Kamis, 02 Desember 2010

Indonesia Ganyang Malaysia?

Ungkapan Ganyang Malaysia telah lama kita tahu. Pernyataan itu lahir waktu zaman Bung Karno dan selalu muncul tiap kali ada masalah yang menggugah rasa jengkel kita sebagai warga negara kepada mereka sebagai negara tetangga yang belakangan sering bersikap asal. Dan pagi ini saya baca "Indonesia Ganyang Malaysia" lagi di headline koran ibukota. Ada apa ini?

Ternyata ada kejadian seru yang saya tidak ikuti peristiwanya, yaitu pertandingan sepakbola Piala AFF  2010 antara Timnas Indonesia melawan Malaysia yang dimenangkan Timnas dengan skor telak 5-1 di Stadion Gelora Bung Karno semalam. Saya bukannya tidak suka sepak bola sehingga sampai tidak nonton peristiwa ajaib itu, tapi semalam saya menghadiri acara yang lebih seru dari itu.

Sepakbola adalah olahraga yang paling digemari di dunia tak terkecuali di Indonesia. Dan saya sebagai warga dunia dan warga Indonesia sudah pasti penggemar sepakbola. Sayang, karena berbagai alasan saya tidak bisa menonton setiap pertandingan sepakbola yang layak tonton. Entahlah, apakah pertandingan semalam itu layak tonton atau tidak, yang jelas saya tidak menonton dan kaget ketika membaca tulisan Indonesia Ganyang Malaysia di koran.

Lepas dari kesanggupan Timnas mengalahkan Malaysia 5-1 seperti yang baru saya baca beritanya, apakah tulisan dengan huruf besar-besar di halaman depan sebuah koran ibukota itu pantas, saya jadi bertanya-tanya. Menurut saya urusan politik diselesaikan secara politik dan urusan sepakbola atau olahraga jangan jadi alat provokasi untuk memanaskan lagi persoalan politik. Politik itu urusan orang yang di kekuasaan, kita sesama warga lewat olahraga berupaya menjalin kekerabatan. Tapi saya sebenarnya juga tidak tahu apa-apa, jadi bersenang-senanglah suporter Indonesia atas kemenangan yang diraih, tapi kalau dipertandingan berikutnya kalah jangan ngamuk.

Gambar:okezone

24 komentar:

IbuDini mengatakan...

Apalagi saya, saya blm pernah nemenin suami untuk nonton bola.., tapi kalau dengar atai lihat negara kita bisa memenagkannya...senag sekali..

Muhammad A Vip mengatakan...

sekali-sekali temenin suami nonton bola Bu, asyik lho.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

saya juga gak tau apa2. hehee.suer..deh..

Muhammad A Vip mengatakan...

sang cerpenis:oke lah kalo begitu.

Anton Wijaya mengatakan...

Wah, rugi toh mas klo nggak nonton semalam, Timnas semakin hebat sekarang.

choirul mengatakan...

indonesia memang keren ya..........

Muhammad A Vip mengatakan...

Anton:mask sih?
Choirul:belum ketemu lawan bagus mas!

yadiebaroos mengatakan...

bravo sepakbola indonesia

Muhammad A Vip mengatakan...

yadie:bravo juga deh

r10 mengatakan...

jangan senang dulu, indonesia belum juara :p

tomo mengatakan...

Alhamdulillah Indonesia telah bisa mengganyang malaysia

uswah islam mengatakan...

cukup telak skor yang di dapatkan

Hikmah Teladan mengatakan...

ikutan baca2 tentunya meski agak terlambat.
hidup Indonesia

kisah abu nawas mengatakan...

salam sob
Indonesia..
Ganyang saja Malaysia

rian punya blog mengatakan...

kadang2 koran memang suka mengeluarkan kata-kata yg provokatif...

jaya | Belajar SEO Pemula mengatakan...

Aku seneng banget waktu nonton laga Indonesia Malaysionag eh salah Malaysia kemarin.... sangking girangnya gaknyadar nginjak remot TV ampe remuk... hahahahaha

Ahmad Bumi Fattah mengatakan...

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
------
Jujur, saya kemarin malam gfak nonton mas. Hehhe..soalnya di dekat sini tak ada TV. Paling bisa online lewat tv online. Tp malas.

Tp jam 10an lihat status teman2, baru tahu kalau indo 5-1. ALAHU AKBAR. Alhamdulillah



------

صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

Common Cyber mengatakan...

Salam Sahabat Common Cyber
*****************************

Pokoknya alhamdlillah dan bravo buat Indonsia.

Oh ya mas, menanggapi komen mas di CC.

CC untuk cari penghasilan mas, jadi jika nanti kuliah gak ngrepotin orangtua lagi. CB untuk ibadah ^^. Bismillah

Jgn bicara masalah surga mas ama saya. Sunguh anggota badan ini tak patut. saya terlalu byk dosa dan durhaka pada ALLAh sang Maha Dermawan. T.T. Apakah saya patut mendapatkan tiketnya?

Rawins mengatakan...

tumben indonesia menangan. biasane yang menangan tuh suproternya...

attayaya mengatakan...

yihaaaaaaaaaaaa
ganyaaaaaaaaaaaaaaang malaysia

cucuharis mengatakan...

besok
Indonesia menang lagi :)

Goyang Karawang mengatakan...

semoga Indonesia menang dan ganyang Laos besok dan juara aff cup tahun ini :)

ade candra mengatakan...

biar kalah sama sapa aja..yang penting jangan sampe kalah dari malaysia.. ganyang malaysia...

Muhammad A Vip mengatakan...

Salam buat yang sudah komen, saya di sini lho!