Senin, 27 Desember 2010

Kampung Sepakbola

Kemenangan beruntun Timnas Indonesia di pagelaran Piala AFF tahun ini benar-benar telah meyakinkan saya kalau selama ini saya benar-benar tinggal di komunitas penggila bola. Walau setiap kali ada pagelaran bola yang disiarkan lewat televisi selalu saja warga menunjukkan semangat menonton yang hebat, tapi kali ini rasanya benar-benar luar biasa. Tak hanya para pria yang selama ini selalu paling antusias; kini ibu-ibu, nenek-nenek, gadis-gadis remaja semuanya ribut soal sepakbola.


Semalam, saat leg pertama partai final antara Indonesia Vs Malaysia yang dimenangi Malaysia dengan skor 3-0 saya sempat memantau keadaan berkeliling kampung. Rasanya baru kali ini saya melihat  situasi begitu rupa. Semenjak sore menjelang maghrib anak-anak sudah mengenakan seragam kaos berwarna merah, warna kaos kebanggaan Timnas. Di sebuah pekarangan sebuah layar lebar  membentang, mengingatkan pada pertunjukkan layar tancap setiap perayaan agustusan jaman dulu. Di pinggir-pinggir jalan anak-anak muda berkumpul cewek-cowok ngrumpi pemain bola. Dan saat pertandingan berlangsung  layar televisi di setiap rumah menayangkan pertandingan tersebut yang ditonton oleh seluruh anggota keluarga. Nonton bersama pun riuh oleh suara tetabuhan, bunyi terompet dan sorak sorai.

Benar-benar kampung sepakbola, batin saya. Semua mata menonton sepakbola, mulut-mulut ngoceh tentang sepakbola, baju-baju yang dikenakan pun seragam pemain sepakbola dan rasanya pikiran mereka pun fokus ke sepakbola. Dan apakah pikiran mereka memang fokus ke sepakbola, mungkin hal-hal yang terjadi kemudian, seperti saat pertandingan usai atau tadi pagi ketika ibu-ibu riuh berkomentar di warung nasi uduk bisa membuktikan. Ya, mereka semua tampak emosional membahas pertandingan yang mengecewakan itu.

Tinggal satu pertandingan lagi yang rencananya akan berlangsung di  Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Apakah Kampung Sepakbola akan kian semarak besok Rabu, semoga saja tetap ramai meski akhirnya dipenuhi makian dan lontaran kata-kata kotor khas orang kampung.

16 komentar:

IbuDini mengatakan...

Ibu-ibu...iya kayaknya nich, saya aja jadi peminat bola mendadak. Apalagi lihat pertandingan semalam...3-0 sampai2 gak bisa tidur, trus lemes.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hiks kalah ya..

jualan link blogspot mengatakan...

kecewa tentu saja ada,
insiden laser itu yang paling bikin esmosi mas, setidaknya hal tersebut sangat mengganggu konsentrasi.. harusnya besok di sweeping penonton yang bawa laser trus diiket di bawah pohon :D
semangaaad, met aktifitas mas :)

Return to My Blogg mengatakan...

aduhh.. kenapa Indonesia kalah telak 0-3 sama Malaysia?

padahal sebelumnya main bagus loh..

Popi mengatakan...

saya biasa-biasa aja tuh, ga kena Euphoria ! boro-boro mo ikutan nonton, denger suami dan anak2 semalem nontonnya sambil ngomel2 aja bikin saya jadi males nontonnya! (denger aja udah emosi, apalgi nonton!) :D

«((¯`¤ RáÐhìtǻ ¤´¯))» mengatakan...

Saya cuma pingin comment satu hal. Mas Affip ternyata ga cuma aktif Blogwaling tapi juga KampungWalking :p

Luar biasa :-bd

tomo mengatakan...

sedih deh Indonesia kalah deh

CORETAN HIDUP mengatakan...

Iya, benar2 tragis kekalahan yang dialami. Mudah2an di Senayan nanti, Timnas bisa bangkit kembali dan mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa dan rakyat Indonesia

Noeel-Loebis mengatakan...

masih ada leg 2. Inget kejadian liverpool vs ac milan kan duli. Sama. Asal punya kemampuan, agregat 3 gol mah kecil

Huda Tula mengatakan...

hahaha, sepertinya bulan desember ini adalah bulan paling semarak di indonesia.

kayanya kita di Indonesia lagi haus banget sama kemenangan. heehehehe.

Teras Info mengatakan...

wah...hebat kampungnya...
yang pasti, pertandingan masih balum selesai....dileg ke-2 ini mari kita dukung dengan penuh semangat dan tak lupa sportivitas yang tinggi......maju terus Garudaku....

Muhammad A Vip mengatakan...

ibudini:ati-ati keterusan bu
sang cerpenis:iya tuh.
jualan kink:sabar...
reaturn:emang begitu dari dulu, indonesia gitu lho!
poppi:bagus lah bu.
radhita:begitulah. hehe
Tomo:nangis ya?
Ifan:semoga kita menang, 2-0 cukuplah. :D

Muhammad A Vip mengatakan...

noel:oke bro
huda:demikianlah
teras:semangat niye...

Takuya mengatakan...

aku yg awalnya g ngerti sama sekali tentang sepak bola skarang jadi lumayan ngerti.. smoga Indonesia menaaaang! amin

Dian mengatakan...

ayo semangat.... maju terus indonesia....

Muhammad A Vip mengatakan...

Dian:yoyoyo...