Selasa, 19 April 2011

Ada Ujian Akhir Nasional, Mari Berisik

Saya sekarang mau menggugat kebiasaan yang selama ini dilakukan setiap kali berlangsung ujian di sekolah atau di lembaga pendidikan apapun. Seperti sudah dua hari ini, setiap melewati sekolahan di halamannya ada saja papan tulis yang dipajang di sana dan ditulisi huruf besar-besar: JANGAN BERISIK, ADA UJIAN  AKHIR NASIONAL. Sesuatu yang saya tahu sudah berlangsung sejak dahulu kala, karena waktu saya di bangku SD hal ini sudah ada. Saat ujian suasana harus sunyi senyap dan menegangkan.

Di halaman muka koran Media Indonesia ada foto-foto yang memperlihatkan anak-anak sekolah yang sedang menjalani ujian dan dari beberapa foto yang ada salah satunya menunjukkan seorang siswa tertidur di atas soal-soal ujian. Sesuai pengalaman, biasanya siswa setiap kali akan menghadapi ujian malamnya sibuk dengan mengulang pelajaran. Waktu tidur berkurang dan otak pasti tegang. Saya pikir ini masalah dan harus dirubah.

Duduk dalam diam dan suasana mencekam jelas sangat menekan dan pasti menghasilkan ketegangan mental. Saya ketika sedang sangat sibuk dengan pekerjaan pernah mencari-cari pinsil sampai marah-marah ke banyak orang yang ternyata pensil itu ada di genggaman. Itu jelas bukti dari ketegangan mengganggu ingatan, sebab ketika saya sudah pasrah dengan keadaan dan duduk rileks tiba-tiba sadar dengan keberadaan pinsil yang saya cari itu. Dalam ujian juga saya sering mengalami tiba-tiba ingat jawaban ketika saya sudah pasrah. Biasanya ketika menunggu waktu habis yang biasanya saya santai melamun atau memandangi teman-teman yang lucu-lucu. Dan menurut Hazrat Inayat Khan dalam bukunya Psikologi Spiritual, memori itu terbuka dan tertutup seperti pintu dan jendela. Pintu memori akan tertutup rapat, menurut beliau, ketika ada ketegangan.

Maka saya menolak suasana sunyi yang menegangkan saat ujian. Menurut saya ujian itu harus dalam suasana yang sesantai mungkin. Diiringi musik  misalnya, biar bergairah. Atau tempatnya jangan di dalam ruangan saja, tapi boleh juga mengerjakan soal di halaman sambil senam atau memainkan jurus-jurus pencak silat dengan sebelumnya dipastikan tak ada contekan yang dibawa si siswa yang menghendaki lokasi tersendiri saat ujian.

Sekarang kan jaman demokrasi, mestinya aturan dalam sekolah tidak ditentukan oleh satu pihak. Beri kesempatan siswa berpendapat, apa maunya mereka, suasana seperti apa yang mereka kehendaki. Ya nggak?

21 komentar:

lidya mengatakan...

masing2 siswa punya carasendiri ya untuk menikmati ujian

arie sshi mengatakan...

ha...ha.... ga salah tuh ujian diluar ruangan...??
tp boleh jg tuh dicoba ujian sambil dengerin musik....

Muhammad A Vip mengatakan...

lidya:harusnya begitu, asal masih bisa dipahami maksudnya kenapa tidak dibiarkan saja.
arie:ujian sambil mengendarai mobil juga ada. saya pernah diceritain dosen saya, katanya di inggris pernah seorang yang sikapnya selalu tegang tapi pinter agar lulus ujiannya dibikin serileks mungkin dengan diajak-jalan-jalan dan di dalam mobil diajak ngobrol yang ternyata itu ujiannya.

Lyliana Setianingsih mengatakan...

Iyaaa... Kalo suasana dibikin tegang, yang udah masuk diotak bisa keluar semua...

Aku baca bukunya Negeri 5 Menara, dan aku dapet pandangan yang sama sekali lain tentang gaya belajar anak pesantren... Top deh...

IbuDini mengatakan...

Kalau saya butuh suasana tenang setenang mungkin.
Jangankan Ujian dalam hal pekerjaan pun begitu dan untungnya saya punya ruangan sendiri dan hanya 2 orang saja jadi benar2 bisa konsen tanpa dengar ribut2 yang suka adu otot gara2 banyak gagal produksi

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah tapi saya gak konsen akh kalo ujian ada musiknya.

TUKANG CoLoNG mengatakan...

hihihi kalo bapak jadi menteri pendidikan pasti oke nih. :D

Coretan Hidup mengatakan...

Benar banget. Suasana sepi itu bikin menambah kegugupan saja. Lebih baik santai dan rileks agar mudah untuk berkonsentrasi. Aku juga heran kenapa hal itu terus berlangsung setiap ujian sekolah. Apa sudah tradisi ya?

attayaya-mading mengatakan...

waktu sma, aku kalo belajar sedikit berisik
bisa sambil ngetuk2 meja
hehehehe

Gaphe mengatakan...

maksudnya sih baik, biar nggak gangguin.. soalnya buat saya pribadi, kalo lagi fokus dan konsentrasi trus ada yang gangguin.. berisik misalnya, jadi ilang konsennya..

soal tegang atau nggak, lebih ke sikap mental masing2 peserta sih.

Popi mengatakan...

Setuju. harusnya ujian dikondisikan santai, jangan sunyi senyap bahkan bunyi helaan nafas kecil sampe terdengar jelas. Kondisi gitu malah bikin tegang. Kalo boleh usul, pas ujian pasang musik klasik sayup2. Biar jadi relax! asal jgn jd ngantuk aja..he

Aina mengatakan...

setuju banget....
jadi inget murid2 saya di sekolah tempat saya praktek ngajar. mereka dibebasin milih tempat belajar yang mereka mau. kadang di masjid sekolah, kadang di taman, kadang lesehan di teras kelas (sekolahnya lantainya bersih coz nyopot sepatu)...
muridnya pinter-pinter...

Mulyani mengatakan...

Ujian dengerin musik gak konsen...saya aja kalau kerja sibuk ditemenin sama musik jadi gak konsen...gimana ujian

B.S.U. mengatakan...

hahahha ada ada ajah

r10 mengatakan...

dulu saya ikut ujian malas belajar lho... :D


santai saja gitu (tapi takut ga nik kelas juga ha ha)

Muhammad A Vip mengatakan...

thaks udah pada komentar para sobat, maaf belum bisa berkunjung.

cho mengatakan...

duh, mas. saya konsennya kalo pas ujian dikelilingi dengan kertas contekan di meja .. trus ngga ada pengawas di ruangan. :p

Return to My Blogg mengatakan...

Seharusnya sih begtu... saya setuju banget kalo UNAS tempatnya ditentukan siswa/i sendiri, asalkan jangan berkelompok lahh..

Elong Bujang mengatakan...

Atau ... Jangan Ujian ada Orang Berisik ..hehe

Cut Maha Ratu mengatakan...

hehe...saya juga termasuk org yg gak bisa konsentrasi kalau ada suara ribut. kerja aja nggk bisa kalau ada musik atau lagu2.malah sibuk dengerinlagunya. hehehe.....tapi memang setiap org beda2 sih...kalau musik klasik ya mungkin asik juga ya...:-)

niee mengatakan...

setuju banget klo ujian diselingi dengan musik yang tenang,, tapi beberapa orang gak suka berfikir ketika dengerin musik juga loh mas, seperti aku klo belajar lebih seneng yang sunyi terbalik dengan teman yang gak bisa belajar klo gak ada denger suara musik