Selasa, 08 Februari 2011

I m Sorry Bapa Botak

Ini tentang kebiasaan saya dari kecil. Saya biasa manggil orang dengan nama-nama yang sekenanya. Seperti kepada adik saya yang bernama Fatah saya panggil dia Pathol dan yang bernama Tuti saya panggil Kutil sedang Retno saya panggil C'nonot. Teman-teman akrab saya pun punya nama-nama panggilan khusus dari saya. Dan selama ini mereka tetap menunjukkan kebesaran hati mereka dengan senang-senang saja.


Disamping panggilan, ada juga sebutan. Sebutan ini biasanya tanpa sepengetahuan orangnya, yang tahu tentu saja cuma orang-orang tertentu saja. Dan diantara yang saya kasih nama sebutan itu adalah seseorang yang pernah jadi tetangga saya beberapa tahun lalu. Namanya Pak Kasdi, karena orangnya rada botak saya suka menyebutnya Bapa Botak

Berkaitan dengan kebiasaan saya itu sekarang saya merasa ada masalah. Masalah itu adalah rambut kepala saya rontok dan sepertinya sekarang saya terancam kebotakan. Saya suka meraba-raba kepala dan merasa kalau rambut di bagian atas kepala mulai jarang. Ketika bercermin apalagi, sepertinya sekarang muka saya tak jauh beda dengan Pak Kasdi.

Apakah ini yang disebut Hukum Karma? Entahlah. Yang pasti sekarang saya sedang merenungi apa kata orang, dulu saya pernah mendengar ungkapan begini: kalau kita ngomongin jeleknya orang biasanya kejelekan itu akan menular kepada kita. Rasanya ada benarnya ungkapan itu, soalnya saya dulu pernah mengatakan pada seseorang kalau dia kekanak-kanakan, yang ternyata pada suatu hari saya menyadari bahwa saya juga kekanak-kanakan. Dan sekarang yang tengah menimpa adalah kebotakan.

Kalau sudah begini mau apa lagi, resiko harus ditanggung. Saya hanya bisa berharap semoga bisa tobat nasuha, tidak lagi-lagi melakuklan hal-hal bodoh itu. Dan untuk Pak Kasdi, maafkan saya Bapa Botak...Ups!

17 komentar:

r10 mengatakan...

jadi takut nih, sekarang aku mencoba fokus membenahi tobat dari dosa sendiri, tdk lagi sibuk memikirkan dosa orang lain

soal SITTI sebaiknya jangan klik iklan sendiri, sayang belum payout nanti sudah kena banned

aku sendiri suka klik iklan SITTI di blog lain (iklan beneran lho, bukan iklan "pasang iklan disini")

Muhammad A Vip mengatakan...

Rio:makasih!

Coretan Hidup mengatakan...

Sebaiknya memang kita memanggil seseorang dengan nama yang baik meski sebenarnya kita mungkin kesal dengan orang tsb. Karena memang kadang hal2 buruk yang menimpa kita bisa berawal dari mulut walaupun pada dasarnya kita hanya bercanda.

Aku bingung, kenapa juga dengan blog Coretan Hidup. Memang nggak bisa dibuka ya? Tadi kucoba di laptop bisa, tapi di buka di HP malah tulisannya expire padahal dulunya bisa lho. Mungkin harus kucek ulang. Trims infonya

Sya mengatakan...

Saya juga suka gitu. Biasanya abis ngatain orang ga lama sadar ternyata saya gitu juga. So we have to be careful of what we say.

Edo mengatakan...

stujaaaaa..,,

Tomo mengatakan...

hehe iya maz
kita dilarang untuk mengolok atau menjelekkan orang lain.

bisa-bisa kuwalat dan menurun ke anak cucu kita nanti.
Baiknya yo diem ae

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hee he he..yg pasti - meskipun gak jadi ikutan botak - tetep aja gak boleh ngatain orang ya.

Tutorial SEO mengatakan...

iaa mungkin saja sich karma
lebih baik minta maaf dan beli 2 obat penyubur rambut untuk pak botak dan anda :)

seo positif mengatakan...

memang kadang hukunm karma itu masih berlaku sob...salam hangat

Aby Tukang Download mengatakan...

karma memang berlaku sih, tp coba pake obat penumbuh rambut aja kang :D
minta maaf tapi di akhir kalimat masih ngatain tuh
hehe

joe mengatakan...

wah, kalau begitu mending saya ngatain kalau bakri itu kaya banget, biar saya terkena hukum karma dan ikutan kaya he he...

CORETAN HIDUP mengatakan...

Benar mas. Saya cek lagi di laptop ternyata blog saya sekarang nggak bisa dibuka. Langsung tetera tulisan bekasi.org. Tapi saya masih bisa masuk ke dasbor. Itu kenapa ya mas? Saya jadi panik nih

Goyang Karawang mengatakan...

semoga tobatnya diterima

attayaya_puisi mengatakan...

cenonot?????
jiahahahahahahaaaa.....

rambut aku mulai menipis juga neh

Muhammad A Vip mengatakan...

Ifan: oke boss. saya gak bisa bantu nih...coba minta tolong yang lain.
Sya:ya...berhati-hati.
Edo:setuju apa?
Tomo:bener tuh, kuwalat.
Fany:iya deh.
Tutorial SEO:wah...jangan ikut ngatain dong.
so Positif:salam hangat juga
Joe:kalo yang ini biasanya gak manjur.
Aby:hihihi
Goyang:semoga...
Attayaya:wah, saran Aby perlu dicoba tuh, beli obat penumbuh rambut.

TUKANG CoLoNG mengatakan...

belajarlah nyebut orang itu, bapak ganteng, bapak gondrong.. :D
biar nular ke diri sendiri..

niee mengatakan...

wah, aku juga sering ngasih nama sebutan keorang neh mas, ada yang kawan yang bertubuh kecil aku panggil kuntil *takut tinggi badan menyusut* hehe