat doyan ikan. Maafkan Indonesia, selama ini kau kuabaikan.


15 komentar:

Ahmad Bumi Fattah mengatakan...

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
——
kesatuan nusantara kan maksudnya?
td baca di blognya mas Tusuda ini hari kesatuan..bingung jdinya..

hehehe
——

صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

Common Cyber mengatakan...

Salam Sahabat Common Cyber
*****************************

Kyknya saya lama gak mampir kemari yah??

hemh...

Mas, lahir di pedalaman tho?
Saya baru tahu...
Doyan ikan, saya juga mas...
hehehe

attayaya mengatakan...

maafkan diriku yang baru tau Hari Nusantara dari blog ini
thanks for sharing

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

dimaaakan.kata ibu Pertiwi. hehehe..

Coretan Hidup mengatakan...

Benar banget. Dan hari nusantara pada tahun ini diperingati di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, yang merupakan provinsi di mana aku tinggal. Rencananya akan dihadiri oleh Wapres Boediono

TUKANG CoLoNG mengatakan...

sayang banget hari bersejarah ini jarang yg tau. apa karena kurangnya publikasi ya?

Muhammad A Vip mengatakan...

tukang colong:kayaknya kurang.
coretan hidup:ya, selamat jadi tuan rumah.
sang cerpenis:hehe
attayaya:masak sih?
Common:kita kawan kan?
Bumi:hari nusantara

pakde sulas mengatakan...

apa iya ada hari nusantara? pakde kok baru dengar sekarang, bahkan jaman pakde sekolah dulu juga belum pernah dengar yang semacam itu

rezKY p-RA-tama mengatakan...

baru denger kalo ada hari itu,heheh
maaf bro oot

attayaya mengatakan...

semoga tahun depan aku ingat hari nusantara ini

manis.asam.asin mengatakan...

waduuhh,, kalo saia gak nyasar ke sini,, mungkin saia gak akan pernahtau hari nusantara...

wahhh.. salam kenal,,

ariesyani mengatakan...

Ternyata lahir di pedalaman ya, sama dong..bedanya saya lahir dipedesaan yang penuh dengan hutan, sawah2 dan sungai..heheheh
Selmat pagi..selamat beraktifitas

Ferdinand mengatakan...

Sebenernya aku juga baru denger tentang HAri Nusantara ini Sob.... tadinya pas baca judulnya tak kira ini kaya yg zaman majapahit dlu tuh yg ada Sumpah Palapa... cuma ternyat pengukuhan posisi kepulauan Indonesia yach.... terus diperingatinnya gimana tuh Sob???

IbuDini mengatakan...

Sepertinya ibuDini bukan warga negara yang baik deh, sumpah..baru tau kalau tgl 13 hari Nusantara..
sungguh kelewatan..

Muhammad A Vip mengatakan...

pakde:memang baru sebelas tahun pakde dan saya juga baru tahu.
rezky:hehehe
attayaya:semoga
manis asem:sama-sama
ariesyani:hahaha
ferdi:peringatannya di Balikpapan.
Ibudini:sama bu